Mengenal Tipe-Tipe Treatment Wajah di Dokter Kulit

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Mau punya kulit glowing? Nggak perlu ribet! Perawatan wajah di klinik sekarang jadi cara andalan untuk bikin kulit ZALORAns glowing dengan cepat. Mulai dari facial, chemical peeling, sampai laser, semua treatment ini bisa bikin kulitmu tampak lebih cerah dan mulus. Treatment wajah ini juga bantu atasi berbagai masalah kulitmu, seperti jerawat, flek hitam, atau tekstur yang nggak rata. 

Perawatan wajah atau skincare merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, menggunakan skincare tiap hari ternyata masih kurang berdampak pada kulit lho ZALORAns. Untuk, membuat kondisi kulit semakin terjaga dan cantik.

Ada berbagai macam treatment wajah yang bisa dilakukan, disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing.

Apakah ZALORAns sudah pernah mencoba treatment di klinik sebelumnya? Kalau ZALORAns ingin mencobanya, ketahui dulu beberapa jenis treatment wajah yang mungkin cocok untukmu.

Yuk, simak beberapa jenis treatment wajah yang ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulitmu berikut ini!

Baca juga : Cara Mengangkat Sel Kulit Mati, Wajah Cerah Berseri!

1. Facial

Source: Pinterest

Facial di klinik itu jadi favorit banyak orang karena hasilnya yang langsung kelihatan. Treatment wajah ini menjadi salah satu treatment basic yang bisa kamu coba bila ZALORAns baru mencoba treatment di klinik. Facial dimulai dengan pembersihan wajah buat menghilangkan kotoran dan minyak berlebih. 

Setelah itu, ada proses eksfoliasi buat mengangkat sel-sel kulit mati, jadi kulit lebih segar dan cerah. Lalu, masker wajah dipakai sesuai jenis kulit kita buat menambah nutrisi dan hidrasi. Facial juga disertai pijatan yang bikin kita relax dan membantu peredaran darah. Setelah itu, diaplikasikan serum dan pelembab buat melindungi kulit kita. Kalau ZALORAns secara rutin facial, maka kulit jadi lebih bersih, cerah, dan pastinya terasa lebih halus.

Facial adalah perawatan wajah dasar yang bertujuan untuk membersihkan, melembabkan, dan mencerahkan kulit. Treatment ini biasanya dilakukan dengan menggunakan berbagai produk skincare, seperti pembersih, toner, serum, dan masker.

Gunanya untuk membantu membersihkan kulit secara mendalam dari kotoran, debu, dan minyak berlebih. Kotoran, debu, dan minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Facial wajah dapat dilakukan secara rutin, yaitu setiap 2-4 minggu sekali. Namun, frekuensinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing.

Baca juga : PRP Treatment, Treatment Kecantikan Dengan Darah!

2. Peeling

Peeling adalah perawatan wajah yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan meratakan warna kulit. Treatment ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bahan kimia, seperti asam alfa hidroksi (AHA) atau asam beta hidroksi (BHA).

Peeling wajah dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori akan terbuka dan kulit akan terlihat lebih bersih dan cerah. Sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. Meratakan warna kulit

3. Microdermabrasion

Microdermabrasion adalah perawatan wajah yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan meratakan tekstur kulit. Bedanya, ia dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang mengeluarkan butiran kecil untuk mengikis lapisan kulit paling atas. Sehingga kulit makin cerah dan lembut.

Baca juga : Viral, Ini Review Skintific 5X Ceramide Barrier Moisturizer Gel!

4. Laser treatment

Laser treatment adalah perawatan wajah yang menggunakan laser untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, keriput, dan flek hitam. Bahkan juga menghilangkan tato di kulit

Ada berbagai jenis laser treatment yang dapat dilakukan oleh dokter kecantikan, antara lain:

  • Laser ablatif

Laser ablatif bekerja dengan cara mengangkat lapisan kulit terluar. Perawatan ini dapat digunakan untuk mengatasi bekas jerawat, kerutan, dan melasma.

  • Laser non-ablatif

Laser non-ablatif bekerja dengan cara menstimulasi produksi kolagen di kulit. Perawatan ini dapat digunakan untuk mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan.

  • Laser Q-switched

Laser Q-switched bekerja dengan cara memecah pigmen melanin di kulit. Perawatan ini dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam dan tato.

5. Filler

Filler adalah perawatan wajah yang bertujuan untuk mengisi kerutan dan garis halus pada wajah. Biasanya dilakukan dengan menyuntikkan bahan tertentu, seperti asam hialuronat, ke dalam kulit. Hasilnya kulit terlihat semakin kencang dan tampak lebih muda.

6. Botulinum toxin

Tak kalah populer, botulinum toxin atau botox adalah perawatan wajah yang bertujuan untuk mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah. Cairan botox biasanya disuntikkan ke dalam otot wajah untuk melemahkan otot tersebut.

Baca juga : 5 Manfaat Pedicure Bagi Kesehatan

7. Dermablading

Dermablading atau dikenal juga dengan Dermaplaning, menjadi treatment yang bisa bikin kulit wajah ZALORAns jadi super halus dan cerah dengan cara yang cukup simple. Caranya, dokter akan pakai alat khusus untuk mengangkat sel kulit mati dan bulu halus di wajah. Sehingga, kulit jadi lebih mulus, pori-pori terlihat lebih kecil, dan makeup jadi nempel lebih bagus. 

Dermablading juga membantu kulit menyerap produk perawatan dengan lebih maksimal. Jadi, kalau ZALORAns pengen wajah yang cerah dan siap glowing, treatment ini bisa jadi pilihan yang patut kamu coba!

8. LED Light Therapy

Perawatan yang satu ini menggunakan cahaya LED dengan berbagai warna untuk mengatasi masalah kulit yang berbeda-beda. Di klinik wajah, LED Light Therapy jadi andalan untuk berbagai masalah kulit. Cahaya merah bisa mengurangi peradangan dan membantu melawan tanda-tanda penuaan dengan merangsang produksi kolagen.

Kalau ZALORAns punya hiperpigmentasi atau bintik hitam, cahaya kuning bisa bantu mengurangi masalah itu dan bikin kulit tampak lebih merata. Sedangkan, cahaya biru efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mempercepat penyembuhan. 

9. Sculpting Facial

Dengan memanfaatkan rangsangan elektromagnetik, treatment ini bertujuan untuk merangsang dan memperkuat otot-otot wajah. Sehingga, memberikan efek lifting yang alami. Selama proses ini, gelombang elektromagnetik dipancarkan ke area wajah yang ditargetkan, merangsang kontraksi otot secara intensif.

Kulit wajah menjadi lebih kencang, tampak lebih kontur, dan kerutan berkurang. Cocok banget buat ZALORAns yang pengen terlihat awet muda.

10. Chemical Peels

Chemical peels melibatkan bahan kimia khusus yang dioleskan ke kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel baru. Kulitmu bakal lebih halus setelahnya. Treatment ini cocok banget buat yang mau mengatasi hiperpigmentasi, kerutan ringan, atau jerawat. Biasanya, kulit bakal mengelupas beberapa hari setelah treatment, tapi hasilnya pasti sepadan kok! Sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter kulit atau ahli kecantikan biar tahu jenis peel yang pas buat kulitmu dan menghindari efek samping.

Terdapat berbagai jenis facial acids yang biasa digunakan. Seperti, Glycolic Acid (asam glikolat)yang  terkenal karena kemampuannya mengelupas kulit secara menyeluruh dan merangsang produksi kolagen. Sehingga, kulit terlihat lebih cerah dan kencang. Lactic acid (asam laktat) cocok untuk yang punya kulit sensitif, karena dapat membantu menghaluskan tekstur kulit tanpa membuat iritasi. Salicylic acid (asam salisilat) adalah pilihan bagus buat yang sering berurusan dengan jerawat. Kandungan ini akan membuka pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati yang bikin kulit tampak kusam. 

Selain melakukan beberapa treatment wajah, ZALORAns juga bisa merawat kulitmu di rumah dengan menggunakan skincare. Skincare ini mudah untuk didapatkan di berbagai toko atau e-commerce, seperti ZALORA yang tentunya terpercaya. Berikut ini beberapa skincare yang bisa kamu gunakan dalam rutinitas perawatan wajahmu!

Baca juga : Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah dan Kecantikan

Tips Memilih Treatment Wajah

Saat memilih treatment wajah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Kebutuhan kulit

Pilihlah treatment wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Jika ZALORAns memiliki masalah kulit tertentu, seperti jerawat atau keriput, pilihlah treatment wajah yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Kondisi kulit

Jika ZALORAns memiliki kondisi kulit tertentu, seperti alergi atau kulit sensitif, konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan sebelum melakukan treatment wajah.

Reputasi tempat perawatan

Pilihlah tempat perawatan yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Pastikan tempat perawatan tersebut menggunakan produk dan peralatan yang berkualitas.

Harga

Harga treatment wajah bervariasi, tergantung pada jenis treatment, tempat perawatan, dan kualitas produk dan peralatan yang digunakan. Jadi siapkan budget kamu sebelum melakukan treatmentnya ya ZALORAns

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Glowing

1. SKIN1004 Madagascar Centella Hyalu-Cica First Ampoule

Source: Zalora

Skincare yang satu ini begitu menenangkan secara instan dengan ekstrak centella asiatica dari madagascar. Mengandung 50% formula unik SKIN1004 dengan ekstrak Madagascar Centella asiatica murni yang ditujukan untuk menenangkan kulit sensitif. Tak hanya itu, kandungan ini juga dapat memelihara kekuatan alami kulit dengan merawat skin barrier.

Mengandung konsentrasi formula hyaluronic acid-cica yang tinggi (90%).

Dengan cepat meningkatkan kelembaban kulit dan mempersiapkan kulit untuk menyerap langkah perawatan kulit selanjutnya. Comparex juga bermanfaat untuk menenangkan kulit yang teriritasi. Partikel halus yang dengan cepat menghilangkan kulit yang kering dengan menembus lapisan kulit untuk memberikan kelembaban.

Serta, meningkatkan kekuatan bawaan skin barrier. Gunakan pipet untuk mengambil jumlah yang sesuai dan aplikasikan pada kulit, lalu ratakan dengan lembut di sepanjang tekstur kulit.

2. The Body Shop Vitamin C Glow Revealing Serum

Source: The Body Shop

Kulit kusam, kucel, dan tidak merata memang bikin kesel! Itulah mengapa serum wajah yang satu ini mengandung 10% vitamin C alami dari camu camu berry dan bakuchiol. Kandungan ini membantu mencerahkan, meratakan warna dan tekstur kulit.

Serta memberikan kilau alami pada kulit wajah. Teksturnya ringan, mudah meresap, dan tidak menyumbat pori-pori, cocok digunakan untuk semua jenis kulit setiap hari. 

3. Trilogy Resurfacing Serum

Source: ZALORA

Serum ini cocok untuk semua jenis kulit untuk mempercepat proses regenerasi kulit, serta menghasilkan kulit yang lebih halus dan cerah. Kandungan Lime Pearl secara halus mengeksfoliasi permukaan kulit, mengatasi kulit kusam, dan warna kulit yang tidak merata. Prickly pear memiliki tiga fungsi yaitu untuk eksfoliasi, menghidrasi, dan menyediakan antioxidant.

Serta, ada kandungan Plant-derived hyaluronic acid yang membantu untuk melembabkan kulit, sementara aloe vera membantu untuk mendinginkan dan menghidrasi kulit.

Baca juga : 4 Rekomendasi Acne Patch Bentuk Lucu

Dari beberapa jenis treatment wajah di atas, mana nih yang pernah ZALORAns coba? Jangan hanya treatment saja, tapi juga maksimalkan dengan penggunaan skincare yang tepat dan sesuai dengan permasalahan kulitmu!

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Audrylea Reika, Fitrian Nurentama