Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Sakit gigi memang sangat tidak nyaman, terjadi ketika saraf di dalam gigi teriritasi atau terpapar. Rasa sakit gigi bisa bervariasi dari rasa nyeri ringan hingga nyeri yang hebat, dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gigi berlubang, infeksi gigi, gigi sensitif, atau masalah gusi. 

Sakit gigi juga dapat disertai dengan gejala tambahan, seperti bengkak atau peradangan di sekitar gigi yang terkena. Kondisi ini memengaruhi kemampuan seseorang untuk makan, minum, dan bahkan berbicara dengan nyaman. Oleh karena itu, penting untuk segera mencari perawatan dan solusi tepat ketika mengalami sakit gigi, agar dapat mengatasi rasa tidak nyaman dan mencegah masalah yang lebih serius.

Oleh karena itu, yuk simak beberapa cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit!

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

1. Berkumur dengan Air Garam

Source: Pinterest

Menghilangkan sakit gigi dengan berkumur air garam merupakan salah satu cara mudah yang telah digunakan secara luas untuk meredakan rasa sakit dan gejala infeksi pada gigi dan gusi. Air garam sebagai antiseptik alami yang dapat membantu membersihkan area mulut dan mengurangi peradangan. 

Ketika seseorang berkumur air garam dengan air yang hangat, ini dapat membantu mengurangi rasa sakit, membantu menghilangkan bakteri penyebab infeksi, serta mengurangi pembengkakan pada gusi. 

Baca juga : Jenis Style Perm Rambut untuk Hasil Gelombang yang Menawan

2. Bawang Putih

Source: Pinterest

Bawang putih mengandung sifat antimikroba dan anti inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Kamu bisa mengunyah bawang putih mentah atau menempelkannya langsung pada gigi yang sakit untuk meredakan sakit gigi.

Namun, karena bawang putih memiliki bau dan rasa yang sangat kuat, dan kontak langsung dengan gigi atau gusi dapat menyebabkan iritasi. Penggunaan bawang putih harus dilakukan dengan hati-hati dan jika rasa sakit gigi tidak berkurang atau bahkan bertambah buruk, sebaiknya segera berkonsultasi dengan seorang dokter gigi. 

3. Daun Jambu Biji Merah

Source: Pinterest

Daun jambu biji biasanya sering dijadikan sebagai obat herbal tradisional. Daun jambu biji merah dikenal mengandung senyawa anti inflamasi dan peradangan yang dapat membantu meredakan rasa sakit gigi dan mengurangi peradangan yang terjadi akibat gigi yang bermasalah. 

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengunyah atau meremas daun jambu biji merah yang segar, kemudian menempelkannya pada area gigi yang terasa sakit. Senyawa alami dalam daun jambu biji merah dapat memberikan rasa lega dan mengurangi rasa sakit. 

Baca juga : Model Tas Rajut Kekinian, Simple dan Unik

4. Cengkih

Source: Pinterest

Cengkih mengandung senyawa eugenol, yang dikenal memiliki sifat analgesik (penghilang rasa sakit) dan antiseptik. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan sepotong cengkih pada gigi yang sakit atau area yang terasa nyeri. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cengkih dalam bentuk minyak cengkih dan ditempelkan pada gigi yang sakit. 

5. Melakukan Kompres

Source: Pinterest

Mengompres es batu adalah metode sederhana namun efektif untuk meredakan sakit gigi. Es batu membantu mengurangi aliran darah ke area yang terkena, yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. 

Cara melakukannya cukup mudah, kamu bisa membungkus beberapa potongan es batu dengan kain bersih atau handuk tipis, lalu tempelkan pada area yang terasa sakit atau bengkak pada wajah selama sekitar 15-20 menit. Penggunaan kompres es batu dapat memberikan bantuan dan meredakan rasa sakit untuk sementara waktu.

Baca juga : 5 Model Kebaya untuk orang Gemuk Agar Terlihat Langsing

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat hanya dalam 5 menit saja! Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Jadi, kamu juga harus merawat kesehatan gigimu dengan menggosok gigi 3x sehari dan melakukan perawatan gigi lainnya agar gigi sehat dan terlindungi.

Dapatkan segala perlengkapan kesehatan lengkap dengan harga terjangkau hanya di ZALORA! Nikmati diskon hingga promo menarik spesial untukmu.

Penulis: Fitrian Nurentama