Inilah Bacaan Niat dan Berbuka Puasa Arafah 

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah ZALORAns sering mengamalkan amalan ibadah sunnah? Atau mungkin ZALORAns baru ingin melaksanakannya? Salah satu ibadah sunnah yang bisa ZALORAns kerjakan yaitu puasa sunnah Arafah. Satu hal wajib yang nggak boleh terlewat adalah membaca niat puasa. Selanjutnya yang paling dinantikan adalah waktu berbuka puasa.

Jangan lupa juga untuk membaca doa berbuka puasa ya! Apakah ZALORAns tahu doanya? Kalau belum atau lupa, tenang aja! Yuk simak bacaan niat puasa dan doa berbuka puasa Arafah berikut ini!

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Berbuka Puasa

Bacaan Niat Puasa Arafah

Niat puasa Arafah dibaca dengan sungguh-sungguh untuk berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah, hari Arafah. Niat ini dilakukan sebagai bagian dari ibadah puasa sunnah yang sangat dianjurkan ini. Biasanya niat puasa dibaca ketika malam hari sebelum puasa Arafah.

Namun, jika ZALORAns lupa membaca niat di malam hari. Kemudian, baru teringat saat siang hari di hari puasa Arafah, kamu boleh membaca niat saat itu juga. Selama kamu belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Berikut bacaan niat puasa Arafah yang bisa ZALORAns lafadzkan : 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَ

“Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Arafah lillâhi ta’ala”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Untuk bacaan niat puasa Arafah yang dibaca pada siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati Arafah lillâhi ta’ala”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Arafah hari ini karena Allah SWT.”

Bacaan Doa Berbuka Puasa Arafah

Sama dengan doa berbuka puasa biasa saat Ramadhan, berikut bacaan doa berbuka puasa : 

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin”

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Selain itu, ada doa buka buka puasa Arafah yang lainnya, berikut bacaannya :

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah”

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.”

Untuk menyiapkan menu sahur maupun berbuka puasa, tentunya kamu akan membuat menu makanan yang terbaik bukan? ZALORA punya beberapa rekomendasi alat masak yang bisa ZALORAns pakai untuk mempersiapkan menu sahur maupun berbuka puasa berikut ini!

Baca juga : Doa Berbuka Puasa Ramadan Beserta Artinya

Rekomendasi Alat Masak Untuk Membuat Menu Sahur dan Buka Puasa

1. Cooker King Saucepan 18cm Anti Lengket Granite Coating Starry Gray

Source: Zalora

Coating granite panci Cooker King sudah bersertifikasi ILAG coating dari Switzerland. Produk dari Cooker King ini memiliki sifat anti lengket. Dapat digunakan untuk kompor induksi, kompor gas, kompor listrik, dan keramik.

Alat masak ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti PFOA/ PTFE. Panci ini lebih ringan dibandingkan panci sejenisnya. ZALORAns bisa menggunakannya untuk memasak sayur atau makanan lainnya dengan mudah.

2. Tefal Delight Frypan 20cm

Source: Zalora

Tefal Delight Frypan memadukan masakan sehat dengan cita rasa alami, untuk berbagai makanan serbaguna yang sehat dan beraroma. Rasakan perbedaannya lapisan anti lengket biasa dengan lapisan anti lengket Mineralia+ pada wajan ini. Untuk masakan sempurna dan rendah lemak dengan mudah dimasak menggunakannya.

Dilengkapi dengan Thermo-Signal untuk pembakaran sempurna dan Thermo-Fusion untuk hasil memasak yang merata sempurna. Semua produk Tefal Delight Series dibuat dengan 100% aluminium daur ulang dan batu alami yang memiliki desain unik serta trendy.

Baca juga : Ide Menu Buka Puasa, Persiapkan List Menu Terenak!

Itulah bacaan niat dan berbuka saat puasa Arafah. Melaksanakan puasa Arafah mempunyai keutamaan yaitu dihapuskan dosanya selama 2 tahun yang telah lepas dan akan datang. Serta dibebaskan dari siksa api neraka. 

Mau cari berbagai kebutuhan alat dapur dan alat makan dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama