Perawatan Rambut Setelah Smoothing Agar Awet dan Sehat

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Smoothing memang menjadi salah satu cara untuk mendapatkan rambut lurus secara instan! Proses ini tidak hanya membuat rambut tampak lebih rapi dan sleek, tetapi juga mengurangi frizz dan membuatnya lebih mudah diatur. Smoothing treatment, seperti Brazilian Blowout atau keratin treatment, bekerja dengan cara melapisi rambut menggunakan bahan kimia yang dapat menembus kutikula rambut. Sehingga, dapat menghaluskan dan meluruskan setiap helai.

ZALORAns akan mendapatkan rambut yang lurus, berkilau, dan tahan lama tanpa harus menggunakan alat styling setiap hari. Selain itu, smoothing juga membantu menjaga kelembaban rambut, membuatnya terasa lembut dan sehat. Namun, penting untuk melakukan perawatan ini di salon yang terpercaya. Serta, menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai agar hasilnya maksimal dan rambut tetap sehat!

Lalu, apa aja sih perawatan rambut yang bisa ZALORAns lakukan setelah smoothing? Mari, simak beberapa perawatan rambut yang tepat untuk kamu yang sudah meluruskan rambut dengan smoothing berikut ini! 

Baca juga : Cara Menumbuhkan Rambut Botak, Awas Kebotakan Dini!

Perawatan Rambut Setelah Smoothing

1. Hindari Keramas 3 Hari Setelah Smoothing

Setelah melakukan smoothing, jangan keramas selama 3 hari setelah smoothing. Mehgapa demikian? Agar produk smoothing bisa bekerja maksimal dan terikat dengan baik pada rambut.

Jika ZALORAns mencuci rambut terlalu cepat, bisa mengurangi efektivitas treatment dan membuat hasilnya tidak tahan lama. 

2. Jangan Terlalu Sering Keramas

Salah satu tips berikutnya adalah jangan terlalu sering keramas. Keramas terlalu sering dapat mengikis bahan kimia dari proses smoothing, sehingga efeknya akan cepat hilang.

Sebaiknya, keramas cukup dilakukan 1-2 kali seminggu untuk menjaga kelembaban rambut dan memperpanjang ketahanan hasil smoothing. 

3. Pilih Shampo dan Conditioner untuk Rambut Smoothing

Pilihlah shampo yang dirancang khusus untuk rambut smoothing. Shampo ini akan membantu menjaga kelembaban alami rambut tanpa menghilangkan lapisan smoothing yang telah diaplikasikan.

Gunakan shampo ini secara rutin, diimbangi dengan conditioner yang cocok, untuk memastikan rambut tetap halus, lembut, dan mudah diatur. 

4. Hindari Mengikat Rambut

Jangan mengikat rambut terlalu kencang. Mengikat rambut dengan kuat dalam waktu lama dapat menyebabkan rambut menjadi berisiko patah. Terutama pada bagian ujung yang lebih rapuh. Sebaiknya, biarkan rambut tergerai atau gunakan ikatan yang longgar jika perlu mengikatnya. 

5. Hindari Menggunakan Alat Styling

Hindari penggunaan alat styling seperti catokan, curling iron, atau blow dryer setelah smoothing. Penggunaan alat-alat tersebut bisa mengganggu ikatan bahan kimia yang telah diterapkan pada rambut saat proses smoothing. Selain itu, suhu panas dari alat styling dapat memicu dehidrasi pada rambut. Sehingga, rambut lebih rentan terhadap kerusakan, seperti patah dan rapuh. 

Penggunaan alat ini juga berisiko mengurangi keefektifan hasil smoothing, sehingga rambut tidak tampak lurus dan halus seperti yang diharapkan. Sebagai gantinya, fokuslah pada perawatan rambut, seperti menggunakan produk yang cocok dan rutin melakukan deep conditioning. Agar rambut tetap sehat dan hasil smoothing bisa bertahan lebih lama.

Baca juga : 4 Rekomendasi Shampo Non SLS untuk Kesehatan Rambut

Rekomendasi Hair Care untuk Rambut Lurus

1. Moist Diane Extra Smooth and Straight Shampoo

Source: ZALORA

Moist Diane Extra Smooth and Straight adalah produk perawatan rambut dari Jepang yang terbuat dari bahan-bahan alami, yaitu Organic Argan Oil. Kandungan ini yang akan menjaga kelembaban dan merawat rambut tanpa membuatnya lepek. 

Ada pula kandungan Cuticle Keratin yang memiliki peran dalam menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Moist Diane Extra Smooth and Straight ini juga tidak mengandung silicones, sulphates, dan parabens.

Moist Diane Extra Smooth and Straight Shampoo juga berfungsi untuk mencegah rambut kusut, menghaluskan helai rambut yang kasar, dan mengembalikan keseimbangan kelembaban rambut. Selain itu, shampo ini juga mampu mengontrol rambut bergelombang dan sulit diatur. Serta, membuat rambut lebih lurus dan lembut.

2. Moist Diane Extra Smooth & Straight Hair Mask

Source: ZALORA

Moist Diane Extra Smooth & Straight Hair Mask merupakan produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan-bahan natural. Diformulasikan khusus sebagai solusi untuk permasalahan rambut kasar dan sulit diatur. Dengan kandungan 7x Cuticle Serum 3x Argan Oil Nano Repair 30s Intense Repair telah teruji secara klinis. Produk ini dapat mengembalikan kerusakan rambut yang terjadi lebih dari satu tahun dalam 30 detik!

Dengan Anti-Frizz Protection, membuat rambut lebih mudah diatur dengan mengurangi kelembaban di udara. Menjaga keseimbangan kelembaban pada rambut lurus tanpa alat styling. Lalu, Cuticle Keratin dapat mendeteksi dan memperbaiki kerusakan kutikula pada rambut bergelombang dan kasar agar lebih mudah diatur.

Terdapat kandungan Organic Quinoa & Baobab Oil yang kaya nutrisi secara intensif menutrisi dan mengembalikan kelembaban rambut. Sehingga, rambut lebih lurus dan lembut.

Setelah keramas, peras air berlebih di rambut. Aplikasikan hair mask secukupnya di rambut basah, hindari pemakaian di kulit kepala. Diamkan 30 detik sebelum dibilas secara keseluruhan. Untuk perawatan lebih intensif, diamkan lebih lama dan gunakan secara bersamaan dengan rangkaian Extra Smooth & Straight lain untuk hasil optimal. Sebaiknya gunakan 1-2 kali seminggu atau setiap hari untuk rambut lebih lurus dan berkilau.

3. Diane Be True Smooth Repair Relax Shampoo

Source: ZALORA

Diane Be True Smooth Repair Relax adalah produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan Kale Extract, Quinoa Extract, Organic Almond Oil, dan Vegan Keratin. Kandungan inilah yang membuatnya cocok digunakan untuk rambut yang kering, kaku, dan keriting. 

Diane Be True Smooth Repair Relax berfungsi untuk membuat rambut bergelombang yang kering dan kasar menjadi lebih lembut dan mudah disisir. Serta, dapat menjaga kelembaban rambut.

4. Kerastase Masque Oleo Relax 

Source: ZALORA

Masker perawatan rambut ini diciptakan khusus untuk rambut Asia. Memberikan efek anti-frizz selama 24 jam, nutrisi tertinggi, dan resisten terhadap kelembaban tinggi. Rambut lebih lembut, halus, mudah diatur, dan tatanan rambut lebih tahan lama.

Satu minggu sekali, setelah penggunaan shampoo, aplikasikan hanya pada tengah hingga ujung rambut dalam kondisi basah. Jangan terkena kulit kepala ya! Lalu, diamkan selama 2-3 menit lalu bilas, lanjutkan dengan penggunaan kondisioner.

Baca juga : Inilah Rekomendasi Spray Rambut Terbaik, Styling Mudah!

Itulah beberapa perawatan rambut setelah smoothing yang perlu kamu lakukan untuk hasil smoothing yang tahan lama. Dengan perawatan yang tepat, hasil smoothing bisa bertahan lebih lama dan rambutmu tetap sehat deh!

Mau cari berbagai produk hair care terbaik dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama