Doa Minum Susu 1 Muharram dan Keutamaannya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Memasuki tahun baru Islam yaitu bulan Muharram, banyak umat muslim yang senantiasa memperbanyak ibadah dan doa kepada Allah SWT ketika akan melakukan sesuatu. Salah satu amalan yang kerap dilakukan adalah minum susu putih pada 1 Muharram. Pernahkah ZALORAns mendengar atau mungkin mengamalkan amalan tersebut? 

Meminum susu putih melambangkan harapan agar permulaan tahun yang baru menjadi tahun yang bersih serta penuh kebaikan dan keberkahan. Sebelum minum susu, terdapat doa yang dapat ZALORAns lafalkan lho!

Sebelum mengetahui doa minum susu pada 1 Muharram, yuk ketahui keutamaan dan adab minum susu pada 1 Muharam berikut ini!

Baca juga : Tata Cara Sholat Istikharah Serta Panduan Doa

Keutamaan Minum Susu Pada 1 Muharam

Pada tanggal 1 Muharram yang menandai Tahun Baru Islam, ada tradisi khusus yang dilakukan oleh sebagian umat Muslim yaitu meminum susu putih. Keutamaan minum susu putih pada hari ini tidak hanya sebagai simbol kesucian dan keberkahan. Tetapi, juga sebagai bentuk doa dan harapan untuk memulai tahun baru dengan tubuh yang sehat dan jiwa yang bersih. 

Susu putih yang dikenal kaya akan nutrisi, seperti kalsium, protein, dan vitamin D, memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Termasuk memperkuat tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memberikan energi. Selain itu, tradisi ini juga membuat kita bisa menjaga kesehatan dan kebersihan diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Keutamaan dari susu juga telah disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits yang artinya sebagai berikut:

“Allah senantiasa menurunkan penyakit dengan obatnya, maka minumlah oleh kalian susu sapi, karena ia (sapi) makan dari tiap pohon,” (HR Ahmad)

Doa Minum Susu Pada 1 Muharram

Doa minum susu pada 1 Muharram bisa kamu amalkan pada sebelum maupun sesudah meminum susu. Dikutip dari buku Doa dan Zikir Harian Nabi oleh Imam Abu Wafa. Bacaan doa sebelum meminum susu yang dapat diamalkan berdasarkan riwayat Ibnu Abbas RA yang dihasankan oleh At Tirmidzi sebagai berikut:

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูููŠู’ู…ูŽุง ุฑูŽุฒูŽู‚ู’ุชูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฒูุฏู’ู†ูŽุง ู…ูู†ู’ู‡ู

โ€œAllรขhumma bรขrik lanรข fรฎmรข razaqtanรข wazidnรข minhuโ€

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di dalamnya dan tambahkan kepada kami darinya.” (HR Tirmidzi, Abu Dawud, Ahmad dan Ibnu Majah)

Menurut buku Kamus Doa oleh Luqman Junaedi, doa tersebut dibaca setelah minum susu. Berikut bacaan lengkapnya menurut buku tersebut.

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูููŠู’ู‡ูุŒ ูˆูŽุฒูุฏู’ู†ูŽุง ู…ูู†ู’ู‡ู ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุดูŽูŠู’ุกูŒ ูŠูุฌู’ุฒูุฆู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุทูŽู‘ุนูŽุงู…ู ูˆูŽุงู„ุดูŽู‘ุฑูŽุงุจู ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ุจูŽู†ู

โ€œAlllahumma barik lana fihi, wazidna minhu fa’innahu laysa shay’un yujzii minatha’ammi wasyarab ghayra alllabanโ€

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di dalamnya dan berilah tambahan (karunia) kepada kami karena tidak ada apa pun yang dapat menggantikan makanan dan minuman sekaligus selain susu.” (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Baca juga : Doa Terbebas Dari Lilitan Hutang, Amalkan Setiap Hari!

Adab Minum Susu Pada 1 Muharam

1. Niat

Rasulullah SAW mengajarkan untuk membaca niat dengan mengucapkan doa sebagai berikut:

โ€œAlhamdulillahilladzi ath ‘amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa minal muslimiinโ€

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberikan kami makan dan minum. Dan menjadikan kami orang Islam.”

2. Membaca Basmalah

Rasulullah SAW menganjurkan membaca basmalah sebelum memulai segala sesuatu, termasuk sebelum minum. Dengan membaca basmalah maka dapat menambah berkah dan sebagai doa pembuka untuk kebaikan sepanjang tahun.

3. Menggunakan Tangan Kanan

Dalam sebuah hadits dari Hafsah binti Umar r.a, disebutkan bahwa Rasulullah SAW selalu menggunakan tangan kanan untuk makan, minum, dan berpakaian. Kebiasaan ini merupakan salah satu contoh teladan yang beliau tunjukkan kepada umatnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Rasulullah SAW mengajarkan bahwa menggunakan tangan kanan adalah adab yang baik dan sunnah yang patut diikuti, karena mencerminkan kebaikan dan kemuliaan. 

4. Mengambil Nafas Tiga Kali Ketika Minum

Rasulullah SAW mengambil nafas tiga kali ketika minum. Beliau tidak menghabiskan minuman dalam sekali teguk, tetapi menyelinginya dengan mengambil napas. Hal ini untuk menjauhkan gelas dari mulut saat bernapas agar tidak mengeluarkan karbondioksida ke dalam air minum. 

5. Minum Sambil Duduk

Berdasarkan hadits menyebutkan bahwa, “Janganlah seorang diantara kalian minum dengan berdiri, apabila ia lupa, maka muntahkanlah.” Minum sambil berdiri dianggap tidak baik untuk kesehatan karena dapat mempengaruhi cara tubuh mencerna minuman dan makanan.

Saat berdiri, aliran darah dalam tubuh tidak optimal dan ini dapat mengganggu proses pencernaan serta penyerapan nutrisi. 

Selain itu, minum sambil berdiri bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada lambung dan mempercepat pengosongan cairan dari lambung ke usus. Sehingga, bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung atau sakit perut. Untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kenyamanan tubuh, disarankan untuk duduk saat minum. Serta, menghabiskan waktu yang cukup untuk benar-benar menikmati minuman tersebut.

6. Tidak Minum Secara Berlebihan

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Aโ€™raf: 31, “Makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan.” Minum secara berlebihan dapat menyebabkan overhidrasi dan gangguan fungsi otak lho! Sebaiknya, minumlah secukupnya saja. 

Baca juga : 10 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Lebih Cepat

Rekomendasi Gelas Menarik

1. ZEN Cangkir (Coffee Tea Set) Royal Lotus

Source: Zalora

Koleksi ZEN dikenal memiliki desain yang simple dan modern dengan bentuk yang elegan. Diproduksi dari bahan porcelain kualitas tinggi, menjadikan produk ini lebih kuat, serta tahan lama dengan hasil finishing yang halus dan putih bersih. Produk ini bersertifikasi SNI dan aman digunakan di microwave, dishwasher, dan freezer.

2. ZEN Cup & Saucer/ Cangkir Keramik Earth Garden Burgundy

Source: Zalora

Buat suasana ruang makan di rumah dengan klasik Earth Garden yang elegan dari ZEN Tableware! Earth Garden Series dari ZEN Tableware ini hadir dengan keunggulan yang aman digunakan di microwave dan dishwasher, serta memiliki SNI dan sertifikasi halal.

Seluruh produk juga mendapat garansi pengiriman dari ZEN Tableware lho! Cangkir yang begitu mewah ini akan membuat suasana minum teh menjadi lebih menyenangkan!

3. Luminarc Gelas Cangkir Nordic Mug

Source: Zalora

Desain gelas cantik, unik, dan eksklusif ini terbuat dari material gelas yang jernih dan berkualitas. Dengan desain yang simple, gelas ini dibuat tanpa berpori, sehingga mudah dibersihkan. Aman dicuci menggunakan dishwasher. ZALORAns dapat menggunakannya sebagai gelas minum sehari-hari, baik untuk mineral water, teh, kopi, susu, jus, dan lain-lain. Daya tahan suhunya hingga 130oC atau 3x lebih tahan panas daripada gelas biasa.ย 

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Terjemahan, dan Tata Caranya

Nah, itulah keutamaan, bacaan doa, dan adab minum susu pada 1 Muharam yang bisa ZALORAns amalkan.

Mau cari berbagai kebutuhan alat dapur dan alat makan dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama