Daftar Oleh-Oleh Khas Jakarta Wajib Coba!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Jika ZALORAns berkunjung ke suatu daerah, tidak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh khas yang menjadi ciri khasnya. Misalnya saja kamu jalan-jalan ke Jakarta, tentunya ZALORAns ingin membelikan oleh-oleh untuk orang terkasih bukan? 

Kira-kira apa nih yang akan kamu beli ketika berkunjung ke Jakarta? Masih bingung ya? ZALORA punya beberapa pilihan oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kamu beli nih! Yuk, intip rekomendasi oleh-oleh menarik dari Jakarta berikut ini!

Baca juga : Kenali Jenis Pakaian Adat DKI Jakarta

Pilihan Oleh-Oleh Khas Jakarta

1. Dodol Betawi

Source: Pinterest

Pilihan oleh-oleh pertama ada dodol Betawi nih! Dodol Betawi adalah salah satu oleh-oleh khas Jakarta yang sangat terkenal dan melegenda. Terbuat dari campuran ketan, santan, dan gula merah. Dodol Betawi memiliki tekstur kenyal dan manis. 

Dodol Betawi biasanya dihidangkan dalam acara-acara penting seperti pernikahan, lebaran, dan pesta rakyat. Jajanan ini cocok banget buat oleh-oleh keluarga di rumah!

2. Roti Buaya

Source: Pinterest

Bentuk dari roti buaya ini begitu unik menyerupai buaya, menjadikan roti ini terlihat menarik. Roti buaya melambangkan harapan akan rumah tangga yang kokoh dan panjang umur. Biasanya, roti buaya dibawa sebagai seserahan, karena melambangkan kesetiaan.

Menurut masyarakat Betawi, buaya setia terhadap pasangannya dan hanya kawin sekali seumur hidup. Sehingga, melambangkan makna pernikahan itu sendiri.

3. Kue Kembang Goyang

Source: Pinterest

Berikutnya ada jajanan unik lainnya nih! Kue kembang goyang dikenal juga sebagai kue kembang loyang. Memiliki bentuk menyerupai bunga dengan tekstur renyah dan rasa manis. Kue ini dibuat dari campuran tepung beras, telur, gula, dan santan.  Kue kembang goyang digoreng hingga mencapai keemasan. 

Penasaran nggak sih kenapa dinamakan “kembang goyang”? Nama “kembang goyang” sendiri berasal dari cara pembuatannya. Dimana, cetakan berbentuk bunga dicelupkan ke dalam adonan kemudian digoyang-goyangkan di dalam minyak panas. Menarik bukan?

Baca juga : Syarat Visa Korea Selatan untuk Jelajahi Negeri Gingseng

4. Bir Pletok

Source: Pinterest

Eits, jangan salah! Meskipun namanya “bir”, namun minuman ini tidak memabukkan kok! Bir pletok terbuat dari campuran berbagai rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan daun pandan. Bir pletok memiliki rasa yang hangat dan kaya akan aroma rempah. 

Dari kandungan didalamnya tersebut, tak heran jika minuman ini dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menghangatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan. Selain itu, bir pletok juga tidak mengandung alkohol, sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Sebagai oleh-oleh, bir pletok biasanya dikemas dalam botol atau kemasan modern yang praktis.

5. Kebaya Encim

Source: Zalora

Kalau ZALORAns mencari oleh-oleh yang unik dari Jakarta selain makanan, kebaya encim bisa menjadi pilihan sempurna. Kebaya encim adalah busana tradisional Betawi yang elegan dan memesona.

Dikenal dengan coraknya yang khas dan detail bordirannya yang indah, kebaya encim bisa jadi oleh-oleh dari Jakarta yang menarik!

6. Batik Betawi

Source: Pinterest

Selain kebaya, ZALORAns juga bisa lho membelikan oleh-oleh batik khas Betawi! Batik Betawi merupakan warisan budaya yang memiliki motif-motif yang mencerminkan kekayaan budaya masyarakat Betawi. Dengan kombinasi simbol-simbol tradisional dan motif geometris yang elegan.

Motif batik Betawi memiliki ciri yang menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Betawi, seperti pertunjukan tari Topeng Betawi dan permainan tradisional seperti Congklak. Serta, pemandangan khas Jakarta yang kental dengan nuansa urban. 

Baca juga : Rekomendasi Obat Kolesterol di Apotik, Ampuh dan Murah!

7. Jakarta Cheese Factory

Source: Pinterest

Jakarta Cheese Factory adalah tempat yang sempurna untuk mencari oleh-oleh khas dari Jakarta. Terletak di pusat kota yang ramai, pabrik keju ini menawarkan berbagai macam keju dengan cita rasa otentik yang memikat. Mulai dari keju tradisional hingga inovasi modern, setiap produk dijamin fresh, enak, dan berkualitas. 

Selain keju, Jakarta Cheese Factory juga menawarkan pilihan paket oleh-oleh yang menarik dan cocok untuk dibawa pulang atau sebagai hadiah kepada keluarga dan teman. Kunjungi Jakarta Cheese Factory untuk pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan nikmati kelezatan keju khas Indonesia yang tak terlupakan!

8. Miniatur Monas

Source: Pinterest

Kalau ZALORAns pergi ke tempat-tempat wisata di Jakarta atau ke Monas, kamu akan banyak menemukan miniatur monas yang dijual disana. Baik miniatur sebagai pajangan maupun gantungan kunci. Monas yang menjadi ikon kota Jakarta ini memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi destinasi wajib ketika kamu menginjakkan kaki di Jakarta.

Jadi, sebagai kenang-kenangan atau cinderamata, ZALORAns bisa memilih miniatur Monas ini sebagai oleh-oleh menarik!

9. Kue Ape

Source: Pinterest

Salah satu oleh-oleh khas Jakarta yang sangat terkenal adalah kue ape. Kue ape adalah jajanan tradisional berbentuk bulat dan pipih, terbuat dari campuran tepung terigu, gula merah, santan, dan potongan pisang. Proses pembuatannya dengan dipanggang di atas wajan khusus yang berlubang-lubang. Sehingga, kue ini memiliki tekstur yang lembut di dalam dengan lapisan renyah di luar. 

Rasanya manis gurih dengan aroma harum dari santan dan gula merah yang sangat menggugah selera. Kue ape sering dijadikan pilihan sebagai oleh-oleh karena kelezatannya yang khas dan dapat bertahan cukup lama dalam kondisi tertutup rapat. 

10. Asinan Betawi

Source: Pinterest

Selanjutnya, ada asinan Betawi yang tidak boleh dilewatkan oleh kamu yang datang ke Jakarta! Terbuat dari berbagai jenis buah-buahan segar, seperti mangga muda, nanas, bengkuang, dan mentimun yang dipotong-potong dan direndam dalam larutan air gula yang asam dan pedas.

Serta, diberi taburan kacang tanah goreng dan kerupuk. Rasa segar dan gurih dari asinan ini membuatnya menjadi camilan yang sangat cocok untuk dinikmati di cuaca panas Jakarta. Dijamin ZALORAns bakal ketagihan deh!

Baca juga : Rekomendasi Makanan Thailand yang Wajib Dicoba !

Rekomendasi Penggorengan Terbaik

Source: Zalora

Oxone menawarkan padamu produk pan terbaru Oxone Deep Fry OX-30F! Dengan inovasi terbaru untuk peralatan dapurmu di rumah! Dilapisi dengan diamond coating material, sehingga memungkinkanmu untuk menggoreng dengan sedikit minyak untuk hasil matang yang sempurna. 

Dengan kekuatannya yang extra, penggorengan ini dapat memberikanmu pengalaman sempurna dalam memasak. Selain itu OXone Fri Pan juga terbuat dari bahan berkualitas lho! Sehingga, penggorengan ini dapat menghasilkan panas yang merata dan cepat. Membuat makanan yang dihasilkan pun matang merata.

Itulah beberapa pilihan oleh-oleh khas yang bisa kamu bawakan kepada orang-orang terkasih setelah mengunjungi kota Jakarta! Mulai dari makanan khas hingga pakaian menarik untuk dipilih.

Mau cari berbagai kebutuhan alat dapur dan alat makan dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama