Pentingnya Menu Makanan Sehat untuk Kesehatan

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Kita sering mendengar pepatah lama yang mengatakan, “You are what you eat”. Ungkapan ini bukanlah sekadar peribahasa, namun merupakan prinsip yang menyentuh inti dari kesehatan dan kesejahteraan. Diet dan asupan nutrisi yang baik adalah kunci untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan bugar.

Mengonsumsi menu makanan sehat tidak hanya dapat membantu dalam mengelola berat badan tetapi juga mendukung kualitas hidup yang lebih baik dengan meningkatkan fungsi organ tubuh, kadar energi, serta kesehatan mental.

Baca juga : Olahraga Mengecilkan Perut Buncit, Solusi Efektif untuk Siluet Ideal

Asas Menu Makanan Sehat

Menu makanan sehat harus memiliki beberapa asas pokok yang meliputi keseimbangan, variasi, dan moderasi:

Keseimbangan

Tubuh membutuhkan kombinasi makronutrien seperti karbohidrat, lemak, dan protein, serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral dalam jumlah yang tepat. Keseimbangan ini penting untuk fungsi tubuh yang optimal.

Variasi

Mengonsumsi berbagai jenis makanan memastikan bahwa tubuh mendapatkan spektrum lengkap nutrisi yang dibutuhkan. Variasi dalam makanan juga membantu menghindari kejenuhan dan menikmati makanan.

Moderasi

Portion control dan makan dengan moderasi esensial untuk menghindari kelebihan kalori yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga : Catering Diet: Solusi Nutrisi Seimbang untuk Gaya Hidup Sehat

Komponen Menu Makanan Sehat

1. Buah-buahan dan Sayuran

Buah dan sayur kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Mereka rendah kalori tapi padat nutrisi, yang menjadikan buah dan sayuran sebagai bagian integral dari setiap diet sehat. Dianjurkan untuk mengonsumsi 5 porsi buah dan sayuran setiap hari dalam bentuk salad, jus, atau hanya dinikmati sebagai camilan.

2. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks ditemukan dalam makanan seperti oat, quinoa, barley, kentang, dan beras merah. Mereka mengandung serat yang membantu pencernaan dan memberikan energi berkelanjutan, berbeda dengan karbohidrat sederhana yang menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat.

3. Protein

Protein adalah blok bangunan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Sumber protein sehat meliputi daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Penggunaan protein nabati juga meningkat sebagai alternatif yang ramah lingkungan.

4. Lemak Sehat

LTahukah kamu jika lemak tidak selalu buruk? Lemak sehat seperti yang ditemukan dalam alpukat, kacang, ikan berlemak, minyak zaitun, dan biji-bijian adalah penting untuk kesehatan otak dan jantung. Kuncinya adalah menghindari lemak trans dan membatasi lemak jenuh.

5. Sumber Serat

Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengontrol kadar gula darah. Sumber serat yang baik termasuk kacang-kacangan, lentil, buah beri, buah-buahan utuh, dan sayuran berdaun.

6. Air

Hidrasi adalah bagian penting dari makan sehat. Minum banyak air membantu mengontrol nafsu makan, mempertahankan fungsi otak, dan penting untuk pencernaan.

Baca juga : 5 Rekomendasi Tipe Handbody Marina untuk Memutihkan Kulit

Contoh Menu Harian Makanan Sehat

Sarapan

  • Semangkuk oatmeal dengan irisan buah segar dan sejumput kacang.
  • Sebuah smoothie hijau dengan bayam, pisang, dan yogurt tawar.

Snack Pagi

  • Irisan apel dengan selai kacang alami.
  • Segenggam kacang almond atau walnuts.

Makan Siang

  • Salad quinoa dengan sayuran parut, edamame, dan potongan alpukat. Bumbui dengan minyak zaitun dan jus lemon.
  • Sandwich gandum utuh dengan dada ayam panggang, tomat, selada, dan humus.

Snack Sore

  • Yogurt Yunani dengan beri segar dan sedikit madu.
  • Wortel dan seledri batang dengan dip hummus.

Makan Malam

  • Ikan salmon panggang dengan kacang hijau dan ubi panggang.
  • Dada ayam panggang dengan brokoli kukus dan couscous whole wheat.

Snack Malam

  • Potongan melon atau mangga segar.
  • Satu genggam campuran kacang dan buah kering alami.

Menu makanan sehat dalam rutinitas harian ZALORAns dapat membawa perubahan positif yang signifikan dalam jangka pendek dan juga jangka panjang. Nilai gizi makanan sehat berperan langsung dalam peningkatan energi, pengelolaan berat badan yang lebih baik, dan pengurangan risiko penyakit kronis.

Untuk hasil yang optimal, rencana makan sehat harus disertai dengan gaya hidup aktif yang merangkum olahraga teratur dan manajemen stres yang efektif. 

Baca juga : Sejarah Renang di Dunia dan Indonesia

Dapatkan berbagai produk kesehatan terbaik dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika