Rekomendasi Obat Kolesterol di Apotik, Ampuh dan Murah!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang ditemukan dalam darah. Ketika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri yang disebut aterosklerosis. Aterosklerosis dapat menyebabkan penyempitan arteri yang mengurangi aliran darah ke jantung dan otak. 

Akibatnya, seseorang dapat mengalami penyakit jantung koroner, serangan jantung atau stroke. Faktor risiko untuk kadar kolesterol tinggi termasuk pola makan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, kurangnya aktivitas fisik, obesitas, dan faktor genetik. ZALORAns harus bisa mengelola kadar kolesterol dengan pola makan sehat, olahraga teratur, dan pengelolaan berat badan untuk mencegah komplikasi yang serius.

Berikut beberapa obat kolesterol yang mudah kamu temui di apotik. Ada obat kolesterol apa aja sih? Yuk, simak beberapa diantaranya berikut ini!

Baca juga : 3 Rekomendasi Obat untuk Jerawat dari Dalam dan Luar

Pilihan Obat Kolesterol Dijumpai di Apotik

1. Pravastatin 20 mg 10 Tablet

Source: E-Katalog LKPP

Pravastatin 20 mg yang tersedia dalam bentuk 10 tablet adalah jenis obat yang termasuk dalam kategori statin. Obat ini digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. 

Pravastatin bekerja dengan cara menghambat enzim yang diperlukan tubuh untuk membuat kolesterol, sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam darah. Penggunaan obat ini biasanya disertai dengan perubahan gaya hidup sehat seperti diet rendah lemak dan olahraga teratur.

ZALORAns harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini untuk mendapatkan dosis dan penggunaan yang tepat.

2. Ruvastin 20 mg 10 Tablet

Source: Halodoc

Obat Ruvastin 20 mg 10 Tablet mengandung Rosuvastatin, sejenis statin yang digunakan untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi dalam darah. Rosuvastatin bekerja dengan menghambat enzim yang memproduksi kolesterol di hati. Sehingga, membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat). 

Penggunaan Ruvastin 20 mg dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dengan faktor risiko kardiovaskular tertentu. Seperti, riwayat penyakit jantung koroner atau diabetes.

Namun, penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter dan disertai dengan pola makan sehat serta gaya hidup yang seimbang.

3. Simvastatin 20 mg 10 Tablet

Source: K24Klik

Simvastatin 20 mg adalah salah satu obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Simvastatin bekerja dengan menghambat enzim yang memproduksi kolesterol di dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah. Bisa juga meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik. 

Dengan mengonsumsi Simvastatin sesuai petunjuk dokter, ZALORAns dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darahmu. Namun, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini, karena obat ini termasuk obat keras.

Apalagi jika ZALORAns memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain. Jangan lupa untuk memeriksakan diri secara teratur dan melakukan tes darah rutin untuk memantau kadar kolesterolmu selama penggunaan Simvastatin.

Baca juga : 8 Cara Mengobati Luka di Sudut Bibir Secara Alami

4. Atorvastatin 20 mg 10 Tablet

Source: Apotek

Obat ini digunakan untuk menghambat peningkatan kolesterol total, kolesterol jahat, apo-B, trigliserida, dan meningkatkan kolesterol baik. Dengan mengurangi kadar kolesterol, obat ini membantu mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol berlebih. Dosis dan durasi penggunaan Atorvastatin harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing pasien.

Serta, penggunaan secara rutin sesuai petunjuk dokter sangatlah penting untuk mencapai manfaat terbaik. Untuk mengurangi risiko efek samping yang mungkin timbul.

5. Lipitor 20 mg 10 Tablet

Source: Halodoc

Obat kolesterol berikutnya yang bisa ZALORAns temukan di apotik terdekat. Lipitor mengandung atorvastatin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Obat ini dapat menghambat kolesterol total, kolesterol jahat, trigliserida, apo-B, dan trigliserida untuk pengidap kolesterol tinggi.

Gunakanlah obat ini di bawah pengawasan dokter, karena obat ini termasuk golongan obat merah.

Baca juga : 5 Cara Membesarkan Payudara, Dari Alami Hingga Operasi

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Hindari Makanan Berlemak

Source: Pinterest

Untuk menurunkan kadar kolesterol, ZALORAns harus menghindari makanan yang tinggi lemak. Makanan yang tinggi lemak jenuh seperti makanan cepat saji, gorengan, dan makanan olahan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan rendah lemak, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit atau ikan. 

2. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Source: Pinterest

Mengonsumsi buah dan sayur penting dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Buah-buahan seperti apel, stroberi, dan jeruk kaya akan serat dan antioksidan. Sementara itu, sayuran seperti brokoli, bayam, dan kubis juga mengandung serat tinggi dan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Serta, menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Dengan mengonsumsi berbagai buah dan sayur setiap hari, kita dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan tubuh.

3. Rutin Olahraga 

Source: Pinterest

Mulailah dengan jadwal rutin untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau lima kali seminggu. Pilihlah jenis olahraga aerobik seperti berjalan cepat, lari, bersepeda, atau berenang yang dapat membantu meningkatkan detak jantung dan membakar lemak.

Selain itu, tambahkan latihan kekuatan seperti angkat beban atau yoga untuk memperkuat otot dan meningkatkan metabolisme. Kombinasikan olahraga aerobik dan latihan kekuatan untuk hasil yang optimal. 

4. Hindari Merokok

Source: Pinterest

Merokok merugikan kesehatan secara menyeluruh, termasuk meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan penumpukan kolesterol jahat (LDL) dalam arteri, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, hindarilah merokok agar dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Mengganti kebiasaan merokok dengan gaya hidup sehat seperti olahraga teratur dan pola makan seimbang dapat membantu menurunkan kolesterol.

5. Konsumsi Makanan Kaya Omega 3

Source: Pinterest

Mengonsumsi makanan yang kaya akan Omega 3 dapat menjadi cara dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Omega 3, terutama ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna yang memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga, dapat membantu menurunkan peradangan dalam pembuluh darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. 

Selain itu, makanan kaya Omega 3 juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sambil menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Sehingga membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh. Selain ikan, sumber lain Omega 3 meliputi biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak sayuran.

Baca juga : PRP Treatment, Treatment Kecantikan Dengan Darah!

Itulah beberapa obat kolesterol yang bisa ZALORAns jumpai dengan mudah di apotik manapun. Serta cara mengurangi kolesterol tinggi yang bisa kamu lakukan. Daripada mengobati, lebih baik mencegah! Jadi, imbangi dengan gaya hidup sehat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Mau cari berbagai produk vitamin terbaik yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama