Inspirasi Desain Gapura 17 Agustus, Menarik dan Unik!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Wah, nggak terasa sebentar lagi kita akan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ya? Setiap 17 Agustus, perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia selalu meriah dan salah satu tradisi yang nggak pernah ketinggalan adalah bikin gapura hias. Gapura ini nggak cuma jadi dekorasi, tapi juga jadi ajang unjuk kreativitas warga.

Buat ZALORAns yang lagi nyari inspirasi gapura, ada banyak banget pilihan keren untukmu! Mulai dari desain tradisional sampai yang modern. Jangan lupa, dominasi warna merah dan putih biar makin terasa semangat 17-an! ZALORA bakal kasih berbagai ide gapura yang unik dan mudah dibuat. Dari yang simple sampai yang megah, semuanya bakal bikin perayaan kemerdekaan jadi lebih seru. 

Yuk, kita cek inspirasinya dan bikin gapura 17 Agustus yang membuat seluruh warga terkesima!

Baca juga : Daftar Pahlawan Nasional Indonesia Paling Berpengaruh

Ide Desain Gapura 17 Agustus

1. Gapura Melengkung Sirip Ikan

Source: Detikcom

Inspirasi gapura yang pertama ini tampak simetris dan terstruktur bukan? Kalau dilihat-lihat bentuk bagian atasnya mirip sirip ikan bukan? Dimana, pada bagian atasnya dibuat melengkung dan terdapat beberapa lengkungan yang saling berdekatan di bagian atasnya. Pada bagian tengah lengkungan ditambahkan gambar lambang garuda, angka yang menunjukkan usia Kemerdekaan Indonesia, dan lainnya. Pada bagian lengkungan gerbang tengahnya diberi tulisan “Dirgahayu Kemerdekaan RI”. 

Gapura ini dibuat dengan warna kombinasi merah dan putih, sesuai dengan warna bendera Indonesia. Pada bagian sisi kanan dan kiri gapura diberi beberapa bendera merah putih kecil untuk menambah aksen meriah.

2. Gapura Burung Garuda 

Source: Detikcom

Saat bulan Agustus tiba, semangat kemerdekaan kian terasa di setiap sudut tanah air. Sebuah gapura yang satu ini begitu megah dan berdiri kokoh, mencuri perhatian siapa saja yang melintas. Desain gapura ini sangat istimewa dengan bentuk Burung Garuda yang besar di bagian atasnya.

Sebagaimana kita tahu, kalau Burung Garuda sebagai lambang negara Indonesia yang melambangkan kekuatan dan kebesaran bangsa Indonesia. 

Di bawah Garuda, terdapat dua penopang unik berbentuk tangan yang sedang mengepal dengan gagah, seolah-olah mengobarkan semangat perjuangan dan persatuan. Pada bagian depan gapura ditambahkan hiasan dengan bentuk-bentuk unik yang menyala terang saat malam hari. 

3. Gapura dengan Atap Rumah Gadang

Source: Blibli

Salah satu desain gapura yang bisa kamu jadikan inspirasi berikutnya ini cukup mencuri perhatian! Gapura dengan atap yang menyerupai rumah gadang, rumah adat khas Minangkabau ini terlihat simple, namun menghadirkan tampilan yang khas. Pada bagian atas atap dan di depan gapura bisa ditambahkan bendera merah putih.

Untuk bagian tiang penyangganya, bisa diberi desain tulisan tanggal kemerdekaan yaitu 17 Agustus1945. Dengan pilihan warna yang didominasi warna merah putih, membuat tampilannya semakin menghadirkan semangat kemerdekaan. 

4. Gapura Menyerupai Ikatan Bambu

Source: Jakarta Notebook

Gapura tradisional yang mengusung tema alam ini menawarkan keunikan yang memukau. Dibuat dari bambu tinggi yang disusun miring dan melingkar seperti diikat sebagai penopangnya. Di depannya dihiasi lagi dengan tampah yang dilukis dengan tanggal hari kemerdekaan RI. Pada bagian atas, rumbaian bambu disusun melengkung dengan indah.

Pada bagian atas gapura terdapat penambahan burung garuda. Bagian tengah gapura melintang tulisan “Indonesia Merdeka” yang terbuat dari bambu dan disusun sedemikian rupa. Lalu, digantungkan nama desa di bawahnya yang juga terbuat dari kayu. 

5. Gapura Bentuk Tank

Source: Berita99

Di tengah keramaian, berdiri sebuah gapura yang mengundang decak kagum setiap mata yang memandang. Bagaimana tidak? Penopang gapura ini terbuat dari kayu besar yang kuat dan kokoh. Namun, yang membuat gapura ini benar-benar unik adalah bagian atasnya yang dihiasi dengan replika tank perang besar. Desain tank perang ini dibuat lengkap dengan seorang pengemudi bersenjata diatasnya lho! Menarik banget bukan? 

Desain gapura ini mengingatkan pada momen saat terjadi peperangan sebelum Indonesia merdeka. Tema gapura ini sungguh mengingatkan kita pada perjuangan para pahlawan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Baca juga : 9 Seragam Olimpiade Paris 2024 Terbaik Versi Majalah Vogue, Indonesia Termasuk?

Rekomendasi Outfit Olahraga Ternyaman

1. Sportswear Essential Women’s Woven High-Rise Shorts by Nike

Source: Zalora

Celana pendek wanita dari koleksi Nike Sportswear ini dibuat dengan kain tenun yang lembut dan halus, serta dengan ukuran yang pas. Celana pendek ini memberikan kesan nyaman dan casual yang dapat ZALORAns kenakan sepanjang hari. 

Kantong cargo memberikan tampilan yang trendy dan sebagai penyimpanan barang kecil yang aman. Didesain pas di pusar, cocok dipadukan dengan crop top favoritmu! Selalu nyaman dengan ukurannya yang high waist dan lebar. Pada bagian pinggangnya terdapat tali serut yang elastis dan membantumu mengadjustnya sesuai ukuran pinggangmu.

Koleksi celana ini dapat memberikan kenyamanan yang tahan lama untuk segala aktivitas santaimu! 

2. Puma Run Ultraspun Women’s Running Crop Top

Source: Zalora

Temui crop top ternyaman dari PUMA yang terbaik di kelasnya! Atasan ini dikemas dengan teknologi yang akan membantumu tampil maksimal, seperti kain Ultraspun baru ini yang seringan bulu dan memiliki sifat anti-gesekan.

Crop top ini didesain dengan teknologi yang dirancang memiliki performa untuk menyerap kelembaban dari tubuh. Sehingga, membuatmu bebas keringat saat berolahraga.

3. Sportswear Classics High-Waisted Graphic Leggings by Nike

Source: Zalora

Legging High-Waisted ini dibuat dengan tidak terlalu tipis dan didesain dua kali lebih elastis dibandingkan legging Nike sebelumnya. Didesain untuk mendukungmu dalam bergerak aktif. Legging Classics ini terbuat dari kain elastis yang tebal, namun tetap ringan, lembut, dan kuat. Kainnya terasa seperti katun yang mampu menyerap kelembaban. 

Nyaman tanpa henti, ZALORAns pasti ingin memakainya 24/7 deh! Didesain dengan tidak terlalu lebar dan tidak terlalu sempit, karet pinggang elastis yang pas memenuhi semua kebutuhan agar pas dan ramping. 

4. Women’s Dri-FIT Swoosh Short-Sleeve Running Top by Nike

Source: Zalora

Kaos olahraga dari koleksi Nike yang satu ini didesain khusus untuk running. Kaos running berlengan pendek ini memiliki detail swoosh logo graphic yang menjadi ciri khas Nike pada bagian dadanya. Terbuat dari material poliester yang tidak transparan dan ringan. Selain itu, dilengkapi juga dengan teknologi Nike Dri-Fit yang menjagamu tetap kering dan nyaman.

Baca juga : Rekomendasi Kostum Karnaval Simple dan Unik

Nah, itulah beberapa ide dan inspirasi gapura 17 Agustus yang menarik dan bisa kamu contek untuk desain gapura di desamu nanti! ZALORAns bisa membuatnya lebih kreatif dan unik! Sudah siap menyambut Hari Merdeka nanti?

Mau cari berbagai pakaian olahraga yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama