Cara Ganti Password Wifi, Gampang Tanpa Ribet!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Ganti password WiFi secara rutin itu penting banget buat jaga-jaga biar jaringan internet ZALORAns nggak diakses sembarangan orang! Lagipula, kadang kita juga suka lupa password sendiri atau mau mengatur password yang lebih simple dan mudah diingat. Prosesnya nggak ribet kok! Cuma butuh beberapa langkah sederhana dan semua bisa dilakukan dari perangkat yang terhubung ke WiFi ZALORAns!

Yuk, ikuti langkah-langkah cara mudah ini buat ganti password WiFi di rumahmu berikut ini!

Baca juga : 8 Cara Mix dan Match Topi Hitam Polos, Elegan dan Kasual!

Mengapa Perlu Ganti Password Wifi Secara Rutin?

Apakah ZALORAns sudah mengganti password wifi di rumahmu secara berkala? Mengganti password WiFi secara rutin sangat penting diperhatikan karena untuk menjaga keamanan jaringanmu. Setiap kali password diubah, risiko akses tidak sah oleh pihak yang tidak diinginkan berkurang. 

Password yang sama dalam jangka waktu lama dapat lebih mudah ditebak atau dibobol oleh peretas, terutama jika pernah dibocorkan. Selain itu, mengganti password secara berkala membantu memastikan hanya perangkat dan pengguna yang diizinkan saja yang bisa terhubung. Sehingga, menjaga kecepatan dan performa jaringan tetap optimal. Kalau ZALORAns mengubah password Wifi secara rutin juga dapat melindungi data pribadi dan informasi sensitif dari potensi ancaman siber.

Langkah Cara Ganti Password Wifi

1. Akses Halaman Pengaturan Router

Langkah pertama untuk mengganti password WiFi yang perlu kamu lakukan adalah terhubung ke router atau jaringan WiFi. Bukalah browser web di perangkatmu dan ketikkan alamat IP default router kamu di bilah alamat, misalnya 192.168.0.1 atau 192.168.1.1. Maka, halaman login router akan tertampilkan.

2. Login ke Router

Setelah masuk ke bagian halaman login router, masukkan nama pengguna dan password administrator. Jika ZALORAns belum mengubah informasi ini sebelumnya, ZALORAns akan menemukan nama pengguna dan password default pada perangkat router.

Bisa juga pada dokumentasi yang disertakan. Apabila ZALORAns sudah mengubah nama pengguna dan password administrator sebelumnya, gunakan informasi tersebut untuk masuk ke halaman pengaturan router.

3. Navigasi ke Pengaturan Keamanan Wireless

Setelah login ke router, cari dan navigasikan ke pengaturan keamanan wireless. Posisi pengaturan ini tergantung pada merek dan model router yang kamu gunakan. ZALORAns dapat menemukan pengaturan keamanan wireless pada bagian seperti “Wireless Settings”, “Wireless Security” atau “Security”.

4. Ubah Password Wi-Fi

Di pengaturan keamanan wireless, ubahlah password WiFi pada bagian “Password”, “Wireless Password”, atau “Network Key”. Masukkan password baru yang kuat sesuai keinginanmu. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol untuk membuat password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain agar keamanannya lebih terjaga.

Namun, demikian tetap perhatikan password yang mudah diingat, meskipun sulit ditebak. Sebaiknya, jangan gunakan data pribadi untuk dijadikan sebagai password Wifi, seperti nama, tanggal lahir, atau alamat.

5. Simpan dan Terapkan Perubahan

Simpan perubahan password Wifi yang sudah ZALORAns buat, karena ada beberapa router yang mengharuskanmu untuk mengklik tombol “Apply” atau “Save” terlebih dahulu agar perubahan data tersimpan. Namun, ada juga yang otomatis dapat menyimpan perubahan data.

Baca juga : 10 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Lebih Cepat


Rekomendasi Speaker Audio Terbaik

1. Nakamichi NBS-210 Portable Wireless Speaker Audio Bluetooth

Source: Zalora

Portable ini dapat melengkapi meja kamar atau meja kerjamu! Naikkan produktivitasmu sambil mendengarkan musik dari playlist favorit! Speaker ini dilengkapi dengan bass yang super kuat yang dapat membuat pengalaman bermusik ZALORAns lebih mengesankan, coba dan rasakan sendiri pengalamannya!

Angkat speaker kemanapun dengan nyaman menggunakan tali gantung yang menempel pada speaker ini. Sehingga, memudahkanmu membawanya dimanapun. Fitur TWS (True Wireless Stereo) pada speaker ini memungkinkan ZALORAns untuk menghubungkan dua unit speaker secara nirkabel. Nikmati suara stereo yang lebih luas dan lebih mendalam dari dua speaker yang saling terhubung. Memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih baik di setiap sudut ruangan.

Speaker ini memiliki waktu pemutaran hingga 2.5 jam secara kontinyu dengan sekali pengecasan selama kurang lebih 2 jam lho! Selain itu, juga dilengkapi dengan port USB type C, pengisian daya menjadi lebih efisien, praktis dan nyaman. Speaker ini juga dapat diputar menggunakan AUX input untuk perangkat audio seperti koneksi ke MP3 Player dan TF Card slot dengan support hingga 32GB.

Apakah ZALORAns suka mendengarkan radio? ZALORAns bisa tetap terkoneksi dengan sekitarmu dengan mendengarkan siaran radio favoritmu!

2. SONY SRS-XB100 Orange Portable Wireless Speaker

Source: Zalora

Bersiaplah untuk suara yang kuat dan jernih dari speaker yang ringkas dari Sony! Speaker XB100 adalah semua yang ZALORAns butuhkan untuk pengalaman mendengarkan musik terbaik. Kualitas speaker ini tahan lama, memiliki banyak baterai, dan sempurna untuk didengarkan di rumah atau saat bepergian dengan teman-teman. Speaker ini adalah perangkat serbaguna yang sempurna untuk mendengarkan musik apapun yang kamu suka.

Musik adalah soundtrack kehidupan kita dan ZALORAns dapat menikmati musik di manapun kamu berada dengan suara yang kuat dan jernih. Speaker ini juga dilengkapi dengan tali yang membuatnya sempurna untuk dibawa-bawa atau digantung di tempat tidurmu.

Selain mendengarkan musik, ZALORAns juga dapat menggunakannya untuk menerima dan melakukan panggilan telepon. Selain itu, ZALORAns dapat menyambungkannya dengan Bluetooth untuk suara stereo.

3. Nakamichi NBS-350 Portable Wireless Speaker Audio Bluetooth RGB

Source: Zalora

Dengan NBS-350 Portable Speaker, ZALORAns bisa merayakan acara apapun menggunakan speaker ini, dimanapun dan dalam situasi apapun! Dilengkapi dengan lampu RGB di bagian atas speaker, sehingga menambahkan sentuhan visual yang memukau saat ZALORAns mendengarkan musik favoritmu. Selain itu, juga dilengkapi dengan bass yang super kuat yang membuat pengalaman bermusik kamu lebih mengesankan! 

Siapa nih yang hobi bernyanyi? Speaker ini sudah dilengkapi dengan port untuk memudahkanmu bernyanyi dan bermain gitar secara langsung tanpa perlu perangkat tambahan lho! Dirancang khusus untuk mengatur mic volume, menyesuaikan treble dan bass, memilih sumber audio, dan mengaktifkan fitur-fitur tambahan. Seperti, mode TWS, mode radio FM, atau mode lampu RGB.

Baca juga : Rekomendasi Air Fryer Low Watt, Hemat Listrik!

Nah, itulah beberapa cara mudah ganti password wifi yang bisa ZALORAns lakukan dan alasan mengapa perlu mengganti password wifi secara berkala. Nikmati berkelana di internet dengan mudah dan aman tentunya!

Mau cari berbagai produk elektronik dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama