Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Berbuka Puasa

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim akhirnya tiba! Kita akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan lamanya. Apakah ZALORAns sudah siap menyambut bulan suci ini? Sebelum itu persiapkan dirimu dengan mengetahui bacaan doa niat puasa sebelum berpuasa Ramadhan.

Selain itu, apakah ZALORAns sudah hafal bacaan doa niat dan berbuka puasa Ramadhan? Nah, yuk langsung aja simak doa niat puasa dan doa berbuka puasa di bulan Ramadhan berikut!

Agar ZALORAns semakin siap menjalankan ibadah puasa!

Baca juga : Ide Menu Buka Puasa, Persiapkan List Menu Terenak!

Waktu Membaca Niat Puasa Ramadhan

Niat berpuasa Ramadhan harus dilakukan agar puasa kita sah. Lalu, kapan niat puasa dilafadzkan? Sebaiknya, membaca niat puasa Ramadhan saat malam hari sebelum berpuasa. ZALORAns bisa membaca niat setelah shalat tarawih. Namun, ZALORAns juga boleh membaca niat berpuasa saat sahur, sebelum masuk waktu Imsak.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan

Kita harus membaca niat puasa Ramadhan sebelum berpuasa. Berikut niat puasa Ramadhan yang bisa ZALORAns baca:

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ุบูŽุฏู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽุงุกู ููŽุฑู’ุถู ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู ู‡ุฐูู‡ู ุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉู ู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œNawaitu souma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhani hadzihis sanati lillahi ta’alaโ€

Artinya: “Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta’ala.”

Menurut buku Fikih Empat Madzhab oleh Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi, kita sudah dianggap berniat berpuasa. Apabila sudah menaruh niat di dalam hati bahwa akan berpuasa Ramadhan. Namun, lebih baik untuk melafalkan niat diatas. 

Bacaan Berbuka Puasa Ramadhan

1. Doa Berbuka Puasa Menurut HR Bukhari dan Muslim

Berikut adalah doa berbuka puasa menurut HR Bukhari dan Muslim yang banyak digunakan oleh muslim di Indonesia:

ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ู„ูŽูƒูŽ ุตูู…ู’ุชู ูˆูŽุจููƒูŽ ุขู…ูŽู†ู’ุชู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูุฒู’ู‚ููƒูŽ ุฃูŽูู’ุทูŽุฑู’ุชู ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ูŠูŽุง ุงูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุญูู…ููŠู’ู†ูŽ

โ€œAllahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohiminโ€

Artinya: “Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

2. Doa berbuka puasa menurut HR Abu Daud

Dalam Fiqih Sunnah, Syaikh Sayyid Sabiq menegaskan keshahihan doa berbuka puasa yang satu ini. Meskipun jarang digunakan oleh muslim Indonesia. Begitu pula Syaikh Yusuf Qardhawi dalam Fiqih Puasa, juga mencantumkan doa ini sebagai doa yang shahih dari Rasulullah SAW.

Berikut doa berbuka puasa menurut HR Abu Daud:

ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงู„ุธูŽู‘ู…ูŽุฃู ูˆูŽุงุจู’ุชูŽู„ูŽู‘ุชู ุงู„ู’ุนูุฑููˆู‚ูุŒ ูˆูŽุซูŽุจูŽุชูŽ ุงู„ุฃูŽุฌู’ุฑู ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‡ู

โ€œDzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallahโ€

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”

Sebelum berpuasa, disunnahkan untuk sahur sebelumnya. Pastinya ZALORAns ingin menyajikan menu sahur yang enak bukan untuk keluarga? ZALORA punya beberapa rekomendasi alat masak yang bisa ZALORAns pakai untuk membuat hidangan terenak saat sahur.

Yuk, intip rekomendasinya berikut ini!

Baca juga : Cara Membuka Koper yang Terkunci, Mudah dan Cepat!

Rekomendasi Alat Masak untuk Persiapan Sahur

1. UCHII Premium Tamaki Stainless Pan

Source: Zalora

Wajan Penggorengan UCHII Tamaki bisa membuat hasil masakan matang secara merata dan sehat, tanpa memerlukan minyak berlebihan. Wajan ini juga dilengkapi dengan anti lengket. Permukaan ini memungkinkan distribusi panas dan minyak yang merata.

Sehingga, ZALORAns dapat memasak makanan hanya dengan sedikit minyak. Kini, apakah ZALORAns siap meninggalkan dapur berminyak dan mulai memasak makanan sehat dan lezat?

2. Asta Panci D’lima 10pcs set

Source: Zalora

Satu set panci susun dari Asta Homeware ini terbuat dari material stainless steel anti karat. Hadir dalam 5 ukuran, yaitu 16. 18. 20. 22. dan 24 cm lengkap dengan tutup kaca. Dengan satu set panci ini, ZALORAns sudah bisa membuat berbagai masakan enak untuk sahur.

Modelnya baru dan tersedia dalam dua warna cantik yaitu merah maroon dan turquoise. Karena warnanya yang cantik, membuat dapurmu tampak lebih aesthetic dan menarik. Panci susun lima ini juga bisa diberikan sebagai hadiah bagi teman, saudara, keluarga, atau sebagai souvenir!

Baca juga : Inspirasi Outfit Lebaran untuk Hari Raya Ceria

Itulah niat dan doa berbuka puasa Ramadhan yang bisa ZALORAns lafadzkan sebelum berpuasa nanti. Karena sebentar lagi sudah bulan Ramadhan, jangan lupa untuk meningkatkan kualitas ibadahmu!ย 

Mau cari berbagai kebutuhan alat dapur dan alat makan dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama