10 Ide Lomba 17 Agustus, Dijamin Seru dan Menantang!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Tidak lama lagi, Indonesia akan menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 78. Selain mengenang perjuangan para pahlawan, momen ini juga jadi ajang seru-seruan lewat berbagai lomba. Lomba 17 Agustus sudah jadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari perayaan kemerdekaan kita.

Dari anak-anak sampai orang dewasa, semua antusias ikut berbagai lomba, mulai dari yang klasik seperti balap karung hingga yang lebih modern dan kreatif. Selain menyenangkan, lomba-lomba ini juga jadi sarana untuk mempererat kebersamaan dan persatuan antar sesama.

Mungkin, ZALORAns yang sedang melihat artikel ini dimintai tolong untuk menyusun rangkaian acara, khususnya disuruh mencari ide lomba 17 Agustus yang anti mainstream, betul? Jika iya, tanpa perlu basa-basi, berikut ada beberapa ide lomba 17 Agustus yang wajib untuk diikuti.

Baca juga : 5 Ide Hadiah Lomba yang Bermanfaat dan Berkesan

Sejarah dan Makna Singkat Lomba 17 Agustus

Setiap perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus, lomba-lomba menjadi bagian yang paling dinantikan oleh banyak orang. Tapi tahukah ZALORAns bagaimana sejarah dan makna dari lomba-lomba ini? Yuk, kita simak!

Sejarah Lomba 17 Agustus

Lomba-lomba 17 Agustus sebenarnya mulai populer setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945. Setelah bertahun-tahun dijajah, masyarakat Indonesia akhirnya bisa merasakan kebebasan. Lomba-lomba ini menjadi salah satu cara untuk merayakan kemerdekaan dengan penuh suka cita.

Awalnya, lomba-lomba yang diadakan cukup sederhana dan dilakukan di kampung-kampung. Seiring berjalannya waktu, lomba-lomba ini menjadi tradisi tahunan yang meriah dan digelar di berbagai tempat, mulai dari desa hingga kota besar. Tujuannya adalah untuk merayakan kemerdekaan dengan penuh kegembiraan dan kebersamaan.

Ada banyak makna yang terkandung di dalam perlombaan 17 Agustus ini, seperti mengingatkan kita pada perjuangan para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia, menjadi ajang untuk mempererat kebersamaan dan persatuan di antara warga, hingga mengajarkan semangat kompetisi yang sehat.

Maka tak heran, saat perayaan lomba 17 Agustus rasa kekeluargaan dan kebahagiaan bercampur menjadi satu, menciptakan suasana yang harmoni dan juga hangat. 

10 Ide Lomba 17 Agustus Anti-Mainstream

Ada beberapa lomba 17 Agustus yang dilakukan secara mandiri atau seorang diri, namun ada juga lomba yang dilakukan secara bersamaan alias berkelompok. Tentu saja, baik seorang diri atau berkelompok sama-sama menyenangkan. Berikut beberapa ide lomba 17 Agustus anti mainstream yang mungkin bisa diaplikasi.

1. Musical Chairs

Source : Kemenag Sulsel

Lomba yang pertama ini cukup sederhana, tapi tetap menyenangkan. Pertama-tama kamu sebagai penyelenggara acara atau MC wajib memberikan instruksi untuk membuat grup. Kalau kamu pekerja kantoran, akan lebih seru jika masing-masing departemen atau divisi mengirimkan perwakilan untuk mengikuti game ini.

Kemudian, siapkan beberapa kursi. Adapun jumlah kursi harus lebih sedikit daripada partisipan. Tujuannya adalah untuk mengeliminasi beberapa orang yang tidak kebagian tempat duduk. 

Setelahnya, musik akan dihidupkan, dan para pemain wajib untuk mengelilingi kursi yang berada di tengah mereka. Saat musik berhenti, partisipan wajib untuk duduk di atas kursi. Bagi para pemain yang tidak kebagian tempat duduk akan tereliminasi. Kemudian, kurangi satu tempat duduk dan begitu seterusnya hingga menemukan juara.

2. Memory Chains 

Bagaimana kalau kita menguji daya ingat? Ini akan lebih seru jika dimainkan oleh banyak orang atau minimal 5 orang ke atas.  Sesuai dengan namanya, Memory Chains ini akan melatih daya ingat individu. Lalu bagaimana cara bermainnya? 

Penyelenggara acara wajib memberikan tema, contohnya “benda-benda di kantor”. Setelah tema dibacakan, orang pertama wajib mengatakan “benda-benda di kantor ada stepler” misalkan. Kemudian, orang kedua wajib juga mengatakan “benda-benda di kantor ada stepler, ada mesin fotocopy”. Kemudian, orang ketiga dan seterusnya mengucapkan hal yang sama, yaitu”benda-benda di kantor ada….” diikuti dengan penambahan benda. 

Orang yang kalah adalah orang yang salah dalam menyebutkan urutan benda atau berbelit-belit dalam mengucapkannya. 

3. Lomba Hula Hoop

Ini adalah game yang seru untuk melatih kekompakkan kelompok. Satu tim, terdiri dari 7 orang, kemudian mereka saling bergandengan tangan. Hula hoop dimasukkan ke orang pertama dan hula hoop itu harus berpindah ke orang selanjutnya tanpa melepaskan tangan. 

4. Lomba Makan Kerupuk Tarik Menarik

Source : Kita lulus

Lomba makan kerupuk mungkin sudah terdengar biasa saja. Tapi, bagaimana kalau tingkat kesulitannya kita naikkan? Panitia menyiapkan dua sarung yang masing-masing sarung diikatkan kepada partisipan. 

Partisipan wajib untuk saling membelakangi satu sama lain, dan di depan mereka sudah tersedia kerupuk. Kemudian, partisipan harus berusaha maju mendekati meja untuk memakan kerupuk. 

5. Makeup dengan Mata Tertutup

Bagaimana kalau kita menguji keahlian para ciwi-ciwi dalam bermakeup, tapi dengan mata yang tertutup? Adapun partisipan yang dimakeup adalah para bapak-bapak atau pria, kemudian “MUA” nya adalah para wanita. Lihat betapa cemongnya makeup yang dihasilkan. 

6. Tebak Barang dalam Kardus

Tentu saja ini akan menciptakan “kegaduhan” karena para partisipan wajib menebak objek atau barang yang ada di dalam kardus tanpa boleh melihatnya. Jadi, para partisipan hanya mengandalkan indra sentuhannya melalui telapak tangan. 

7. Bermain Futsal dengan Daster

Mari kita uji para bapak-bapak atau para pria ini dengan bermain futsal dengan menggunakan daster. Biasanya, para pria akan sedikit kewalahan, mengingat daster berukuran panjang dan akan menyulitkan para pria untuk menendang bola ke gawang lawan. 

8. Fashion Show 17 Agustus

Source : Tv One

Ini bisa jadi salah satu lomba yang dapat dilakukan di lingkungan kantor. Lomba ini dapat diikuti oleh seluruh karyawan kantor. Pemenang dari perlombaan ini adalah kostum yang terunik, menggelitik, dan juga diluar nalar. 

9. Memakai Celana Tanpa Tangan

Lomba 17 Agustus yang tak kalah seru lainnya adalah memakai celana tanpa menggunakan tangan. Nantinya, para panitia akan menyediakan masing-masing peserta 2-3 celana yang harus digunakan oleh partisipan, tapi tanpa menggunakan bantuan tangan. 

10. Estafet Memindahkan Kelereng 

Lomba 17 Agustus yang terakhir adalah estafet memindahkan kelereng. Para peserta wajib untuk memindahkan kelereng dengan hanya menggunakan sendok. Akan lebih seru jika satu kelompok terdiri dari 7 orang. 

Baca juga : 7 Ide Dekorasi 17 Agustus yang Unik dan Kreatif

Tips Sukses Mengadakan Lomba 17 Agustus 

Mengadakan lomba 17 Agustus adalah cara yang seru untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Agar acara berjalan lancar dan sukses, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips mengadakan lomba 17 Agustus yang sukses dan berkesan,

Rencanakan Jauh-Jauh Hari

Mulailah merencanakan lomba beberapa minggu sebelum tanggal 17 Agustus. Buat daftar lomba yang akan diadakan, siapkan peralatan yang dibutuhkan, dan tentukan lokasi acara

Pembentukan Panitia

Bentuk tim panitia yang terdiri dari orang-orang yang bertanggung jawab untuk berbagai aspek acara, seperti pendaftaran peserta, pengadaan peralatan, dekorasi, dan keamanan.

Keselamatan Peserta

Pastikan semua peralatan lomba aman digunakan dan tidak membahayakan peserta. Periksa kondisi peralatan sebelum acara dimulai.

Promosikan Acara

Promosikan acara melalui berbagai media, seperti poster, media sosial, dan grup WhatsApp komunitas. Pastikan informasi tentang waktu, tempat, dan jenis lomba tersebar luas.

Dekorasi dan Suasana

Hias lokasi acara dengan tema kemerdekaan, seperti bendera merah putih, poster pahlawan, dan balon-balon bertema nasional. Dekorasi yang meriah akan menambah semangat perayaan.

Dokumentasikan Acara

Dokumentasikan setiap momen acara dengan foto dan video. Hasil dokumentasi bisa dibagikan di media sosial atau digunakan sebagai kenang-kenangan.

Baca juga : 6 Ide Hiasan Tumpeng Nasi Kuning untuk Lomba

Buat kamu yang ingin melengkapi daily fashion, mulai dari atasan, bawahan, hingga aksesoris, kamu bisa melakukan pembelian di ZALORA Indonesia. Selain produk original, juga dijamin ada promo setiap harinya.