Inilah Cara Mengusir Tikus, Mudah dan Efektif!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah di rumahmu banyak tikus yang mengganggu? Kehadiran tikus di rumah tentunya sangat mengganggu dan membuat rumah terkesan jorok. Hewan pengerat ini tidak hanya menyebabkan kerusakan pada perabotan dan barang-barang rumah tangga. Tetapi juga berpotensi menyebarkan penyakit berbahaya melalui kotoran dan air liurnya. Tak jarang, tikus sering meninggalkan jejak kotor di sepanjang tempat yang mereka lewati lho! Bikin kesan rumah tidak terawat dan kurang bersih. 

Oleh karena itu, ZALORAns harus segera mengambil langkah untuk mengusir dan mencegah tikus masuk ke dalam rumahmu! Gimana sih cara mengusir tikus dengan mudah? Tak perlu khawatir lagi! ZALORA sudah merangkum beberapa tips cara mengusir tikus yang bisa kamu lakukan!

Yuk, simak tips ampuhnya berikut ini! Dijamin deh tikus di rumah bakal kabur dan nggak berani balik lagi! 

Baca juga : Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid yang Benar Menurut Islam

Tips Cara Mengusir Tikus dengan Mudah

1. Menggunakan Lem Tikus

Source: Cap Gajah

Lem tikus menjadi solusi praktis dan efektif untuk mengatasi masalah tikus di rumah! Oleskan lem tikus pada selembar karton atau papan tipis, kemudian letakkan di area yang sering dilalui tikus. Seperti di dekat dinding, di sudut-sudut ruangan, atau di belakang perabotan. 

Tikus yang melintas akan terjebak di lem yang kuat dan lengket ini, sehingga tidak dapat melarikan diri. Selain itu, lem tikus tidak mengandung racun, sehingga aman digunakan di dalam rumah dan tidak membahayakan hewan peliharaan atau anak-anak. Jika, tikus sudah terperangkap, ZALORAns tinggal membuangnya deh! 

ZALORAns bisa menggunakan lem perangkap tikus Cap Gajah yang super lengket, praktis, dan tidak beracun! Temukan lem ini dengan mudah di toko di sekitar rumahmu!

2. Memasang Perangkap Tikus

Source: Pinterest

Kalau ZALORAns pernah menonton kartun Tom and Jerry, kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan alat perangkap tikus ini bukan? Perangkap tikus ini bisa menjebak tikus yang mengenainya. ZALORAns bisa menarik perhatian tikus dengan meletakkan makanan di atas perangkap tikus agar tikus menghampiri perangkap. 

Letakkanlah perangkap ini di area dapur atau di tempat yang kamu curigai terdapat tikus di sekitarnya. Biasanya tikus akan mencari makan di malam hari, jadi ZALORAns bisa memasang perangkap pada sore harinya. Cek perangkap pada keesokan harinya, kalau tikus sudah terperangkap, kamu bisa langsung membuangnya.

3. Menggunakan Racun Tikus

Source: Dora

Racun tikus dibuat khusus untuk menarik tikus dan mematikan mereka setelah memakannya. Saat menggunakan racun tikus, tempatkan di tempat yang sering dilalui tikus. Jangan lupa untuk menjauhkan racun dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan ya! Jangan sampai hewan peliharaanmu memakan racun atau tikus yang telah mengonsumsi racun tikus! Karena, bisa bikin hewan peliharaanmu ikut keracunan lho!

Setelah meletakkan racun tikus di beberapa titik, periksa area yang telah diracuni secara berkala untuk menghindari bau bangkai tikus yang dapat mengganggu. Jadi, ketika kamu menemukan tikus yang telah mati akibat racun ini, kamu bisa langsung membuangnya. Cara ini termasuk yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Karena sudah terbukti ampuh dapat membunuh tikus seketika!

Salah satu merk racun tikus yang terkenal dan banyak digunakan adalah Dora! Taburkan saja racun tikus ini, maka tikus akan terpikat dan memakannya. Racun ini akan mematikan tikus dengan efektif! Setelah menggunakan racun tikus, jangan lupa untuk segera mencuci tangan menggunakan sabun.

4. Semprotkan Larutan Air Cabai

Source: Pinterest

Cabai mengandung capsaicin, senyawa kimia yang memberikan rasa pedas dan dapat mengiritasi kulit dan selaput lendir pada tikus. Sehingga, membuat tikus enggan mendekati area yang telah disemprot. Semprotkan larutan air cabai ini ke beberapa titik atau area yang sering dilalui atau dihuni tikus. Seperti di sekitar lubang atau celah yang menjadi pintu masuk tikus. Cara ini lebih dianjurkan daripada menggunakan racun, karena lebih aman.

Untuk membuat larutan ini juga gampang kok! Kamu cukup merebus beberapa cabai merah dalam air selama sekitar 15 menit. Kemudian saring dan masukkan air rebusan tersebut ke dalam botol semprot. Untuk cara yang lebih mudah lagi, kamu bisa melarutkan bubuk cabai ke dalam air. Lalu masukkan ke dalam botol semprot. 

5. Menggunakan Minyak Esensial

Source: Zalora

Penggunaan minyak esensial tertentu seperti peppermint, minyak cengkeh, minyak kayu putih, dan kayu manis dapat menjadi solusi untuk mengusir tikus. Misalnya saja, minyak peppermint, dengan aroma segar dan kuatnya, efektif membuat tikus merasa tidak nyaman dan menjauh. Begitu juga minyak cengkeh yang memiliki bau tajam yang tidak disukai oleh tikus. Aroma-aroma tersebut dapat menghalau tikus karena mereka tidak menyukai bau yang menyengat. 

ZALORAns hanya perlu membasahi kapas dengan minyak esensial ini. Lalu, letakkan kapas pada area-area yang biasa dilalui tikus. ZALORAns bisa menggunakan minyak esensial dari De Antoine Pure Essential Oil Peppermint untuk mengusir tikus! Sehingga, rumah bisa menjadi lebih aman dan bebas dari gangguan tikus deh!

6. Menggunakan Kapur Barus

Source: Swallow

Kalau biasanya kapur barus dipakai untuk mengharumkan pakaian di lemari, ternyata kapur barus juga ampuh lho dipakai sebagai pengusir tikus! Sama halnya dengan penggunaan minyak esensial, kapur barus juga memiliki bau yang cukup menyengat. Jadi, bisa membantu mengusir tikus. 

Aroma tajam yang dihasilkan oleh kapur barus bisa mengganggu indra penciuman tikus. Bikin tikus merasa tidak nyaman dan akhirnya menjauh dari area yang telah diberi kapur barus. ZALORAns bisa menempatkan kapur barus di berbagai sudut rumah, terutama di tempat-tempat yang sering dilalui tikus. ZALORAns bisa menggunakan kapur barus dari Swallow maupun kapur barus apapun yang ada dirumahmu!

Tetapi, ZALORAns harus berhati-hati dalam penggunaan kapur barus ini sebagai pengusir tikus ya! Kenapa? Karena, kapur barus termasuk dalam golongan pestisida yang memiliki kandungan Naftalena dan Paradichlorobenzene.

Kandungan ini dapat membahayakan kesehatan jika terhirup secara berlebihan atau terus-menerus. Paparan kapur barus dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti sakit kepala, muntah, dan diare. 

Baca juga : Cara Menghilangkan Ketombe Kering Membandel, Ampuh dan Efektif!

Itulah beberapa tips cara mengusir tikus yang efektif dan mudah dilakukan. Mulai sekarang kamu bisa mulai mencobanya! Coba lihat selama beberapa hari ke depan, apakah tikus di rumahmu sudah tidak muncul lagi?

Mau cari berbagai produk home & lifestyle dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama