7 Cara Agar Sepatu Tidak Bau, Anti Apek

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

Sepatu merupakan salah satu fashion item produk wajib yang digunakan saat hendak bepergian. Berbeda dengan sandal, sepatu menutupi hampir keseluruhan kaki ZALORAns, mulai dari punggung, tumit, hingga telapak kaki. 

Karena sepatu memiliki desain yang “tertutup” maka tak heran jika sepatu kerap kali mengeluarkan aroma yang tidak sedap, terlebih jika cuaca sedang tidak bersahabat.

Pastinya ZALORAns tidak ingin sepatu kesayangannya jadi bau apek, kan? Untuk mencegah bau apek pada sepatu, ZALORA sudah merangkum 7 cara agar sepatu tidak bau yang bisa langsung ZALORAns praktekkan sekarang juga! Baca selengkapnya sekarang!

Baca juga : 4 Sepatu Pantofel Pria Kekinian dari Brand Lokal

Cara Agar Sepatu Tidak Bau: Kenapa Sepatu Bau Apek?

Sebelum membahas tentang cara-cara agar sepatu tidak bau, perlu ZALORAns ketahui, bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan sepatu menjadi bau apek. Salah satunya adalah karena keringat yang diproduksi pada kulit kaki. 

Sebenarnya berkeringat adalah hal alami tubuh untuk menjaga suhu tubuh dan menghilangkan racun. Kelenjar keringat yang terdapat pada kaki bekerja lebih aktif saat seseorang bergerak dan menghasilkan sejumlah besar cairan yang menambah kelembaban di dalam sepatu. 

Sayangnya, kelembaban yang berlebihan ini menjadi lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri. Ketika bakteri ini berinteraksi dengan keringat yang dihasilkan oleh kaki, terjadi reaksi kimia yang menghasilkan senyawa-senyawa yang memiliki aroma tidak sedap. Inilah yang kemudian menyebabkan bau tidak enak pada sepatu.

Tapi ZALORAns tidak perlu khawatir ya, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau tak sedap pada sepatu. Adapun salah satu caranya adalah dengan memilih bahan sepatu yang menyerap bau atau keringat dengan cepat seperti kulit sintetis atau mesh.

Selain itu, cobalah untuk memilih desain sepatu yang memiliki lubang-lubang kecil sebagai tempat pertukaran udara, sehingga keringat lebih cepat menguap dan membuat sol dalam sepatu tidak lembab. 

Selain cara-cara di atas, ada beberapa cara lain untuk mencegah sepatu agar tidak bau apek. Apa saja? Simak artikel ini sampai habis ya. 

7 Cara Agar Sepatu Tidak Bau

Tidak hanya baunya saja apek, bau kaki di sepatu juga tidak baik untuk kesehatan. Ada beberapa resiko yang dapat terjadi jika sepatu dibiarkan bau dan tidak dibersihkan secara berkala, seperti gatal-gatal, jamuran, hingga infeksi kulit. 

Maka dari itu, penting untuk membersihkan sepatu dan menjemurnya dengan benar. Berikut cara-cara agar sepatu tidak bau dan tetap wangi yang bisa ZALORAns coba. 

Gunakan Baking Soda

Ini adalah salah satu hack yang paling populer karena memang terbukti ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Baking soda berfungsi sebagai penghilang bau alami yang dapat menyerap bau tak sedap dan membunuh bakteri penyebab bau. 

Adapun cara menggunakannya, kamu cukup mencampur ¼ gelas baking soda, ¼ gelas baking powder, dan ½ gelas tepung maizena, kemudian taburkan campuran tadi ke dalam sepatu. Diamkan semalaman dan bau apek pada sepatu dijamin hilang. 

Kopi 

Cara menghilangkan bau tak sedap pada sepatu selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kopi. Kopi yang dimaksud disini bukanlah kopi kemasan yang telah dicampur dengan gula dan susu, melainkan kopi bubuk yang belum dicampur apapun. 

Adapun cara menggunakannya adalah dengan mengambil satu sendok kopi bubuk yang kemudian dibungkus dengan menggunakan tisu. Kemudian diamkan saja selama semalaman dan bau tak sedap pun akan langsung pergi.

Cuka

Tidak hanya berperan penting dalam bumbu dapur, cuka juga mampu mengusir bau tak sedap pada sepatu. Cuka berfungsi dalam menetralkan bau dan juga melawan bakteri penyebab bau di dalam sepatu. 

Untuk menghilangkan bau pada sepatu, ZALORAns cukup tuangkan cuka ke lap kering, kemudian lap bagian dalam sepatu secara perlahan dan menyeluruh. 

Cara lainnya, ZALORAns mencampur air dan cuka dengan perbandingan 3:1 dalam botol semprot. Kemudian semprot bagian dalam sepatu dan keringkan di suhu ruangan atau di bawah terik matahari. 

Kantong Teh

Selain diseduh untuk jadi minuman, kantong teh juga ternyata sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau pada sepatu. 

Caranya cukup mudah, ZALORAns hanya perlu menyelipkan kantong teh pada masing-masing sepatu dan biarkan selama semalaman untuk hasil yang maksimal.  Dijamin besok pagi, sepatu ZALORAns akan jadi wangi dan terbebas dari bau tak sedap.

Jemur Sepatu

Sepatu yang bau disebabkan oleh bakteri dan jamur yang hinggap begitu lama. Untuk menghilangkan bakteri dan jamur tersebut, ZALORAns wajib untuk menjemur sepatu di bawah terik matahari. 

Panas dari matahari mampu membunuh bakteri dan jamur, sehingga sepatu terbebas dari bau yang tidak sedap.

Cuci Sepatu Secara Berkala

Adapun cara agar sepatu tidak bau yang terakhir yang bisa ZALORAns lakukan adalah dengan mencuci sepatu secara berkala. Jika ZALORAns tidak memiliki chemical khusus untuk membersihkan sepatu, ZALORAns bisa menggunakan detergen sebagai gantinya. 

Cucilah sepatu mulai dari bagian luar, samping, hingga ke dalam sol sepatu. Sikat secara perlahan dengan satu arah, yaitu dari atas ke bawah. Setelah dirasa sudah bersih, jangan lupa untuk mengelap sepatu sampai kering dan jemur di bawah sinar matahari. 

Jika ZALORAns tidak ada waktu untuk mengerjakannya, ZALORAns bisa mencoba jasa laundry sepatu yang terdiri dari beragam harga dan services

Baca juga : 5 Rekomendasi Sepatu Sneakers Wanita Untuk Kamu yang Aktif

Cara Agar Sepatu Tidak Bau: Tips dan Trik Tambahan untuk Mencegah Bau Sepatu

Untuk meminimalisir bau yang tak sedap, ZALORA juga akan memberikan beberapa tips dan trik yang bisa dipraktekkan ZALORAns . Berikut informasinya!

Pakai Kaos Kaki

Kaos kaki dapat menyerap keringat dengan cepat. Maka dari itu, ZALORAns wajib untuk menggunakan kaos kaki jika ingin mengenakan sepatu. 

Kaos kaki umumnya terbuat dari bahan katun atau wol yang lembut yang dapat dengan cepat menyerap keringat dan mengurangi kelembaban di dalam sepatu. 

Selain itu, ZALORAns juga harus mengganti kaos kaki secara rutin untuk mencegah penumpukan bakteri dan memastikan supaya kaki tetap dalam keadaan sehat. Hindari juga untuk langsung menggunakan kaos kaki dalam kondisi kaki masih basah atau lembab. 

Sol Sepatu Anti Bakteri

Sudah banyak produsen sepatu yang menyematkan teknologi sol anti bakteri ke dalam produk-produk sepatu mereka. 

Sol anti bakteri ini mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan bau dan memberikan perlindungan tambahan pada kesehatan kaki. Umumnya, sol anti bakteri ini memiliki cooling down effect yang dapat membuat kaki tetap sejuk.

Baca juga : Wajib Tahu! Ini Jenis-Jenis Sepatu Berdasarkan Aktivitas 

ZALORA menjual berbagai kebutuhan fashion kami termasuk sepatu dari berbagai brand dalam dan luar negeri dengan banyak penawaran eksklusif. Tunggu apalagi? Belanja sepatu di ZALORA sekarang!