Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai, Gampang Banget!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Selain fungsinya untuk melihat waktu, jam tangan bisa dipakai sebagai aksesoris tambahan untuk menunjang fashion kamu. Tapi pernah nggak sih ZALORAns punya jam tangan tapi ukurannya nggak pas alias kebesaran? Kira-kira ada nggak ya cara untuk mengatasinya? Jangan khawatir! Jam tangan rantai kesayanganmu bisa diperbaiki sendiri dengan mudah lho!

Yuk lihat berikut cara mengecilkan jam tangan rantai milikmu!

Baca juga : Kenali Ciri Jam Tangan Cartier Asli, Jangan Tertipu!

Cara Mudah Mengecilkan Jam Tangan Rantai Sendiri

1. Ukur Pergelangan Tangan

Sebelum ZALORAns menyesuaikan panjang jam tangan rantai, ukurlah pergelangan tanganmu dengan tepat. ZALORAns dapat melakukan ini dengan menggunakan pita pengukur atau meteran. Letakkan meteran di sekitar pergelangan tanganmu. Pastikan untuk mengukur dengan tidak terlalu ketat. Biasanya, panjang yang nyaman adalah sekitar satu inci lebih longgar dari ukuran pergelangan tanganmu. 

Setelah ZALORAns memiliki ukuran pergelangan tanganmu, bandingkan dengan panjang jam tangan rantai yang ingin kamu sesuaikan. Setelah itu, ZALORAns baru bisa menentukan berapa mata rantai yang perlu dikurangi.

Bisa juga dengan cara memakai jam tangan langsung ke tanganmu. Lalu, mengira-ngira berapa rantai jam yang perlu kamu kurangi agar sesuai dengan ukuran pergelangan tanganmu. 

2. Jumlah Rantai Sudah Seimbang

Sebelum ZALORAns mengurangi panjang rantai jam tangan, pastikan dulu jumlah rantai di bagian kiri dan kanan sudah seimbang. Untuk memastikan jam tangan tetap seimbang dan nyaman saat dipakai.

Jika jumlah rantai di salah satu sisi lebih sedikit daripada yang lain, dapat menyebabkan jam tangan terasa miring di pergelangan tanganmu.

3. Letakkan Jam Tangan Mendatar

Source: Blog Jamtangan

Saat ZALORAns mengurangi rantai jam tangan, sebaiknya jam tersebut ditempatkan dalam posisi mendatar. Baik menggunakan watch adjuster khusus atau di atas permukaan meja yang datar. Dengan meletakkan jam tangan secara mendatar, ZALORAns dapat dengan mudah melepaskan rantai yang ingin kamu sesuaikan. 

Baca juga : Kenali Ciri-Ciri Jam Tangan Patek Philippe Asli, Jangan Terkecoh!

4. Gunakan Alat Khusus Pembuka Mata Rantai

Source: Google

Membuka mata rantai jam tangan memerlukan alat khusus. Alat yang bisa kamu gunakan adalah spring bar tool atau watch pin remover. Alat ini memiliki ujung yang ramping dan tajam yang dapat melepas penjepit mata rantai atau push pin dengan mudah dan aman. 

Temukan mata rantai yang ingin dibuka yang biasanya terletak di antara tautan-tautan rantai. Setelah itu, gunakan alat tersebut untuk menekan penjepit di dalam mata rantai. Sehingga, mata rantai dapat terlepas. Setelah itu, simpan mata rantai yang terlepas tadi. Siapa tahu suatu saat kamu ingin memasangnya kembali.

5. Pasang Kembali Sisa Mata Rantai

Setelah mata rantai yang ingin kamu hilangkan sudah terlepas, kini kamu harus memasang kembali sisa mata rantainya. Cara dengan memasukkan push pin sebelumnya ke lubang mata rantai yang tersisa pada jam tersebut. Pastikan push pin sudah masuk dan terpasang dengan benar. Kini jam tanganmu sudah pas dan nyaman saat dipakai!

Rekomendasi Jam Tangan Rantai Berkualitas

1. Alexandre Christie Female Analog Watches

Source: Zalora

Jam tangan analogue bergaya maskulin ini didesain begitu mewah dengan sentuhan crystal dial yang mewah. Detail kristal ini dibuat sebagai penunjuk waktunya. Strapnya  memiliki panjang 18 cm dengan case stainless steel. Terdapat detail bar numberless display dan detail penunjuk tanggal.

Jam tangan ini tentunya sudah water resistant. Tersedia dalam tiga pilihan warna mewah yaitu rose gold, silver-gold, dan gold. 

2. Alexandre Christie Female Digital Watches

Source: Zalora

Siapa nih yang lebih suka jam digital? Berbeda dari koleksi Alexandre Christie sebelumnya, kali ini hadir koleksi jam digital yang nggak kalah menarik! Jam tangan digital ini didesain bergaya modern classy dengan siluet yang feminine. Dengan tampilan bezel berbentuk segi delapan yang unik. Cocok banget buat kamu yang ingin tampil elegan di setiap kesempatan!

Baca juga : Ciri Jam Tangan Hublot Asli : Hati-Hati Tertipu!

Bagaimana mudah bukan? Itulah beberapa tips dan cara mudah dalam mengecilkan jam tangan rantai sendiri di rumah. 

Mau cari berbagai jam tangan yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama