Mengenal Perbedaan Physical Dan Chemical Sunscreen, Apa sih Bedanya?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti kulit terbakar, penuaan dini, dan kanker kulit.

Ada dua jenis sunscreen yang umum digunakan, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Kedua jenis sunscreen ini memiliki cara kerja yang berbeda dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Source: House of Beauty India

Physical Sunscreen

Physical sunscreen juga dikenal sebagai sunblock. Sunscreen jenis ini bekerja dengan membentuk lapisan fisik di atas kulit yang menghalangi sinar UV dari masuk ke dalam kulit. Bahan aktif yang umum digunakan dalam physical sunscreen adalah zinc oxide dan titanium dioxide.

Physical sunscreen mempunyai banyak kelebihan. Yang pertama, aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Physical sunscreen juga tidak menyumbat pori-pori dan tidak menyebabkan iritasi jadi pastinya nyaman untuk semua jenis kulit.

Meskipun ada kelebihan, physical sunscreen juga mempunyai beberapa kekurangan. Diantara lain, physical sunscreen dapat meninggalkan white cast, terutama pada kulit berwarna gelap. Terkadang juga tipe sunscreen ini dapat terasa berat dan lengket.

Baca juga : 5 Tipe Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Chemical sunscreen

Jika Physical sunscreen biasa dipanggil “Sunblock”, chemical sunscreen biasa dipanggil “sunscreen”. Chemical sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sehingga tidak dapat menembus kulit dan jadi mudah menyerap di kulit.

Bahan aktif yang umum digunakan dalam chemical sunscreen adalah avobenzone, oxybenzone, octinoxate, dan octisalate dan chemical sunscreen baru aktif bekerja setelah 20-30 menit diaplikasikan pada kulit. Tekstur chemical sunscreen bervarian, tergantung tipe sunscreen. Untuk sunscreen gel, biasanya terasa lebih ringan dan tidak lengket. Namun untuk lotion, tesktur lotion terasa lebih kental dan lebih lengket daripada gel. 

Source: Erha Skincare

Untuk chemical sunscreen, kamu bisa coba Erha Perfect Shield Clearly Light. Sunscreen ini mempunyai tekstur ringan dan tidak lengket yang diformulasikan khusus untuk kulit normal cenderung berminyak dan kulit berminyak. Tabir surya ini mengandung bahan aktif SPF 50/ PA++++ yang memberikan perlindungan yang optimal dari sinar UVB dan UVA.

Baca juga : Sunscreen untuk Usia 40 Tahun Keatas, Rahasia Awet Muda

Cara Memilih Sunscreen yang Tepat

Pilihan sunscreen yang tepat tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan kamu. Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilih physical sunscreen. Jika kamu memiliki kulit berminyak atau berjerawat, sebaiknya pilih chemical sunscreen.

Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30. Makin tinggi SPF nya makin lebih efektif. Kemudian pilihlah sunscreen yang memiliki broad spectrum, yaitu melindungi dari sinar UVA dan UVB. Pilihlah sunscreen yang cocok untuk jenis kulit kamu!

Dengan menggunakan sunscreen secara rutin dan Oleskan sunscreen secara merata ke seluruh kulit 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Kamu dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan mencegah berbagai masalah kulit.

Baca juga : Sunscreen untuk Kulit Kering, Lembab Terhidrasi Sempurna

Dapatkan berbagai macam skincare original dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika