Urutan Skincare Pagi yang Tepat, Jangan Sembarangan! 

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Wajah yang sehat tidak datang begitu saja. Butuh upaya untuk memperoleh wajah yang sehat dan terawat. Bagaimana caranya? Memakai skincare yang tepat pada pagi dan malam hari, bisa membantumu mendapatkan wajah yang glowing dan sehat.

Dari sekian banyak produk skincare, ada beberapa jenis skincare yang wajib kamu gunakan sehari-hari. Salah satunya yang terpenting yaitu rangkaian skincare pada pagi hari sebagai awal memulai harimu.

Urutan skincare pagi adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mempersiapkannya untuk aktivitas sehari-hari. Dengan mengikuti tahapan perawatan kulit yang benar di pagi hari, kamu dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk tampil segar dan bercahaya sepanjang hari. Yuk, simak beberapa langkah utama dalam urutan skincare pagi yang dapat membantumu mencapai kulit yang sehat dan terawat.

Urutan Wajib Skincare Pagi, Jangan Skip!

Berikut ini adalah langkah-langkah urutan skincare pagi yang dianjurkan untuk mendapatkan hasil kulit sehat ternutrisi.

Baca juga : Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dalam 1 Hari

1. Facial Wash atau Sabun Cuci Muka

Source: Pinterest

First of all, tahap pertama sebelum memakai skincare lainnya yaitu memastikan wajahmu sudah bersih dari kotoran dengan menggunakan facial wash. Saat bangun tidur, terdapat residu dari skincare yang kamu pakai saat malam harinya, serta minyak dan kotoran pada wajah yang harus dibersihkan agar produk skincare berikutnya dapat meresap dengan baik dan bekerja secara optimal.

Aplikasikan facial foam atau facial wash pada wajah dan pijat perlahan. Lalu, bilas dengan air hingga bersih. Keringkan dengan tisu atau handuk bersih. 

2. Toner

Source: Pinterest

Setelah wajah bersih, barulah kamu bisa lanjut ke step berikutnya yaitu memakai toner. Toner berfungsi untuk menghidrasi kulit dan memastikan bahwa tidak ada kotoran yang tertinggal pada wajah. Selain itu, toner bertugas untuk menyeimbangan pH setelah cuci muka dengan sabun.

Cara pengaplikasiannyapun cukup mudah. Kamu bisa menuangkan toner pada kapas, lalu mengusapkannya perlahan pada wajah atau kamu juga bisa menuangkannya pada telapak tangan, kemudian menepuk-nepuk nya pada wajah.

Baca juga : 10 Kesalahan Saat Memakai Skincare yang Membuat Kulit Berjerawat

3. Essence

Source: Pinterest

Toner merupakan salah satu skincare yang berupa cairan dengan konsentrasi bahan aktif tinggi. Manfaat penggunaan essence adalah untuk melembabkan dan menenangkan kulit sebelum nantinya memakai serum.

Tuangkan toner secukupnya pada telapak tangan dan tap-tap perlahan pada wajah. Tunggu beberapa saat hingga toner meresap sempurna.

4. Serum

Source: Pinterest

Serum merupakan salah satu skincare yang dianggap sangat efektif untuk menutrisi kulit. Ada banyak jenis serum yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu, seperti serum pencerah wajah, serum untuk jerawat, serum anti aging, dan lain-lain.

Teteskan pada wajah, cukup tiga tetes saja di beberapa spot wajah. Ingat, jangan sampai pipetnya terkena waja ya, agar serum tetap higienis dan tidak terkontaminasi! Setelah itu, ratakan dan tunggu hingga meresap. Baru kamu bisa melanjutkan step berikutnya.

5. Moisturizer atau Pelembab

Source: Pinterest

Banyak orang mengira bahwa jika kulit berminyak tidak perlu memakai pelembab. Jangan salah, apapun tipe kulitnya wajib memakai pelembab atau moisturizer. Kenapa? Karena peran moisturizer dalam rangkaian skincare adalah untuk mengunci kelembaban dari rangkaian skincare sebelumnya. 

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, kamu bisa pilih moisturizer dengan tekstur gel yang lebih watery. Sedangkan, untuk kamu pemilik kulit kering, bisa memakai moisturizer bertekstur lebih thick seperti krim. Oleskan moisturizer secara merata pada wajah setelah dipastikan serum benar-benar sudah meresap.

Baca juga : Luxcrime Blur & Cover Two Way Cake, Kunci Make Up yang Flawless

6. Sunscreen atau Tabir Surya

Source: Pinterest

Jangan anggap remeh step skincare yang terakhir ini! Percuma saja jika kamu sudah melakukan berbagai step skincare sebelumnya, namun kamu mengabaikan pemakaian sunscreen ini. Menggunakan sunscreen hukumnya wajib, karena untuk melindungi kulitmu dari jahatnya pengaruh sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. 

Sinar UV ini bisa menjadi sumber penyebab munculnya berbagai permasalahan kulit. Mulai dari kulit kusam, warna tidak merata, jerawat, hingga kanker kulit. Tentu kamu tidak ingin itu terjadi pada kulitmu bukan? Nah, jadi jangan pernah skip penggunaan sunscreen ya! Kamu juga perlu reapply sunscreen tiap 2-3 jam sekali.

Itulah beberapa urutan skincare pagi yang harus kamu lakukan jika ingin kulitmu sehat ternutrisi. Sempurnakan perawatan wajahmu dengan memakai rangkaian skincare malam juga ya.

Dapatkan berbagai produk skincare dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Langsung belanja sekarang dan nikmati ekstra diskon menarik khusus untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama