5 Cara Mempercepat Haid Yang Aman

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami oleh wanita. Siklus ini dimulai dari hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Lamanya siklus menstruasi bervariasi, yaitu antara 21-35 hari.

Dalam beberapa kasus, wanita mungkin mengalami keterlambatan haid. Keterlambatan haid dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres, perubahan pola makan, olahraga berlebihan, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Jika kamu mengalami keterlambatan haid, kamu mungkin ingin mempercepat haid agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, penting untuk melakukan cara-cara yang aman untuk mempercepat haid.

Baca juga : Tips Memilih Tas Sekolah SMP yang Nyaman dan Berkualitas

Cara Alami Mempercepat Haid

1. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C

Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi hormon estrogen, yang dapat membantu merangsang menstruasi. Beberapa makanan yang kaya vitamin C antara lain jeruk, lemon, stroberi, kiwi, dan brokoli.

2. Konsumsi makanan yang kaya zat besi

Zat besi dapat membantu mengurangi kadar hormon progesteron, yang dapat menghambat menstruasi. Beberapa makanan yang kaya zat besi antara lain daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.

3. Pijat area perut

Pijat area perut dapat membantu melancarkan aliran darah ke rahim, yang dapat membantu merangsang menstruasi. Kamu dapat melakukan pijat sendiri atau meminta bantuan orang lain.

4. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu mengatur siklus menstruasi. Namun, hindari olahraga berlebihan, karena dapat memperlambat menstruasi. Kamu bisa mencoba yoga, jalan kaki, berenang dan zumba. Perhatikan tubuh kamu dan hentikan olahraga jika kamu merasa tidak nyaman.

Baca juga : Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit!

5. Gunakan obat-obatan herbal

Ada beberapa obat-obatan herbal yang dapat membantu mempercepat haid, salah satunya meminum Jahe. Jahe juga memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri haid. Selain itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke rahim, sehingga dapat membantu merangsang menstruasi. Kamu juga bisa coba menkonsumsi 

Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan herbal dan jangan mengkonsumsi obat herbal untuk mempercepat haid dalam jangka panjang.

6. Konsultasikan dengan dokter

Jika kamu mengalami keterlambatan haid yang tidak biasa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat membantu kamu menentukan penyebab keterlambatan haid dan memberikan solusi yang tepat.

Hal yang harus perhatikan saat melakukan cara-cara untuk mempercepat haid: Jangan memaksakan diri untuk melakukan cara-cara yang tidak aman. Kamu juga bisa konsultasi dengan dokter jika kamu memiliki kondisi medis tertentu. Jangan lupa Hati-hati terhadap efek samping dari obat-obatan herbal.

Baca juga : Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki

Demikianlah beberapa cara mempercepat haid yang aman. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian. 

Dapatkan berbagai macam skincare original dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika