Ketahui Ciri-Ciri Hamil Muda, Sadari Sejak Dini!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Kehamilan muda atau trimester pertama adalah masa yang penuh dengan berbagai perubahan fisik dan emosional. Di periode ini, tubuh mulai beradaptasi dengan kehadiran janin dan ibu hamil biasanya mengalami beberapa gejala. Seperti mual, kelelahan, serta perubahan hormon yang bisa memengaruhi suasana hati. 

Perawatan kesehatan yang baik dan dukungan emosional sangat penting selama fase ini untuk menjaga kesejahteraan ibu dan janin. Apakah ZALORAns tahu apa saja ciri-ciri hamil muda? Yuk, simak beberapa ciri-ciri hamil muda yang perlu ZALORAns ketahui sebagai calon ibu berikut ini!

Baca juga : 4 Rekomendasi Stroller Bayi Terbaik, Kuat dan Ukuran Pas

Ciri-Ciri Hamil Muda

1. Perut Terasa Kembung

Salah satu tanda awal kehamilan yang sering dirasakan adalah perut terasa kembung. Ini terjadi karena hormon kehamilan, terutama progesteron, yang bikin otot-otot pencernaan jadi lebih santai dan lambat memproses makanan.

Akibatnya, gas lebih mudah terperangkap, bikin perut terasa penuh meski sebenarnya belum ada perubahan besar pada ukuran perut. Biasanya, kembung ini muncul di trimester pertama dan bisa bikin sedikit nggak nyaman. Terkadang gejala ini diikuti dengan sembelit.

2. Mual dan Muntah

Berikutnya adalah mual dan muntah yang banyak orang tahu bahwa ini merupakan gejala kehamilan. Mual dan muntah yang sering disebut morning sickness adalah tanda umum kehamilan muda. Biasanya mulai terasa sekitar minggu ke-6 kehamilan dan bisa berlangsung hingga minggu ke-14. 

Walau disebut morning sickness, mual dan muntah ini bisa muncul kapan saja, nggak cuma di pagi hari. Meskipun nggak semua ibu hamil mengalaminya, mual dan muntah sering jadi petunjuk awal kalau seseorang sedang hamil.

3. Mudah Lelah

Salah satu tanda hamil muda yang sering dirasakan adalah mudah lelah, bahkan setelah melakukan kegiatan yang biasanya nggak terlalu berat. Hal ini terjadi karena adanya beberapa perubahan pada tubuh, mulai dari perubahan fisik, hormon, dan metabolisme tubuh. 

Tubuh juga sedang bekerja ekstra untuk mendukung perkembangan janin, jadi nggak heran kalau ZALORAns cepat merasa capek. Istirahat yang cukup dan makan yang sehat bisa bantu kamu tetap bertenaga selama masa kehamilan. Pastikan istirahat dengan nyaman untuk mengurangi stres. 

4. Adanya Perubahan Payudara

Biasanya payudara mulai terasa lebih besar ketika masa kehamilan. Bahkan, area sekitar puting (areola) juga bisa jadi lebih gelap dan lebar. Mengapa bisa demikian? Ini semua terjadi karena tubuh mulai memproduksi hormon yang lebih banyak untuk persiapan menyusui nanti.

Sehingga, kalau kamu merasa payudara terasa berbeda dari biasanya, bisa jadi itu tanda awal kehamilan.

5. Kram Perut dan Muncul Bercak Darah

Kalau ZALORAns baru mengalami hamil muda, mungkin kamu akan merasakan kram perut dan sedikit muncul bercak darah. Kram ini biasanya mirip dengan kram saat menstruasi, cuma lebih ringan dan terasa di bagian bawah perut. Ini terjadi karena terjadi proses implantasi janin ke rahim. 

Selain itu, bercak darah muncul sedikit dan tidak sebanyak saat menstruasi. Warna darahnya biasanya lebih cerah dibandingkan darah menstruasi. Meskipun mungkin bikin kaget, gejala-gejala ini biasanya normal kok dan bagian dari proses awal kehamilan. Periksakan ke dokter jika rasa kram perut dan bercak darah muncul lebih dari 3 hari ya!

6. Buang Air Kecil Meningkat

Saat hamil muda, ZALORAns mungkin merasa sering banget buang air kecil dan itu sebenarnya hal yang biasa. Aliran darah ke ginjal akan meningkat dan hormon-hormon kehamilan memengaruhi cara kerja ginjal. Selain itu, rahim yang membesar juga mulai menekan kandung kemih, jadi ZALORAns bakal merasa perlu ke toilet lebih sering.

Meskipun agak merepotkan, ini adalah bagian dari proses kehamilan yang normal dan biasanya akan berkurang setelah trimester pertama. Tapi, kalau ZALORAns merasa ini terlalu mengganggu atau ada gejala lain, jangan ragu untuk cek ke dokter ya!

7. Terjadi Kenaikan Berat Badan

Di awal kehamilan, salah satu tanda yang bisa terlihat adalah kenaikan berat badan. Meskipun biasanya perubahan berat badan belum terlalu banyak, beberapa wanita mungkin sudah mulai merasakannya. Hal ini terjadi karena efek dari perkembangan bayi hingga bertambahnya cairan pada tubuh. Kadang-kadang, nafsu makan yang meningkat juga bikin berat badan naik. 

Ketika masa kehamilan ini, ZALORAns harus mengatur berat badanmu. Karena jika berat badan berlebih dapat mengakibatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti diabetes gestasional, gangguan toleransi glukosa, dan hipertensi. Begitu pula jika berat badan kurang, maka dapat menyebabkan kelahiran prematur.

8. Mimisan

Mimisan atau pendarahan hidung bisa jadi salah satu tanda awal kehamilan lho! Selama trimester pertama, tubuh wanita mengalami perubahan hormon yang bikin pembuluh darah di hidung jadi lebih rentan. Hormon seperti estrogen meningkat dan membuat hidung lebih mudah berdarah.

Ditambah lagi, volume darah yang meningkat selama hamil juga bisa jadi penyebabnya. Biasanya mimisan ini nggak berbahaya, tapi kalau sering terjadi atau cukup parah, sebaiknya cek ke dokter.

9. Indra Penciuman Lebih Sensitif

Indra penciuman bisa jadi lebih sensitif pada beberapa orang yang hamil muda, bikin mereka bisa mencium bau yang mungkin nggak terdeteksi oleh orang lain. Misalnya, mereka bisa langsung ngeh kalau ada perubahan kecil di sekelilingnya.

Meski begitu, kadang-kadang sensitivitas ini juga bisa jadi mengganggu, terutama di tempat yang penuh dengan bau kuat atau tidak enak yang bisa bikin merasa nggak nyaman.

10. Perubahan Kondisi Kulit

Ketika masa kehamilan, maka produksi minyak pada kulit meningkat. Hal ini membuat kulit lebih lembab dan bercahaya. Selain itu, dengan adanya peningkatan volume darah dan kadar hormon yang lebih tinggi, membuat kulit tampak lebih cerah.

Karena, peningkatan ini dapat membuat lebih banyak darah mengalir pada pembuluh darah. Perubahan kondisi kulit ini juga dikenal dengan istilah “pregnancy glow”.

Baca juga : Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki

Rekomendasi Pakaian Bayi Ternyaman 

1. Cambridge overall UNI by H&M

Source: Zalora

Pakaian overall yang simple ini sangat nyaman dipakai oleh bayi. Dibuat dengan bahan yang lembut, jadi aman untuk kulit si kecil. Bahannya yang lembut juga akan menghangatkannya.

Pada bagian depannya dilengkapi dengan kancing, sehingga memudahkanmu memakaikannya pada anak. Selain itu, juga terdapat saku di sebelah kanan dan kirinya. 

2. Ruffled Cotton Frock & Dress by Mango

Source: Zalora

Apakah anakmu perempuan? Wah, pasti ZALORAns suka mendandaninya dengan pakaian yang cute kan? Nah, koleksi pakaian dari Mango yang satu ini begitu menarik! Dengan desain ruffle pada bagian dada dan nuansa baju warna pink yang super gemas untuk si kecil.

Baca juga : 620 Nama Bayi Laki Laki Modern Beserta Artinya

Itulah beberapa ciri-ciri hamil muda yang perlu ZALORAns ketahui agar bisa periksa ke dokter lebih awal. 

Mau cari berbagai keperluan anak yang menarik dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama