Cara Mencuci Baju di Mesin Cuci, Bikin Baju Bersih

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Mencuci baju manual dengan menggunakan tangan membuat tangan pegal dan capek. Namun, kini kamu bisa mencuci dengan mudah dengan menggunakan mesin cuci. Mesin cuci membuat kegiatan mencuci menjadi lebih efektif dan menyenangkan karena kemudahannya. 

Eits, tapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam mencuci baju dengan benar agar tidak merusak baju. Bagaimana sih cara mencuci baju di mesin cuci dengan benar? Yuk, intip caranya berikut ini!

Baca juga : Tips Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Cara Mencuci Baju di Mesin Cuci 

1. Pisahkan Baju 

Agar baju yang akan kamu cuci tidak kelunturan atau rusak, kamu harus memperhatikan warna dan jenis bahannya. Sortir baju berdasarkan warna, pisahkan antara baju berwarna gelap, baju berwarna terang, dan pakaian berwarna putih. Selain itu, pisahkan juga baju berdasarkan jenis kain, seperti baju katun, linen, atau pakaian yang memiliki motif khusus. Pakaian dengan jenis kain yang sama memiliki cara pencucian yang serupa, sehingga memisahkannya dapat membantu menjaga kualitas kain dan mencegah kerusakan.

2. Cucilah Baju Sesuai Kapasitas Mesin Cuci

Setiap mesin cuci memiliki kapasitas cucinya masing-masing. Kamu harus tahu berapa kapasitas mesin cuci yang kamu pakai. Cari tahu kapasitas maksimal mesin cuci yang dapat dilihat pada petunjuk penggunaan atau biasanya tertera pada mesin cuci. 

Selanjutnya, pastikan tidak mengisi mesin cuci hingga melebihi kapasitas maksimalnya. Mesin yang terlalu penuh dapat mengurangi efektivitas pencucian dan meningkatkan risiko kerusakan pada mesin. Jika jumlah cucian lebih besar dari kapasitas mesin, bagi cucian menjadi dua bagian atau lebih dan cuci dalam beberapa kali putaran. Sehingga, bajumu akan bersih optimal.

3. Atur Mode Cuci Pada Mesin Cuci

Ketika kamu akan memulai menggunakan mesin cuci, sebelumnya pilihlah mode pencucian yang sesuai dengan jenis pakaian dan tingkat kekotorannya. Mesin cuci umumnya menawarkan berbagai mode, seperti pencucian ringan untuk pakaian yang rentan, pencucian normal untuk pakaian sehari-hari, dan mode khusus untuk pakaian dengan kebutuhan perawatan khusus.

Dengan mengatur mode pencucian yang tepat, kamu dapat mencuci baju tanpa terjadi kerusakan pada kain dan mesin cuci. Selalu perhatikan petunjuk perawatan pada label pakaian dan petunjuk penggunaan mesin cuci untuk memastikan pengaturan yang benar dan hasil pencucian yang memuaskan.

Baca juga : Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci Bagi Pemula

4. Gunakan Detergen Secukupnya

Sebelum memulai mencuci, jangan lupa tambahkan detergen ke dalam mesin cuci. Gunakan detergen dengan takaran yang sesuai dengan petunjuk penggunaan pada kemasan. Menggunakan detergen sesuai takaran membantu mencegah penumpukan residu deterjen yang dapat merusak pakaian. Selain itu, pakaian bisa bersih secara maksimal.

5. Keringkan dan Jemur Pakaian

Biasanya mesin cuci ada yang dilengkapi dengan mesin pengeringnya sekaligus. Kamu bisa mengeringkan cucianmu di mesin pengering. Kamu hanya perlu memasukkan baju ke dalamnya dan atur pengeringan selama beberapa menit. Setelah selesai, jemur pakaian di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Karena, jika kamu sudah mengeringkan pakaian di mesin pengering, maka tidak perlu panas ekstra dari matahari, cukup diangin-anginkan saja. 

Baca juga : Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Putih

Itulah cara mudah mencuci baju di mesin cuci dengan benar. Bajumu akan bersih dan segar tanpa perlu khawatir rusak. Semoga langkah-langkah diatas bisa membantumu!

Mau cari pakaian berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama