pilihan skinacre untuk kulit kusam

Ini Dia! Pilihan Skincare untuk Wajah Kusam Agar Makin Glowing

Wajah kusam adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti polusi, stres, kurangnya tidur, paparan sinar matahari berlebih serta kebiasaan hidup yang tidak sehat. Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab dengan perawatan skincare yang tepat. Kamu bisa mengembalikan cerah dan keindahan alami kulit wajah lho. 

Untuk membantu kamu mengembalikan wajah kusam agar tampak lebih cerah seperti semula. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai pilihan skincare yang dapat membantu mengatasi wajah kusam kamu. Simak yuk apa saja!

Pembersih Wajah yang Lembut

Langkah pertama dalam rutinitas perawatan kulit adalah membersihkan wajah. Gunakan pembersih wajah yang lembut, bebas alkohol, dan tidak mengandung bahan-bahan keras yang dapat membuat kulit semakin kering dan kusam. Pilihlah pembersih yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat atau gliserin untuk menjaga kelembapan kulit.

Sebaiknya, hindari sabun wajah dengan bulir atau scrub kasar. Sebab akan membuat kulit wajah kamu semakin iritasi.

Eksfoliasi Teratur

Eksfoliasi sangat penting untuk membuat kulit wajah yang kusam menjadi lebih cerah. Karena proses eksfoliasi ini akan membantu mengangkat lapisan sel kulit mati yang merupakan faktor utama wajah terlihat kusam. Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung asam glikolat, asam laktat, atau enzim buah-buahan. Namun, jangan melakukan eksfoliasi terlalu sering, cukup 1-2 kali seminggu untuk menghindari iritasi. Berikut beberapa produk eksfoliasi yang populer di Indonesia:

Pixi Glow Tonic

Pixi Glow Tonic merupakan produk eksfoliasi yang mengandung asam glikolat, salah satu jenis AHA. Produk ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Penggunaan teratur dapat membantu meratakan tekstur kulit, mengurangi tampilan pori-pori, dan memberikan efek lebih cerah pada kulit.

Sensatia Botanicals Fruit Enzyme Exfoliating Scrub

Produk ini menggunakan enzim buah-buahan alami, seperti enzim papaya dan nanas, untuk membantu mengangkat sel kulit mati secara lembut. Kandungan alami ini membantu meningkatkan penampilan kulit dengan meratakan tekstur dan memberikan kilau alami

Baca Juga : 5 Rekomendasi Warna Lipstik Tepat untuk Bibir Tebal

Serum Vitamin C

Kalau kulit wajah kamu cocok dengan vitamin C. Maka tak ada salahnya jika kamu mencoba serum vitamin C dalam rangkaian skincare routine yang kamu miliki. 

Vitamin C adalah bahan aktif yang sangat efektif dalam mencerahkan kulit dan melawan radikal bebas akibat paparan sinar matahari dan polusi. Gunakan serum yang mengandung vitamin C dalam rutinitas perawatan malam hari untuk membantu mengembalikan kecerahan alami kulit.

Wardah Renew You Vitamin C Serum

Wardah Renew You Vitamin C Serum mengandung vitamin C dan AHA (asam alfa hidroksi) yang membantu mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, dan merangsang pergantian sel kulit. Produk ini membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih segar dan cerah

Drunk Elephant C-Firma Day Serum

Serum ini mengandung bentuk vitamin C stabil, yaitu L-ascorbic acid, serta kombinasi bahan-bahan lain yang membantu mencerahkan dan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan.

Paula’s Choice C15 Super Booster

Serum vitamin C ini mengandung 15% vitamin C (ascorbic acid) dan juga menggabungkan vitamin E dan asam ferulat untuk memberikan perlindungan yang kuat dari radikal bebas dan sinar UV.

Pelembab yang Menghidrasi

Kulit yang terlalu kering cenderung membuat wajah semakin kusam. Sebab semakin kering kulit maka semakin cepat ia akan memproduksi sel kulit mati. Untuk itu, dermatologist merekomendasikan jika sebaiknya kulit wajah tetap terhidrasi dengan kadar air yang cukup. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih sehat dan tampak lebih kenyal dan glowing alami.

Pilihlah pelembab yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat atau ceramides untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih segar dan bercahaya. Pastikan juga untuk menggunakan pelembab dengan faktor perlindungan matahari (SPF) di pagi hari untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Baca juga : Ini Dia Cara Mengembalikan Kilau Wajah yang Hilang!

Masker Wajah yang Mencerahkan

Tambahkan masker wajah yang memiliki efek mencerahkan ke dalam rutinitas perawatan mingguan. Kamu bisa memilih masker dengan kandungan seperti niacinamide, licorice root extract, atau ekstrak buah-buahan dapat membantu mengurangi noda dan mencerahkan kulit.

Jika kamu menyukai bahan skincare alami, kamu bisa memilih masker bengkoang, kunyit atau masker beras yang sudah teruji dapat mencerahkan wajah secara turun temurun.

Nah, itu dia berbagai pilihan skincare untuk wajah kusam yang bisa kamu coba. Semoga membantu kamu ya!