Doa Berbuka Puasa Ramadan Beserta Artinya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Bulan Ramadan sudah di depan mata! Ini saatnya umat Muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Apakah ZALORAns udah mempersiapkan diri baik dari segi mental dan fisik dalam menghadapi bulan puasa? Ada satu hal penting yang nggak boleh ketinggalan nih yaitu bacaan doa saat berbuka puasa.

Waktu berbuka tentu sangat dinantikan oleh semua orang karena melepas lapar dan dahaga. Tapi pastikan ZALORAns sudah hafal doa berbuka puasa ya! Kalauย  ZALORAns lupa, yuk ingat lagi dengan melihat bacaan doa berbuka puasa berikut ini!ย 

Baca juga : Ide Menu Buka Puasa, Persiapkan List Menu Terenak!

Bacaan Doa Berbuka Puasa

Doa berbuka puasa adalah ungkapan syukur kepada Allah atas nikmatnya yang diberikan kepada kita yang menjalankan ibadah puasa. 

1. Doa Berbuka Puasa Menurut HR Bukhari dan Muslim

Doa berbuka puasa yang sering digunakan ini diriwayatkan oleh Abu Dawud. Syaikh Nasiruddin Al-Albani dalam Misykatul Mashabih menilainya hasan. Tetapi dalam Shahih wa Dhaif Al Jamiโ€™u Ash Shaghir dan kitab-kitab lainnya menyebut doa ini dhaif. Berikut bacaan doa berbuka puasa menurut HR Bukhari dan Muslim : 

ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ู„ูŽูƒูŽ ุตูู…ู’ุชู ูˆูŽุจููƒูŽ ุขู…ูŽู†ู’ุชู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูุฒู’ู‚ููƒูŽ ุฃูŽูู’ุทูŽุฑู’ุชู ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ูŠูŽุง ุงูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุญูู…ููŠู’ู†ูŽ

Arab latin: Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Doa ini mengandung rasa syukur atas nikmat berpuasa dan harapan akan diterimanya amal ibadah tersebut oleh Allah. 

2. Doa berbuka puasa menurut HR Abu Daud

Doa yang diriwayatkan Abu Dawud dan Daruquthni ini dapat dikatakan sahih, meskipun jarang digunakan oleh umat Muslim Indonesia. Dalam Fiqih Sunnah, Syaikh Sayyid Sabiq menegaskan keshahihan doa ini. Selain itu, Syaikh Yusuf Qardhawi dalam Fiqih Puasa juga mencantumkan doa ini sebagai doa yang shahih dari Rasulullah SAW. Berikut bacaan doa berbuka puasa menurut HR Abu Daud

ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงู„ุธูŽู‘ู…ูŽุฃู ูˆูŽุงุจู’ุชูŽู„ูŽู‘ุชู ุงู„ู’ุนูุฑููˆู‚ูุŒ ูˆูŽุซูŽุจูŽุชูŽ ุงู„ุฃูŽุฌู’ุฑู ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‡ู

Arab latin: Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”

Saat Berbuka Puasa ZALORAns bisa makan atau minum sesuatu yang manis. Berikut ada beberapa rekomendasi minuman pembuka puasa yang bisa kamu konsumsi saat baru berbuka puasa!

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Berbuka Puasa

Rekomendasi Minuman Pembuka Puasa Sehat Menyegarkan

1. Orange Green Tea by House of Organix

Source: Zalora

Perpaduan teh hijau dengan jeruk membuat teh ini beraroma wangi segar dan enak. Selain itu teh ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dan mengandung beberapa nutrisi. Seperti energi, protein, magnesium, kalium, dan kafein. Kamu harus tahu manfaat teh hijau dan jeruk kering!

Apa tuh? Manfaat teh hijau adalah untuk mengobati insomnia, menurunkan berat badan dan kolesterol, memelihara kesehatan kulit dan antioksidan. Sedangkan manfaat jeruk kering yang kaya vitamin C ini adalah untuk menurunkan kolesterol, mencerahkan kulit, dan sebagai detox.

2. Teh Celup Premium Kesehatan Daun Kersen โ€œKerrsโ€

Source: Zalora

Teh ini terbuat dari daun kersen yang sudah terkenal manfaatnya untuk kesehatan. Diolah secara alami dari daun kersen pilihan. Manfaat daun kersen adalah untuk mengontrol kadar kolesterol dan gula darah, anti kanker, anti bakteri, dan anti peradangan.

Selain itu, manfaat lainnya yaitu untuk mencegah tekanan darah tinggi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Teh ini bisa menjadi minuman pembuka saat berbuka puasa.

Baca juga : Cara Membuka Koper yang Terkunci, Mudah dan Cepat!

Setelah mengetahui doa berbuka puasa, jangan lupa menerapkannya saat berbuka puasa ya! Berbukalah dengan yang manis!

Mau cari berbagai makanan dan minuman gourmet dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama