Ketahui Manfaat Penting Vitamin B Complex untuk Wanita

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Vitamin B Complex adalah kumpulan dari beberapa jenis vitamin B yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin ini terdiri dari B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin). Setiap jenis vitamin B memiliki fungsi masing-masing. 

Vitamin B Complex biasanya dianjurkan untuk orang yang mengalami kekurangan vitamin B atau memiliki kebutuhan lebih tinggi. Seperti ibu hamil, orang dengan kondisi medis tertentu, atau mereka yang mengalami stres. 

Lalu, tahukah kamu apa sih manfaat Vitamin B Complex untuk wanita? ZALORA sudah merangkum beberapa manfaat yang akan didapat ketika seorang wanita mengonsumsi Vitamin B Complex. Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Cara Membuat Minyak Kemiri di Rumah

Manfaat Vitamin B Complex untuk Wanita

1. Untuk Perkembangan Janin

Manfaat Vitamin B Complex untuk wanita, terutama bagi ibu hamil sangat penting karena untuk mendukung perkembangan janin secara optimal. Vitamin B9 (asam folat) berperan utama dalam mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang sangat krusial selama awal kehamilan. 

Selain itu, Vitamin B12 dapat membantu pembentukan sel darah merah dan perkembangan sistem saraf janin. Mengonsumsi vitamin B complex secara teratur selama masa kehamilan bisa mendukung pertumbuhan janin yang sehat, meningkatkan energi ibu, dan mencegah risiko komplikasi. Kombinasi vitamin B ini juga membantu menjaga kesehatan ibu selama hamil dan setelah melahirkan.

2. Mencegah Anemia

Vitamin B Complex, terutama B6, B9 (asam folat), dan B12, berperan penting dalam produksi sel darah merah. Ketika tubuh kekurangan vitamin-vitamin ini, produksi sel darah merah bisa terganggu, sehingga menyebabkan anemia. 

Anemia sering dialami wanita, terutama saat menstruasi atau kehamilan, karena tubuh kehilangan lebih banyak darah. Pada ibu hamil, anemia berisiko mengalami kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat rendah. Dengan asupan Vitamin B Complex yang cukup, maka bisa membantu menjaga keseimbangan sel darah merah.

Sehingga, mengurangi risiko anemia serta gejala seperti lelah, lemas, atau pusing.

3. Mencegah Masalah atau Penyakit Kulit

Vitamin B seperti B3 (niacinamide) dan B5 (asam pantotenat) dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mengurangi jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit yang kasar. Vitamin B2 (riboflavin) juga membantu mencegah kulit kering dan pecah-pecah. Sementara B7 (biotin) dikenal dapat memperkuat rambut, kulit, dan kuku. 

Tak hanya itu saja, Vitamin B Complex dapat menghambat pembentukan kolagen serta meningkatkan risiko terjadinya dermatitis seboroik, psoriasis, dan kanker kulit non-melanoma (NMSC). Vitamin B Complex juga dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV berlebihan.

Kulit jadi lebih lembab, sehat, dan terlindungi dari berbagai masalah seperti jerawat, iritasi, dan penuaan dini.

4. Mencegah Terkena Penyakit Kronis

Dengan mengonsumsi Vitamin B6, B9 (asam folat), dan B12 dapat menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol kadar homosistein dalam darah. Dimana, jika terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Vitamin ini juga bisa mengurangi risiko terkena stroke.

Selain itu, Vitamin B Complex juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Dimana hal ini bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan gangguan saraf. 

5. Meringankan Gejala Penyakit Mental

Vitamin B1, B6, B9, dan B12 mampu membantu produksi neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin yang berpengaruh pada suasana hati. Kekurangan vitamin B sering dikaitkan dengan masalah seperti depresi, kecemasan, dan gangguan suasana hati lainnya.

ZALORAns bisa mendapatkan berbagai manfaat ketika mengonsumsi Vitamin B Complex, berupa peningkatan mood, mengurangi stres, dan membantu menjaga keseimbangan mental agar lebih stabil.

Baca juga : 5 Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Vitamin B Complex untuk Dikonsumsi

1. Nutrimax B Complex 30 Tablet Vitamin B

Source: ZALORA

Nutrimax B Complex mengandung semua jenis Vitamin B dalam rasio yang seimbang untuk memenuhi semua kebutuhan tubuh akan Vitamin B. Agar mampu bekerja secara sinergis untuk kesehatan tubuh yang lebih baik. Vitamin B Complex yang merupakan koenzim yang terlibat dalam produksi energi, mempunyai berbagai macam fungsi penting lho! Diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan sistem saraf, kulit, mata, rambut, liver, mulut, otot, dan saluran pencernaan. Selain itu, juga dapat meningkatkan fungsi otak serta mampu mengatasi stress dan depresi.

Berikut ini beberapa manfaat dari Nutrimax B Complex yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsinya secara rutin:

a. Sebagai nutrisi otak dan sistem saraf atau Neurotropik guna membantu mengatasi  kelelahan serta stres fisik dan mental  

b. Membantu meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki sistem pencernaan  

c. Membantu mempercepat penyembuhan penderita ketergantungan obat (narkoba)

d. Meningkatkan daya tahan tubuh serta menambah energi dan stamina

e. Terlibat dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein untuk mendukung proses tumbuh kembang

f. Membantu melancarkan sirkulasi darah

g. Membantu proses pembentukan sel darah merah yang sehat dan mencegah anemia

h. Membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, otak, saraf, otot, darah, hati, dan jantung

i. Membantu memenuhi kebutuhan Vitamin B Complex

2. IPI Vitamin B Complex – 45 Tablet

Source: ZALORA

Vitamin B Kompleks IPI merupakan obat yang diproduksi oleh PT. Supra Ferbindo Farma. Obat ini mengandung Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Calcium Pantothenate, dan Nicotinamide. Obat ini memiliki indikasi yaitu mencegah dan mengobati kekurangan Vitamin B Complex.

3. Vitabiotics Ultra Vitamin B Complex 1 Box Isi 60 Tablet

Source: ZALORA

Vitabiotics Ultra Vitamin B Complex bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan tubuh. Ultra Vit.B Complex mengandung 8 vitamin B yang berperanan dalam tubuh. Terdapat vitamin B6, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), biotin, asam folat, pantothenic acid, dan vitamin B12. 

Manfaat dari Vitamin B Complex ini adalah untuk mengatasi kekurangan Vitamin B Complex, Vitamin Neurotropik, dan untuk kesehatan syaraf. Selain itu, juga dapat menjaga metabolisme tubuh tetap sehat dan membantu pembentukan sel darah merah. 

Konsumsi satu kali sehari 1 tablet salut selaput dan diminum dengan air.  Jangan melebihi dosis yang dianjurkan atau diminum dalam keadaan perut kosong.

Baca juga : Inilah Cara Detox Tubuh, Dapatkan Tubuh Sehat dan Bugar!

Banyak bukan manfaat mengonsumsi Vitamin B Complex untuk wanita? Konsumsilah vitamin secara rutin untuk menjaga kesehatanmu!

Mau cari berbagai produk alat olahraga dan suplemen yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama