Ini 7 Alasan Berat Badan Susah Naik! Nomor 4 Penyebab Utamanya

Di saat sebagian orang bertanya-tanya bagaimana cara menurunkan berat badan, ada beberapa orang yang justru mencari jawaban untuk menaikkan berat badannya.

Sama seperti menurunkan berat badan, banyak orang yang merasa kesulitan dalam menaikkan massa tubuhnya. Salah satu faktor sulitnya menaikkan berat badan ialah karena faktor genetik.

Tunggu! Faktor genetik bukan satu-satunya alasan berat badan seseorang sulit mengalami kenaikan. Siapkan catatan kamu, karena ini 7 alasan kenapa berat badan susah naik, catat informasinya!

1. Mengkonsumsi makanan yang rendah kalori

Telur, sayur mayur, dan oat toast yang tinggi protein.
Photo by Foodie Factor from Pexels

Keluhan yang paling sering terdengar adalah sudah makan banyak, tapi tetap tidak gemuk-gemuk.

Adanya penambahan porsi dan waktu makan demi menaikkan berat badan merupakan hal yang kurang tepat. Banyak orang yang beranggapan, semakin sering makan, maka berat badan akan bertambah. Atau, semakin banyak porsi makanannya, berat badan akan dengan cepat naik.

Hal yang terpenting dalam menaikkan berat badan ialah dengan menambah jumlah kalori dan bukan intensitas atau kuantitas makan. Akan menjadi hal yang sia-sia, apabila kamu rajin makan, tapi makanan tersebut rendah kalori.

Maka dari itu, cobalah untuk rutin mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori, namun tetap bernutrisi, seperti nasi, roti gandum, daging, telur, ikan dan kacan-kacangan.

2. Stres

Seorang wanita yang merasa stres karena pekerjaanya.
Photo by energepic.com from Pexels

Orang yang sedang mengalami stres atau tekanan, umumnya akan merasa lelah dan letih, sehingga tak terbesit di dalam pikirannya untuk memasukkan makanan ke dalam tubuhnya.

Stres bisa datang dari berbagai sebab. Stres karena kerjaan yang menumpuk, stres karena mikirin si doi yang nggak ada kabarnya, atau bahkan stres mikirin cicilan mobil yang belum lunas.

Cobalah untuk mengetahui darimana stres kamu berasal. Selesaikan masalah tersebut perlahan demi perlahan. Jagalah kondisi supaya tetap fit, khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini.

3.Olahraga berlebihan

Seseorang yang sedang mencoba mengangkat barbel.
Photo by Victor Freitas from Pexels

Olahraga mampu memompa darah lebih banyak keseluruh tubuh. Membuat jantung menjadi sehat serta dapat mengelurkan zat atau racun dalam tubuh melalui cairan keringat.

Tapi, apabila olahraga berlebihan dan tidak diimbangi dengan masuknya kalori yang cukup, maka berat badan kamu juga tetap tidak akan naik.

Penyebab berat badan susah untuk naik ialah asupan nutrisi yang tidak sebanding dengan energi yang dikeluarkan tubuh. Maka dari itu, imbangi olahraga dengan asupan kalori dan nutrisi yang seimbang.

Baca juga : 620 Nama Bayi Laki Laki Modern Beserta Artinya

4. Gaya hidup

Semua orang sedang berpesta.
Photo by cottonbro from Pexels

Gaya hidup yang tak sehat juga berdampak pada sulitnya menambah berat badan. Merokok, minum-minuman beralkohol, clubbing dan aktifitas buruk lainnya hanya akan membuat tubuh kehilangan massa nya.

Di samping susah menambah berat badan, gaya hidup yang buruk juga dapat membuat seseorang rentan terkena berbagai macam penyakit.

Maka dari itu, asupan makanan yang bernutrisi dan ditambah dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin, dapat membantu memperkuat imun tubuh agar terhindar dari virus dan penyakit berbahaya.

Baca juga : Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki

5.Gangguan metabolisme tubuh

Wanita yang sedang melakukan stretching sebelum mulai olahraga.
Photo by Blue Bird from Pexels

Apakah kamu tipe orang yang sudah banyak makan, tapi berat badannya segitu-gitu aja? Jika iya, ini merupakan salah satu bawaan genetik. Dimana, metabolisme kamu mengalami proses pembakaran yang cepat, tanpa menyisakan nya sebagai lemak.

Jika ada salah satu atau seluruh anggota keluarga kamu memiliki bentuk badan yang kurus, kemungkinan besar “genetik kurus” ini masuk ke dalam tubuh kamu.

6. Malnutrisi

Seseorang yang memegang apel di tangan kanannya dan donut di tangan kirinya.
Photo by Andres Ayrton from Pexels

Malnutrisi merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan zat gizi akibat kurang memperhatikan pola dan pemilihan makanan yang buruk.

Hal tersebut berdampak pada tidak bisanya tubuh mencerna asupan gizi penting untuk meningkatkan berat badan.

Selain diakibatkan kurangnya asupan gizi penting, malanutrisi juga kerap terjadi pada pasien pasca-operasi dan adanya masalah pada sistem pencernaan.

7. Tidak mengkonsumsi minuman penambah berat badan

Seorang wanita yang sedang meminum susu.
Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Kamu bisa mendapatkan bala bantuan dari susu yang mengandung tinggi protein untuk menambah berat badan. Beberapa produk susu gain weight ini terbukti efektif dalam meningkatkan massa tubuh.

Susu gain weight juga dapat membantu meningkatkan lemak dalam tubuh, sehingga cocok untuk kamu yang ingin membentuk tubuh dan membangun massa otot.

Pemeran utama dari sulitnya menambah berat badan adalah faktor genetik. Kita semua pasti mengetahui hal ini. Namun, bukan semata-mata karena faktor genetik, kamu menjadi mundur untuk mendapatkan massa tubuh yang ideal.

Baca juga : Cara Memilih Ukuran Baju Anak Berdasarkan Umur dan Berat Badan

Ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke pakar atau spesialis gizi tentang kondisi dan keinginan kamu untuk menambah berat badan, supaya berat badan ideal bisa kamu dapatkan.

Tidak masalah, sedikit demi sedikit pasti bisa! Semangat!

Mau beli vitamin penambah berat badan? Cek Zalora sekarang dan dapatkan multivitamin unggulan dengan harga diskon di sini!

Penulis : Ananda Fani Muhammad