Mengungkap Manfaat Air Mawar Viva Untuk Kecantikan Kulit

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan bunga mawar di dalam dunia kecantikan, khususnya perawatan kulit wajah.

Sudah banyak merek lokal hingga luar negeri yang memanfaatkan bunga yang melambangkan kasih sayang ini sebagai bahan utama dalam mengatasi permasalahan kulit wajah. 

Tapi apakah kamu tahu, pemanfaatan bunga mawar sebagai bahan perawatan kulit sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Mereka meyakini, bahwa nutrisi dalam bunga mawar dapat membuat kulit mereka menjadi lebih sehat dan lembut. 

Kita akan kupas lebih lanjut tentang manfaat bunga mawar untuk kulit, lalu kenapa bunga mawar dimanfaatkan sebagai bahan skincare dan apa kelebihan bunga mawar jika dibandingkan dengan bahan skincare lainnya. 

Sejarah dan Keunikan Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga yang paling diminati. Bukan tanpa sebab, aromanya yang harum dan penampilannya yang menarik, menjadikan bunga ini sebagai salah satu bunga primadona untuk acara-acara khusus, contohnya seperti Hari Kasih Sayang.

Tapi, apakah kamu tahu? Bunga yang disimbolkan sebagai kecantikan alami ini memiliki sejarah yang cukup panjang yang berkaitan dengan perawatan kulit dan budaya Mesir Kuno? 

Asal Muasal Bunga Mawar

Bunga mawar adalah tanaman berbunga yang berasal dari famili Rosaceae yang telah ditanam selama ribuan tahun, dan memiliki berbagai jenis varietas dengan warna serta aroma yang beragam. 

Awalnya, bunga mawar tumbuh di wilayah yang sekarang dikenal dengan nama Iran. Dari sana, bunga mawar menyebar ke seluruh pelosok belahan dunia. Lalu, apa sejatinya peran bunga mawar dalam perawatan kulit dan kecantikan? 

Peran Bunga Mawar dalam Kecantikan

Mari kita kembali ke zaman Mesir Kuno, dimana ratu legendaris Mesir, Cleopatra memanfaatkan berbagai bahan bumi untuk mempercantik penampilan kulitnya. 

Selain menggunakan madu dan susu, nyatanya Ratu Cleopatra juga menggunakan bahan alami seperti bunga mawar, untuk membuat tubuhnya tetap harum dan lembut sepanjang hari.

Selain itu, Ratu Cleopatra juga menggunakan minyak esensial yang berasal dari bunga mawar untuk merawat kulit dan rambutnya agar tetap sehat. 

Baca juga : Rekomendasi Pelembab untuk Kulit Kering, Hidrasi Kulit Seharian

Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan

Tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan bahan bunga mawar ke dalam daftar perawatan kulit alami. 

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah, apa nutrisi yang ada di dalam bunga mawar? Apakah betul bunga mawar memiliki antioksidan yang tinggi yang cocok untuk kulit wajah berjerawat?

Faktanya, dilansir Truly Beauty bunga mawar merupakan salah satu bahan yang sangat populer yang biasa digunakan oleh para pelaku industri kecantikan. 

Hal tersebut dikarenakan bunga mawar mengandung antioksidan yang tinggi, serta berbagai senyawa yang menawarkan sifat anti-penuaan yang baik dalam memperbaiki sel kulit yang rusak.

Selain kandungan di atas, ada beberapa hal yang menjadikan bunga mawar begitu dihargai dalam perawatan kulit, beberapa diantaranya yaitu

1. Aroma Terapi

Efek relaksasi bunga mawar pada perasaan bahagia ternyata bukanlah isapan jempol semata. Sebuah penelitian Natural Product Communications menyimpulkan, bahwa penggunaan rose oil sebagai aromaterapi dapat menurunkan tingkat stres.

Dilansir Hello Sehat, menghirup aroma minyak rose oil juga dapat membantu mengatur pernafasan dan membuat tekanan darah menjadi lebih stabil. 

2. Kelembaban

Rahasia kulit cantik Cleopatra terletak pada kelembaban kulitnya. Maka dari itu, Ratu Cleopatra selalu menggunakan minyak bunga mawar untuk membantu menjaga kelembaban kulitnya, dan membuat kulit menjadi lebih elastis. 

3. Antioksidan

Ekstrak bunga mawar memiliki tingkat antioksidan yang tinggi. Hal ini tentu dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, garis halus, serta menangkal radikal bebas. 

Manfaat Air Mawar Viva dalam Rangkaian Skincare Modern

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan merek asli Indonesia Viva, kan? Salah satu produk perawatan kulit wajah yang paling diminati oleh kaum Hawa Indonesia dari turun temurun. 

Viva terkenal dengan rangkaian produk perawatan kulitnya yang mengambil langsung bahan baku dari Sumber Daya Alam Ibu Pertiwi. Adapun salah satu produk yang paling disukai dari Viva adalah air mawar Viva.  

Baca juga : Cara Menghilangkan Komedo Membandel, Hidung Mulus!

Lalu, apa saja manfaat air mawar Viva untuk kecantikan kulit wajah kamu? Simak penjelasannya berikut ini. 

  1. Anti-Inflamasi

Nyatanya, ekstrak air mawar viva memiliki anti-inflamasi yang tinggi, dimana sifat anti-inflamasi ini dapat membantu meredakan peradangan pada kulit, termasuk kemerahan dan pembekakan. 

Selain itu, air mawar Viva juga dapat  meredakan kemerahan dan memperbaiki sel kulit yang rusak. 

  1. Menghidrasi Kulit

Buat kamu yang memiliki kulit wajah yang kering, air mawar Viva juga dapat menghidrasi kulit serta mengunci kelembaban kulit. Hal ini dikarenakan bunga mawar memiliki sejumlah senyawa yang membantu kulit agar senantiasa lembab, serta menjaga kulit menjadi lebih lembut dan kenyal.

  1. Anti-Penuaan

Air mawar Viva memiliki nutrisi yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini. Di dalam bunga mawar sendiri terkandung Vitamin C yang terkenal berfungsi untuk mencerahkan kulit, dan melindungi kulit dari radikal bebas. 

Pertimbangan dalam Menggunakan Produk Air Mawar Viva 

Dari pemaparan di atas, air mawar Viva memiliki segudang manfaat yang luar biasa dalam perawatan kulit wajah dan kecantikan. 

Namun, sama seperti bahan skincare lainnya, ada beberapa hal penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menggunakan produk berbahan dasar bunga mawar. 

  1. Alergi

Beberapa orang memiliki alergi terhadap produk yang mengandung bunga mawar. Adapun alergi ini dapat membuat kulit menjadi iritasi, kemerahan dan muncul ruam-ruam, hingga reaksi yang lebih serius. 

Sebelum mengaplikasikan produk skincare berbahan bunga mawar, ada baiknya kamu untuk melakukan uji patch di bagian kecil kulit untuk memastikan tidak adanya reaksi alergi. 

  1. Penggunaan yang Berlebihan

Sama seperti bahan perawatan kulit lainnya, penggunaan produk berbahan bunga mawar juga dapat merugikan bahkan merusak kulit, seperti munculnya iritasi hingga ruam merah pada kulit. 

  1. Ibu Hamil dan Menyusui

Walaupun bunga mawar tergolong bahan “alami”, tapi kamu perlu ingat bahwa ada beberapa campuran senyawa dan zat kimia lainnya yang terdapat dalam produk skincare yang berpotensi membahayakan janin dan ibu yang sedang menyusui.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke pakar ahli sebelum memutuskan untuk menggunakan produk skincare berbahan dasar bunga mawar. 

Baca juga : 5 Warna Lipstik Hanasui Cantik & Terlaris

Sekarang ini sudah banyak produk skincare yang berbahan ekstrak bunga mawar yang berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih cerah, segar dan mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti produk air mawar dari merek lokal Viva. 

Produk air mawar Viva ini sudah lulus uji BPOM dan pastinya Halal, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi apakah aman digunakan di kulit atau tidak. Kamu bisa membeli produk air mawar Viva original di ZALORA dengan harga yang terjangkau. 

Penulis : Ananda F Muhammad