Daftar Persiapan Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Simak!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Pernikahan adalah momen yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak pasangan. Sebuah acara sekali seumur hidup yang diimpikan untuk berjalan dengan sempurna. Agar hari bahagia ini berlangsung lancar dan penuh kebahagiaan, persiapan yang matang menjadi kunci utama. 

Tak hanya soal detail persiapan yang terlihat saja, tetapi juga kesiapan mental untuk menjalani perjalanan baru dalam hidup. Dengan perencanaan yang tepat, pernikahan bukan hanya menjadi momen yang indah dikenang. Tetapi juga menghadirkan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Buat kamu calon pengantin, sudahkah kamu tahu apa saja yang harus kamu persiapkan menuju hari pernikahan? Jangan khawatir! ZALORA sudah menyiapkan beberapa daftar persiapan pernikahan yang perlu kamu ketahui sebagai calon pengantin berikut ini!

Baca juga : Persyaratan Nikah 2024 di KUA : Syarat, Cara Daftar, dan Biaya Nikah

Daftar Persiapan Pernikahan

1. Konsep Pernikahan

Menentukan konsep pernikahan impian bersama pasangan dan keluarga menjadi langkah awal yang penting bagi calon pengantin. Coba duduk bareng sama pasangan, ngobrolin mau pilih tema yang kayak gimana untuk pernikahanmu. Entah itu tradisional, modern, atau mungkin konsep outdoor yang santai tapi tetap elegan. 

Mengetahui jumlah tamu undangan juga bisa menjadi patokan penentu apakah kamu akan menggunakan konsep wedding indoor atau outdoor. Pastikan konsepnya sesuai sama gaya kalian berdua. Bikin mood board biar lebih gampang visualisasinya, mulai dari dekorasi, warna, sampai detail kecil lainnya.

Kalau konsepnya sudah jelas, nanti pilih-pilih dekorasi, baju pengantin, dan lainnya jadi lebih mudah deh!

2. Anggaran Pernikahan

Kalau sudah ada konsep pernikahan yang kamu inginkan, berikutnya tentukan anggaran pernikahanmu. Anggaran ini bakal jadi panduan untuk semua keputusan, mulai dari menentukan venue, catering, dekorasi, sampai busana pernikahan. Diskusikan dulu sama pasangan dan keluarga, biar tahu budget yang pas dan nggak memberatkan. 

Setelah itu, bagi-bagi deh alokasi dana untuk setiap keperluan, seperti tempat, makanan, baju, dokumentasi, dan souvenir. Jangan lupa juga siapin dana cadangan buat hal-hal yang tak terduga. 

3. Pilih Vendor Pernikahan

Memilih vendor pernikahan yang tepat dapat membantu mewujudkan wedding dream kamu dan agar hari bahagiamu berjalan lancar. Mulai dengan menyusun daftar vendor yang sesuai sama budget dan kebutuhanmu. Cek portofolio dan review mereka, baik itu fotografer, catering, dekorasi, atau wedding planner.

Diskusikan juga gaya dan tema pernikahan yang kamu mau, supaya mereka paham apa yang kamu harapkan. Ajak mereka ngobrol langsung atau adakan sesi konsultasi biar kamu bisa ngerasain apakah cocok atau tidak. 

Kalau ZALORAns merasa butuh bantuan untuk menghandle semua printilan pernikahanmu, maka jangan segan-segan untuk mempekerjakan wedding planner atau wedding organizer. Karena WO akan membantu meringankan bebanmu dalam mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan.

WO akan membantu mengkoordinasikan segala keperluan antar vendor, sehingga ZALORAns nggak perlu pusing dan ribet deh!

4. Pilih Busana Pengantin, Hair Stylish atau Hair Do, dan Makeup Artist

Source: Pinterest

Berikutnya yang nggak kalah penting untuk dipersiapkan adalah busana pengantin, hair stylish, dan makeup artist atau MUA. Bagi cewek, tiga hal ini menjadi sesuatu yang cukup krusial dan mempengaruhi mood saat acara. Tentunya ZALORAns ingin tampil cantik dan tampan di hari spesialmu bukan? 

ZALORAns bisa memilih busana pernikahan sesuai dengan tema dan warna tema pernikahan. Pilih busana yang nyaman, karena kamu akan mengenakannya dalam waktu lama selama acara berlangsung. Setelah itu, pilih MUA dan hair stylist yang bisa mewujudkan makeup look impianmu. Kalau kamu mengenakan hijab, pilih hijab do yang sesuai dengan gaya ternyamanmu. 

ZALORAns bisa mencari tahu portofolio mereka terlebih dahulu sebelum menentukan pilihanmu. Jangan lupa, lakukan fitting busana pernikahan dan percobaan makeup agar sesuai dengan keinginanmu.

Kalau ZALORAns memutuskan untuk makeup sendiri it’s okay lho! ZALORAns bisa memakai produk-produk makeup unggulan dan terbaik dari berbagai brand yang bisa kamu dapatkan hanya di ZALORA!

Banyak produk makeup yang menjadi andalan para MUA yang bisa kamu temukan di ZALORA!

Source: ZALORA

Seperti Make Up For Ever HD Skin All-In-One Palette! Dengan palet yang praktis ini, ZALORAns dapat menyatukan, mengoreksi, menutupi, mewarnai, mengkontur, dan mencerahkan kulitmu. Coveragenya yang ringan dan dapat dibentuk, serta hasil akhir yang natural dan berseri membuat kulit tampak merata dan lembut lebih mudah dari sebelumnya. 

Dilengkapi dengan 12 warna lengkap yang multifungsi untuk menciptakan riasan yang perfect! Dalam palet wajah ini, ZALORAns akan menemukan 3 warna cream foundation, 4 warna concealer dan korektor, 2 warna perona pipi, 2 warna kontur, dan 1 warna highlight.

5. Tema Dekorasi Pernikahan

Source: Pinterest

Karena kamu telah menentukan tema pernikahan di awal tadi, selanjutnya untuk dekorasi sesuaikan juga dengan temamu! Dekorasi seperti apa yang kira-kira cocok dengan seleramu, mau yang klasik elegan, rustic, bohemian, atau yang modern minimalis?

Setelah itu, pilihlah palet warna, bunga, dan dekorasi yang mendukung tema tersebut. Misalnya, kalau pilih tema klasik, bisa pakai warna emas dan perak dengan bunga mawar putih. Kalau lebih suka bohemian, mungkin warna-warna cerah dan bunga liar bakal cocok.

Jangan lupa juga untuk pertimbangkan tempat pernikahan dan anggaran supaya semua berjalan sesuai rencana. 

Baca juga : Rekomendasi Model Gaun Bridesmaid Satin Hijab

6. Undangan Pernikahan

Source: Pinterest

Setelah menentukan siapa saja yang bakal kamu undang dalam pernikahanmu, persiapan pernikahan berikutnya pilih desain undangan yang cocok dengan tema pernikahanmu. Pastikan semua informasi penting ada di undangan, seperti alamat, waktu, dan detail lain supaya tamu-tamu bisa memahaminya. 

7. Playlist Musik

Tentunya ZALORAns ingin suasana pernikahanmu asik bukan? Tentukan playlist musik yang mau kamu dengarkan ketika acara weddingmu! Lagunya bisa bikin suasana jadi lebih seru dan bikin momen-momen penting jadi makin berkesan.

Mulai aja dengan mikirin genre musik yang sesuai seleramu. 

8. Menu Makanan

Source: Pinterest

Hal yang penting berikutnya adalah menu makanan yang akan kamu suguhkan kepada para tamu dan keluarga besar. Cobalah untuk memilih hidangan yang sesuai dengan selera pasangan, keluarga, dan tamu.

Menu utama yang bisa berupa steak, seafood, nasi, atau pilihan vegetarian, semua harus dipikirkan dengan baik. Jangan lupa dessert, seperti kue dan ice cream. Pastikan semuanya disajikan dengan enak, sehingga tamu bisa menikmati dengan puas.

9. Souvenir Tamu

Source: Pinterest

Terakhir, jangan lupa untuk mempersiapkan souvenir untuk para tamu ya! Souvenir yang dipilih bakal jadi kenang-kenangan bagi para tamu. Tentukan anggaran dan jumlah tamu yang diundang. Pilih souvenir yang praktis dan sesuai dengan tema pernikahan.

Misalnya, lilin aromaterapi atau botol air minum dengan desain simple bisa jadi pilihan. Jangan lupa tambahin sentuhan personal, seperti label dengan nama kalian dan tanggal pernikahan.

Baca juga : Perbedaan Tunangan dan Lamaran, Nggak Sama Lho!

Itulah beberapa persiapan pernikahan yang perlu kamu siapkan sebagai calon pengantin. Semoga acara spesial ini akan berjalan lancar dan tak terlupakan ya!

Mau cari berbagai produk make up terbaik yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama