Apa Saja Sih Larangan Saat Puasa?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah ZALORAns saat ini sedang berpuasa? Harus dong ya! Apalagi saat bulan Ramadhan, berpuasa menjadi ibadah wajib bagi umat Muslim. Saat berpuasa, ada beberapa hal yang penting untuk dihindari agar dapat menjalankan puasa dengan penuh berkah. Selama bulan puasa, kita harus memusatkan perhatian pada ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah. 

Dengan menghindari hal-hal yang dilarang saat berpuasa dan fokus pada amalan yang baik, kita bisa memaksimalkan untuk memperoleh banyak pahala. Tahukah kamu apa aja sih larangan saat puasa? Simak penjelasan mengenai larangan saat puasa di bawah ini yuk! Agar puasa menjadi lebih barokah!

Baca juga : Bacaan Doa Niat Puasa Rajab dan Keutamaannya

Larangan Saat Puasa yang Harus Dihindari Muslim

1. Tidak Boleh Makan dan Minum

Source: Pinterest

Saat berpuasa, kita menahan diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dengan menahan diri dari makan dan minum, kita mengingatkan diri kita sendiri akan berbagai nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Selain itu, agar mendapatkan pengalaman bersimpati terhadap mereka yang kurang beruntung. Puasa juga merupakan waktu untuk membersihkan tubuh dan pikiran. 

Namun, kalau kamu secara tidak sengaja makan atau minum, misal karena lupa, maka tidak membatalkan puasa, sebagaimana hadis berikut:

من نسى وهو صائم فا كل أو شرب فليتم صومه فإنما طمعه الله و سقاه

Artinya: “Barang siapa lupa bahwa ia sedang berpuasa, lalu ia makan dan minum, hendaklah ia sempurnakan puasanya. Sesungguhnya ia diberi makan dan minum oleh Allah.” (HR Al-Bukhari dan muslim)

2. Merokok

Source: Pinterest

Merokok, sebagai kebiasaan yang merugikan kesehatan tidak boleh dilakukan saat berpuasa. Merokok dapat membatalkan puasa juga lho! Inilah dalil yang berkaitan dengan hal tersebut:

يفْطر صَائِم بوصول عين من تِلْكَ إِلَى مُطلق الْجوف من منفذ مَفْتُوح مَعَ الْعمد وَالِاخْتِيَار وَالْعلم بِالتَّحْرِيمِ. وَمِنْهَا الدُّخان الْمَعْرُوف

Artinya: “Sampainya ‘ain ke tenggorokan dari lubang yang terbuka secara sengaja dan mengetahui keharamannya itu membatalkan puasa. Seperti, menghisap asap (merokok).” (Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani, Nihayatuz Zain fi Irsyadul Mubtadiin

3. Melakukan Kegiatan Seksual

Salah satu hal yang dihindari selama puasa adalah melakukan kegiatan seksual. Ini karena hubungan intim dapat membatalkan puasa dan dianggap sebagai pelanggaran terhadap kewajiban puasa. Termasuk kegiatan seksual yang dilakukan oleh suami istri sekalipun. Sebagaimana yang disebutkan dalam ayat Al-Qur’an, berikut:

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ

Artinya: “Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa untuk bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu.” (QS Al-Baqarah: 187)

Baca juga : Inilah Bacaan Niat dan Berbuka Puasa Arafah 

4. Muntah Disengaja

Muntah yang disengaja, misalnya dengan cara memasukkan jari ke dalam mulut hingga muntah itu dapat membatalkan puasa. Apabila muntah tanpa disengaja, tidak membatalkan puasa. Seperti pada hadits berikut ini:

مَنْ ذَرَعَهُ القَى فَلَيْسَ عَلَيْهِ قَضَاء وَمَنِ اسْتَقاءَ عَمْدًا فَلْيَقْضِ

Artinya: “Orang yang muntah tidak perlu mengqadha, tetapi orang yang disengaja muntah wajib mengqadha.” (HR Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

5. Berghibah

Source: Pinterest

Ghibah atau menggunjing merupakan perilaku yang dilarang dalam agama Islam karena dapat merusak hubungan antar sesama. Selain itu, juga dapat menciptakan fitnah yang tidak diinginkan. Selama bulan suci Ramadhan, kita harus menjaga lisan dari perkataan yang tidak bermanfaat atau berpotensi menyakiti orang lain.

Kita harus menghindarkan diri dari beberapa larangan saat puasa diatas untuk mendapatkan syafaat dan manfaat dari berpuasa. Setelah menjalankan puasa seharian, tentunya ZALORAns ingin berbuka puasa dengan menu terenak bukan?

ZALORA punya beberapa rekomendasi alat masak yang bisa kamu pakai untuk membuat hidangan terbaik untuk keluarga lho! Yuk, intip produknya berikut ini!

Rekomendasi Alat Masak Terbaik untuk Memasak Menu Buka Puasa

1. BOLDe Sauce Pan 18 cm Lid Glass Black Pink

Source: Zalora

Persembahan terbaru dari Bolde untuk melengkapi koleksi cookware seri granite kamu di rumah! Dengan warna yang menarik dan kualitas yang tidak diragukan lagi. Super Pan Black Pink granite series menjadi alat masak yang dapat diandalkan. Peralatan masak ini dibuat dengan anti lengket berkualitas tinggi menggunakan Granite Coating, sehingga mudah digunakan dan dibersihkan.

Tebal panci 3 mm, dimana 2x lebih tebal dari merk lainnya lho! Handlenya mantap digenggam dengan sistem rivet yang dilengkapi lubang penggantung. Dapat digunakan pada kompor gas atau induksi (kompor listrik). Dilengkapi dengan Induction Bottom yang menjamin pemanasan yg cepat merata ke seluruh permukaan.

2. KitchenAid Enamel Cast Iron Covered Casserole

Source: Zalora

KitchenAid Enamel Cast Iron Covered Casserole adalah sebuah panci berlapis enamel yang dilengkapi dengan tutup. Didesain dengan diameter 22 cm dan memiliki kapasitas 3,3 liter. Panci ini terbuat dari bahan besi cor berkualitas tinggi yang dilapisi dengan lapisan enamel yang tahan lama.

Panci ini dirancang untuk memasak dengan efisiensi tinggi dan memberikan hasil yang sempurna. Bahan besi cor yang digunakan memiliki daya tahan panas yang baik. Sehingga panas dapat didistribusikan secara merata dan memasak makanan secara konsisten. Lapisan enamel pada bagian dalam panci membuatnya anti lengket dan mudah dibersihkan.

Dengan bentuk casserole yang cocok untuk memasak berbagai hidangan seperti sup, guisado, panggang, dan masakan berkuah lainnya. Tutupnya yang pas dapat membantu menjaga kelembaban dan panas di dalam panci. Sehingga makanan dapat matang dengan sempurna.

Panci ini menjadi pilihan yang sempurna untuk memasak dengan gaya klasik dan menghasilkan hidangan lezat untuk keluarga! Panci ini tidak hanya praktis digunakan sehari-hari, tetapi juga menambahkan keindahan pada tampilan dapurmu!

Baca juga : Ide Menu Buka Puasa, Persiapkan List Menu Terenak!

Itulah beberapa larangan saat puasa yang harus kamu hindari. Rekomendasi alat masak diatas bisa ZALORAns pakai untuk menghidangkan sajian terlezat untuk menu buka puasa bersama keluarga!

Mau cari berbagai kebutuhan alat dapur dan alat makan dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama