Teknik Pijatan untuk Mengurangi Nyeri Haid

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah ketika masa haid ZALORAns sering merasakan nyeri? Nyeri haid ini ternyata bisa reda dengan pijatan yang tepat lho! Teknik pijatan ringan di area perut bawah atau punggung bawah bisa membantu meredakan kontraksi otot rahim yang menyebabkan rasa nyeri. Pijatan yang tepat bisa membantu melancarkan aliran darah dan mengendurkan otot-otot yang tegang.

Tahukah ZALORAns, teknik pijatan seperti apa yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri haid? Yuk, simak beberapa teknik pijatan untuk mengurangi nyeri haid berikut ini!

Baca juga : Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid yang Benar Menurut Islam

Pijatan untuk Mengurangi Nyeri Haid

1. Teknik Pijatan Kompresi 

Teknik ini efektif banget buat mengurangi kram otot sekaligus meningkatkan peredaran darah di area perut bawah. Cukup tekan-tekan lembut menggunakan tangan atau alat pijat khusus. Pijat perut serta pinggang bawah dengan gerakan melingkar. Kemudian, tekan perut dan pinggang bawah secara perlahan selama 15-30 detik. Ulangi lagi teknik pijatan ini mulai dari awal. 

Tekanan ini bisa bantu melemaskan otot-otot yang tegang dan bikin rasa nyeri berkurang. Nggak cuma itu, pijatan kompresi juga bisa memperbaiki aliran darah, jadi tubuh terasa lebih nyaman dan rileks. 

2. Teknik Pijatan Shiatsu

Nyeri haid bisa diatasi dengan teknik pijatan Shiatsu yang merupakan terapi tradisional Jepang. Teknik ini fokus pada memberi tekanan di titik-titik akupresur menggunakan jari-jari tangan untuk meredakan rasa sakit. 

Saat nyeri haid melanda, ZALORAns bisa mencoba meregangkan dan menekan telapak tangan dan lutut. Setelah itu, pijatan dilanjutkan secara melingkar atau naik turun ke titik-titik akupresur di sepanjang tubuh. Terutama yang berdekatan dengan organ reproduksi.

Tekanan pada titik-titik ini membantu meningkatkan aliran darah, mengurangi ketegangan otot, dan meredakan rasa kram yang mengganggu. 

3. Teknik Pijatan Tradisional Cina

Teknik pijatan tradisional Cina dilakukan dengan memberikan tekanan di area kaki, terutama di bagian tungkai bagian bawah dan sekitar jari-jari kaki.

ZALORAns bisa memijat bagian tersebut secara perlahan selama tiga menit. Ulangi pijatan ini tiga kali sehari selama menstruasi untuk hasil yang maksimal. 

Baca juga : 5 Cara Mempercepat Haid Yang Aman

Rekomendasi Obat dan Minuman untuk Haid

1. Sido Muncul Powder Blend Mix Kunyit Asam 

Source: ZALORA

Powder Blend Mix Kunyit Asam merupakan ramuan herbal tradisional alami yang diolah secara higienis untuk melancarkan haid dan membantu menyegarkan badan. Dengan kemasan pouch Blend Mix Kunyit Asam telah disterilisasi modern untuk membantu menyegarkan tubuh, melancarkan, dan meredakan nyeri haid.

Bubuk Konsentrat Herbal Kunyit Asam dibuat dari ramuan asli indonesia dan bisa ditambahkan dalam minuman apa saja sesuai selera penyajian. Minuman ini dibuat dengan komposisi gula, ekstrak kunyit, Maltodextrin, dan ekstrak asam.

2. Sido Muncul Jamu Jamoe Life Style Kunyit Asam 

Source: ZALORA

Jamoe Life Style Kunyit Asam merupakan minuman tradisional alami untuk membantu melancarkan haid. Dengan kemasan yang praktis dan stylish, Jamoe Life Style Kunyit Asam telah disterilisasi modern untuk melancarkan haid dan masalahnya.

Jamoe Life Style Kunyit Asam pun disajikan dengan rasa yang ringan, kandungan yang aman, dan kemasan yang kekinian untuk hidup sehat alamimu. Komposisi dari minuman ini adalah kunyit, asam, Asam Sitrat, gula palem, Sukralosa.

3. Herbilogy Femi Comfort Capsule

Source: ZALORA

Herbilogy Femi Comfort Capsule adalah obat yang mengandung ekstrak biji klabet, daun sirih, habbatus sauda, dan manjakani. Kandungan ini bermanfaat untuk meredakan nyeri atau ketidaknyamanan ketika haid (PMS) dan keluhan seputar PMS lainnya seperti haid tidak teratur dan lain-lain. Selain itu, juga dapat digunakan untuk meredakan ketidakseimbangan hormon.

1 vegetarian kapsul Herbilogy Femi Comfort mengandung kombinasi ekstrak tanaman Klabet (Fenugreek). Kandungan ini dapat meningkatkan libido atau mengoptimalkan efek hormon seksual dalam tubuh yaitu trimetilamina dan membantu mengurangi ketidaknyamanan ketika PMS. Kandungan Manjakani di dalamnya dapat membantu merapatkan dan mengencangkan otot miss V (terutama pasca melahirkan), serta mengatasi keputihan pada area miss V. 

Selain itu, ada juga kandungan Adas (Fennel) yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, endokrin, reproduksi, dan sistem pernafasan. Kandungan Daun Sirih dapat mencegah dan mengatasi keputihan akibat jamur Candida Albicans dan mengatasi haid tidak teratur. 

Rebusan daun sirih secara tradisional digunakan sebagai cairan pembersih miss V karena bersifat antiseptic. Senyawa Aktif Kayu Secang memiliki zat antibakteri yang tinggi dan dapat membantu memperbaiki gangguan atau keluhan saat PMS atau haid.

Konsumsi satu kapsul 2-3x sehari yang dikonsumsi setelah makan. Penggunaan produk ini harus disertai minum air yang banyak (minimum 8 gelas sehari).

4. Nutrimax Hers Stamina Hormon Pelancar Menstruasi Haid

Source: ZALORA

Nutrimax Hers merupakan kombinasi sinergis berbagai jenis herbal, vitamin, dan asam amino untuk membantu menjaga keseimbangan hormonal tubuh. Selain itu, juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kewanitaan. Serta menjaga kesehatan sistem reproduksi wanita yang berhubungan langsung dengan kesuburan mulai usia remaja (pubertas) hingga pasca menopause. 

Manfaat lainnya adalah sebagai phytoestrogen untuk menyeimbangkan hormon, menambah stamina serta menjaga berat badan ideal. Menormalkan siklus haid dan anti PMS, serta membantu mengatasi gejala menopause (hot flashes, mood swing). 

Kandungan Plus L-Leucine, L-Valine, Vit. B5, Avena Sativa, dan Sage didalamnya untuk mengoptimalkan fungsi otak dan sistem saraf serta anti stres dan depresi. Ada pula kandungan Plus Soy Isoflavones dan Red Clover untuk kecantikan kulit. Untuk kandungan Plus Soy Isoflavones, Dong Qua, dan Motherwort untuk kesehatan jantung dan menormalkan kolesterol.

Kandungan Plus Soy Isoflavones, Dong Quai, dan Dandelion untuk anti kanker dan tumor. Sedangkan, kandungan Plus Chasteberry dan Damiana untuk mengatasi gangguan seksual dan meningkatkan libido. Selain itu, ada juga kandungan Plus Soy Isoflavones, Red Clover, Red Raspberry, L-Leucine, L-Valine, Avena Sativa, dan Dandelion untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang dan anti osteoporosis.

Konsumsi 1 tablet sehari setelah makan malam. Tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui, penderita kista, tumor, kanker, dan memiliki riwayat penyakit hati. Hentikan pemakaian selama haid.

Baca juga : Cara Menghitung Usia Kehamilan, Penting!

Nah, itulah beberapa teknik pijatan untuk mengurangi nyeri haid yang bisa ZALORAns lakukan sendiri. Serta, obat dan minuman yang bisa kamu konsumsi.

Mau cari berbagai produk kewanitaan terlengkap dan suplemen yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama