Rekomendasi Makanan Khas Betawi, Enaknya Bikin Nagih!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Betawi, suku asli Jakarta yang punya banyak makanan khas yang nggak boleh dilewatkan! Kuliner Betawi ini terbilang unik karena memadukan berbagai budaya dan menghasilkan cita rasa yang beda dari yang lain. Dari yang gurih sampai yang manis, makanan khas Betawi selalu berhasil bikin lidah bergoyang. 

Apakah ZALORAns udah pernah nyobain kuliner khas dari Betawi? Kalau belum pernah coba, ZALORAns wajib banget mencicipi kuliner Betawi yang kaya rasa dan penuh sejarah ini. Yuk, kenalan dengan aneka makanan khas Betawi yang lezat dan bikin penasaran berikut ini! Selamat mencoba!

Baca juga : 10 Daftar Makanan Tradisional, Enak dan Unik!

Pilihan Makanan Khas Betawi, Wajib Coba!

1. Kerak Telor

Source: Pinterest

Kerak telor merupakan salah satu makanan khas Betawi yang bisa ZALORAns temukan dengan mudah di pinggir jalan. Terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan telur, bisa telur ayam atau bebek, lalu ditambah kelapa parut dan bawang merah goreng di atasnya. 

Yang bikin spesial, bagian bawahnya jadi agak crispy dan renyah. Biasanya, kerak telor ini disajikan dengan sambal atau bumbu rempah yang bikin rasanya makin mantap. Sering banget menemukan makanan ini di acara-acara atau festival kuliner di Jakarta. 

2. Nasi Uduk Betawi

Source: Pinterest

Nasi uduk Betawi itu bener-bener juara! Nasi yang dimasak dengan santan, daun salam, dan serai ini punya rasa yang gurih dan wangi banget. Biasanya disajikan dengan ayam goreng, tempe orek, sambal kacang, dan kerupuk yang bikin rasanya makin mantap.

Setiap kali makan nasi uduk, kamu bakal ngerasain sensasi gurih dari santan dan sedikit manis yang bikin ketagihan. Plus sambalnya yang pedesnya bikin nagih! Nasi uduk Betawi nggak kalah enak dari nasi uduk lainnya!

3. Soto Betawi

Source: Pinterest

Siapa nih pecinta kelezatan soto? ZALORAns wajib cobain soto Betawi yang satu ini! Soto Betawi dibuat dengan kaldu sapinya yang gurih banget. Ditambah potongan daging sapi yang lembut dan jeroan, seperti paru atau babat, bikin soto ini jadi favorit!

Kuahnya kental karena menggunakan santan, jadi rasanya bener-bener gurih dan lezat. Biasanya soto ini dimakan bareng nasi putih atau ketupat. Lalu, ditambah irisan bawang merah, tomat, dan daun seledri. Hasilnya? Suatu kombinasi rasa yang bikin lidah bergoyang!

4. Roti Buaya

Source: Pinterest

Roti Buaya itu salah satu makanan khas Betawi yang nggak cuma enak tapi juga punya arti khusus lho! Bentuknya unik banget karena mirip buaya dan biasanya muncul di acara-acara besar, seperti pernikahan. Rasanya manis dan teksturnya empuk. Adonan roti ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan ragi yang bikin aromanya wangi banget. 

Roti buaya dijadikan sebagai seserahan pada saat pernikahan, karena sebagai simbol harapan supaya pasangan pengantin diberi kekuatan dan ketahanan dalam menjalani hidup bersama. Apakah ZALORAns tertarik mencobanya?

5. Kue Cucur

Source: Pinterest

Kue cucur tuh salah satu jajanan yang sering banget ditemuin di pasar-pasar tradisional. Bentuknya unik, seperti mangkok kecil yang berwarna coklat keemasan. Bagian luar kue cucur ini renyah, sementara dalamnya itu kenyal banget. 

Cara membuatnya dengan mencampur tepung beras, gula merah, dan air sampai jadi adonan kental. Lalu, adonan itu dituang ke cetakan yang sudah dipanaskan dengan minyak, jadi deh kue cucurnya yang bener-bener menggugah selera! Biasanya, kue ini dimakan pas sore hari atau jadi penutup makanan. Rasanya yang manis plus teksturnya yang unik bikin banyak orang suka!

6. Dodol Betawi

Source: Pinterest

Kalau ZALORAns lagi cari oleh-oleh khas Betawi, bisa banget nih jadikan dodol Betawi sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah! Dodol Betawi itu camilan khas Betawi yang bener-bener bikin ketagihan! Terbuat dari ketan, santan, dan gula merah, dodol ini dimasak lama sampai teksturnya jadi kenyal dan rasanya manis.

Setelah dingin, dodol ini dipotong-potong kecil dan siap disantap. Rasanya yang gurih, serta teksturnya yang lembut dan kenyal, bikin dodol Betawi jadi favorit banyak orang, terutama saat acara-acara spesial sebagai hidangan.

Baca juga : Jelajahi Kuliner Makanan Khas Aceh yang Menggugah Selera

Rekomendasi Alat Masak Terbaik

1. Tefal So Chef Deep Frypan 28cm

Source: Zalora

Teflon dari Tefal ini dilapisi titanium, membuatnya anti lengket, serta memudahkan proses pembersihan dan pemakaian. Dengan Teknologi Thermosignal dapat menunjukan suhu yang ideal untuk memasak. Penyebaran panas saat memasak merata atau sempurna dan memudahkan proses pembersihan. Kompatibel untuk semua jenis kompor, seperti kompor gas, keramik, listrik, dan induksi. 

Penggorengan ini begitu ringan, sehingga penggunaannya mudah dan nyaman. Selain itu, juga bebas PFOA, baik dalam proses produksi atau finishing, sehingga lebih aman 

2. Cooker King Alat Masak Spatula Sutil Silikon Food Grade Tahan Panas

Source: Zalora

Kalau sebelumnya ZALORA udah kasih rekomendasi penggorengan untukmu, maka kurang lengkap rasanya jika penggorengan tanpa spatula! ZALORA punya pilihan spatula terbaik untukmu nih! Kali ini, ada produk spatula aesthetic dari Cooker King! 

Spatula tahan panas ini terbuat dari food-grade silicone yang aman digunakan untuk makanan. Cocok untuk digunakan pada wajan atau panci anti-lengket. Bahan dasarnya terbuat dari stainless steel yang dilapisi food-grade silicon, sehingga memiliki durabilitas yang sangat tinggi. 

Spatula ini ringan dengan pegangan ergonomis yang nyaman, sehingga akan memudahkanmu dalam memasak apapun. Selain itu, spatula ini juga mampu menahan panas sampai suhu 220 derajat Celcius lho! Jadi, spatula dari Cooker King ini akan lebih tahan lama.

3. Wakakids Frypan Teflon Anti Lengket Ukuran 26

Source: Zalora

Frypan teflon masak dari Wakakids ini sudah dilengkapi dengan anti lengket. Selain itu, juga ringan dan mempunyai handle yang nyaman. Teflon ini mudah dibersihkan. Bisa digunakan tanpa listrik, langsung masak di tungku kompor. Dengan desain dan pilihan warna yang minimalis, akan mempercantik dapurmu saat digantung. 

Baca juga : 6 Ide Hiasan Tumpeng Nasi Kuning untuk Lomba

Dari beberapa pilihan makanan khas Betawi diatas, mana nih yang udah pernah kamu cobain? ZALORAns bisa banget menjadikan makanan khas Betawi ini sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih di rumah. Bagikan kebahagiaan bersama orang tersayang! Serta, temukan aneka makanan khas Betawi lainnya dan rasakan kenikmatannya! 

Mau cari berbagai kebutuhan alat dapur dan alat makan dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama