Skin Prep sebelum Makeup, Apakah Perlu?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Sudah berapa kali kamu mencoba berbagai macam gaya makeup namun selalu berakhir fail? Bukannya flawless, malah semakin mempertontonkan permasalahan kulit kamu. Menyebalkan sekali ya? Hal ini menandakan, kamu harus mulai mencoba melakukan skin prep sebelum makeup. Artikel ini akan membahas tentang serba-serbi skin prep sebelum makeup yang wajib kamu ketahui, so, simak terus ya!

Apa itu Skin Prep?

Skin prep atau skin preparation adalah tahap perawatan kulit wajah yang bertujuan untuk mempersiapkan kulit wajah kita sebelum penggunaan produk-produk makeup. Tahapan ini mungkin sudah tidak asing bagi para beauty enthusiast, pasalnya, banyak orang menjadikan skin prep sebagai beauty hack mereka. Jika ditilik kembali, langkah ini sendiri tidak jauh berbeda dengan step skincare yang rutin kamu lakukan. Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Seberapa Penting Skin Prep sebelum Makeup?

Sama halnya dengan skincare routine yang biasa kamu lakukan sehari-hari, skin prep sebelum makeup juga memberikan benefit untuk kulit wajahmu. Beberapa diantaranya ialah, membuat makeup terlihat lebih flawless dan tahan lama. Tak hanya itu, ia juga akan sangat berguna untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering. Persiapan sebelum makeup ini akan membuatmu terhindar dari makeup yang cracky. Menarik banget, kan?

Tips Melakukan Skin Prep sebelum Makeup

Jika dilihat, tahapan preparation kulit ini sebelum menggunakan makeup mungkin tidak begitu berbeda dengan skincare routine yang biasa kamu lakukan. Namun, ada beberapa perbedaan signifikan yang dapat membuat kulit makeup kamu terlihat jauh lebih flawless. Daripada penasaran, langsung kita cek tipsnya berikut yuk!

Double Cleansing

Kebersihan kulit wajah menjadi kunci utama trik untuk mendapatkan makeup flawless. Dengan membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dan mendalam, kamu sudah mengurangi risiko penyumbatan pori-pori yang diakibatkan oleh beberapa produk makeup.

So, jangan lupakan tahap ini ya! Selalu mulai makeupmu dengan kondisi kulit yang bersih. Kamu bisa gunakan produk seperti micellar water, cleansing balm atau cleansing oil sebelum membilasnya dengan produk facial wash milikmu.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah dengan Bahan Alami

Jangan Skip Skincare

Mungkin kamu berpikir untuk apa melakukan skincare kalau nantinya tertutup dengan makeup? Well, pemikiran itu keliru! Kamu wajib melakukan skincare routine kamu sebelum lanjut ke tahapan penggunaan makeup. Pasalnya, produk skincare yang kamu gunakan tersebut akan menjadi tameng pelindung bagi kulit wajahmu dari berbagai permasalahan kulit yang mungkin timbul akibat penggunaan makeup. So, jangan pernah skip tahap skincare ya!

Gunakan Sheet Mask

Tips yang berasal dari tren k-beauty ini dinilai ampuh untuk memberikan efek glowing pada kulit wajahmu. Bukan hanya sebagai bagian dari skincare routine, sheet mask pun dapat kamu gunakan sebagai tahap skin prep sebelum makeup. Karena fungsinya yang dapat memberikan hidrasi untuk kulit wajah, kamu tidak perlu takut lagi makeup kamu akan menjadi crack pada jangka waktu tertentu. Yes! More time to shine!

Baca juga : Rekomendasi Sunscreen untuk Remaja Mulai dari 13 Tahun

Primer

Sebagai step terakhir dan penutup dari proses skin prep kamu sebelum makeup, gunakan produk primer yang didesain khusus sebagai base makeup. Terlebih jika kamu merasa bahwa produk makeup kamu tidak kian menempel pada kulit wajah. Primer to the rescue! Bukan hanya klaim semu, produk ini dapat memberikan hasil maksimal untuk makeupmu sepanjang hari. Swear, tears, blood, semua aman terkunci oleh primer!

Nah, itu dia perkenalan singkat dengan tahapan skin prep sebelum makeup. Kamu siap melakukannya, kan?

Penulis : Vidya Amalia