Cara Menghitung Usia Kehamilan, Penting!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Masa kehamilan adalah fase luar biasa dalam kehidupan seorang wanita, dimana tubuhnya mengalami banyak perubahan untuk mendukung perkembangan janin. Biasanya berlangsung selama sekitar 40 minggu. 

Kehamilan dibagi menjadi tiga trimester. Pada trimester pertama, sel telur yang dibuahi mulai berkembang menjadi embrio. Wanita sering mengalami gejala seperti mual, kelelahan, dan perubahan suasana hati. Masuk ke trimester kedua, banyak wanita merasakan peningkatan energi dan mulai merasakan gerakan janin. Sementara di trimester ketiga, janin terus tumbuh dan bersiap untuk kelahiran. 

Selama masa kehamilan, sebaiknya ZALORAns menjalani perawatan prenatal yang baik, termasuk pemeriksaan rutin dan pola makan seimbang untuk memastikan kesehatan ibu dan janin. 

Tahukah kamu bagaimana cara menghitung usia kehamilan? Mari simak penjelasan selengkapnya mengenai cara menghitung usia kehamilan yang perlu kamu ketahui berikut ini!

Baca juga : Inspirasi OOTD Ibu Hamil Hijab Nyaman dan Stylish

Cara Menghitung Usia Kehamilan

1. Berdasarkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

Cara ini termasuk cara menghitung usia kehamilan yang banyak digunakan yaitu dengan menentukan tanggal menstruasi terakhir sebelum hamil. Metode ini dikenal dengan nama rumus Naegele. 

Dalam rumus ini, ZALORAns mengambil tanggal pertama dari haid terakhir (HPHT) dan menambahkan 1 tahun, lalu ditambah 7 hari. Kemudian, menghitung mundur 3 bulan. Misalnya, jika HPHT ZALORAns adalah 1 Januari 2024, ZALORAns tambahkan 1 tahun menjadi 1 Januari 2025. Kemudian, tambahkan 7 hari menjadi 8 Januari 2025. Setelah itu, hitung mundur 3 bulan yang akan membawamu ke 8 Oktober 2024 sebagai perkiraan tanggal lahir. 

Metode ini dianggap sebagai metode terbaik bagi para wanita yang memiliki siklus haid teratur 28 hari. Perlu diingat bahwa rumus ini adalah perkiraan dan tanggal kelahiran sebenarnya bisa bervariasi. Untuk hasil yang lebih akurat, disarankan untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter atau tenaga medis.

2. Berdasarkan USG

Jika cara menghitung usia kehamilan berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT) dianggap tidak akurat. Terutama bagi ZALORAns dengan siklus haid yang tidak teratur, langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan dokter. 

Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai perkembangan rahim, termasuk mengukur ukuran rahim sebagai indikator usia kehamilan. Selain itu, dokter mungkin akan melakukan USG transvaginal yang lebih sensitif dan dapat memberikan gambaran lebih jelas tentang janin, terutama di trimester awal. 

Dengan mengukur panjang kepala hingga bokong (Crown-Rump Length/CRL), dokter dapat menentukan usia kehamilan dengan lebih tepat. Namun, seiring bertambahnya usia kehamilan, tingkat pertumbuhan janin bisa berbeda-beda. Oleh karena itu, pemeriksaan USG di trimester akhir kehamilan tidak ditujukan untuk menentukan usia janin.

Namun, untuk memantau tumbuh kembang janin. Kunjungan ke dokter ini sangat penting untuk memastikan kesehatan dan perkembangan janin serta membantu merencanakan perawatan yang diperlukan selama kehamilan. 

Rekomendasi Outfit untuk Ibu Hamil Ternyaman

1. Kaluna Dress by Nyonya Nursing Wear

Source: ZALORA

Kaluna longdress ini terbuat dari bahan seline rib yang halus dan lembut sehingga nyaman saat digunakan. Memiliki kancing yang dapat di buka, namun tetap ada bukaan menyusui vertikal kanan dan kiri, tanpa kancing dan tanpa resleting. Sehingga, memudahkanmu saat menyusui si kecil. Kaluna longdress ini dapat dipakai saat masa kehamilan sampai menyusui.

2. Chantilly Dress Party Maternity

Source: ZALORA

Dress hamil ini memiliki desain yang sangat elegan, cocok untuk digunakan ke acara pesta. Dress lengan panjang dengan manset ini didesain dengan aksesoris bunga pada bagian dada. Terdapat juga detail belahan pada bagian kanan dan kiri bawah. Dress ini terbuat dari material ceruty dan dilapisi furing katun yang membuat nyaman di badan.

Baca juga : Rekomendasi Kandungan Skincare Yang Aman Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Riset Penelitian

3. Chelyne Legging Hamil Highwaist TPW01 Maternity Short Legging

Source: ZALORA

Legging berpola highwaist ini berbahan microfiber spandex premium yang lembut, tidak tipis, tidak panas, dan tidak mudah robek. Dilengkapi dengan karet pinggang ban besar dengan pola perut yang stretch dan elastis. Sehingga, bisa menyesuaikan dengan perubahan lingkar perut ibu hamil. Celana ini sangat nyaman dipakai sehari-hari, olahraga, maupun untuk tidur.

4. Eden by Nyonya Nursing Wear

Source: ZALORA

Eden sweater ini terbuat dari rajutan benang katun, sehingga nyaman dan lembut saat digunakan. Terdapat bukaan menyusui kanan dan kiri tanpa kancing dan tanpa resleting sehingga memudahkan saat akan menyusui. Atasan ini begitu simple dengan warna yang mudah di mix and match dengan berbagai bawahan. 

5. Emma Mididress by Nyonya Nursing Wear

Source: ZALORA

Emma minidress ini terbuat dari bahan santorini yang lembut, jatuh, tidak menerawang, glossy atau berkilau, sehingga nyaman saat digunakan. Emma minidress ini memiliki aksen tali di leher dan tangan yang membuat tampilan minidress ini semakin manis. Didesain dengan detail ruffle membuatnya unik dan menarik.

6. Maternity Leggings by Penti

Source: ZALORA

Legging hitam yang nyaman untuk ibu hamil ini didesain skinny fit. Selain memberikan tampilan yang stylish dan modis, legging ini dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan maksimal selama masa kehamilan. 

Dengan bahan yang elastis dan lembut, legging ini mampu menyesuaikan dengan perubahan bentuk tubuh ibu hamil. Desain skinny fitnya memberikan kesan ramping dan dapat dipadukan dengan berbagai atasan, mulai dari tunik panjang hingga kaos oversized. Sehingga, ZALORAns tetap tampil trendy deh! Legging ini memastikan dukungan pada perut yang semakin membesar, membuat setiap aktivitas sehari-hari menjadi lebih nyaman dan bebas gerak.

7. Chantilly Dress 2in1 Hamil/Menyusui dengan Slimming Effect

Source: ZALORA

Dalam keadaan hamil, ZALORAns tetap bisa tampil elegan dan anggun kok! Dress hamil dan menyusui dari koleksi Chantilly sangat cocok untukmu! Desain tanpa lengan memberikan kebebasan bergerak. Pada bagian belakangnya dilengkapi dengan karet yang memastikan dress ini dapat menyesuaikan dengan perubahan bentuk tubuh selama kehamilan. 

Dengan tambahan saku di sisi kanan dan sentuhan ruffle di bagian bawah dress menambah kesan feminin dan chic. Dress ini juga dilengkapi dengan akses menyusui, sehingga sangat memudahkan saat memberi ASI. Terbuat dari material katun torino yang ringan, dress ini tidak transparan dan nyaman dipakai seharian. 

Baca juga : 5 Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui cara menghitung usia kehamilan diatas, kini ZALORAns sudah bisa menentukan usia kehamilanmu kan?

Mau cari berbagai perlengkapan ibu dan bayi yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama