Manfaat Tawas yang Baik untuk Ketiak

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

Tawas adalah sejenis garam mineral alam yang memiliki kegunaan sangat beragam, mulai dari penggunaan dalam produk-produk perawatan hingga sebagai bahan kimia dalam industri. Dalam produk perawatan, tawas sering digunakan sebagai antiperspirant alami karena sifatnya yang mampu mengontrol keringat dan bau badan dengan cara membantu menyumbat kelenjar keringat sehingga produksi keringat berkurang. 

Banyak orang memilih tawas sebagai alternatif alami yang lebih aman daripada deodoran yang mungkin mengandung bahan kimia tertentu. Yuk, cari tahu manfaat lengkap dari tawas untuk ketiak berikut ini!

Baca juga : Cara Membuat Pola Dasar Baju Wanita

Manfaat Tawas untuk Ketiak

1. Menghilangkan Bau Badan

Source: Freepik

Apakah kamu memiliki masalah bau badan? Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan tawas untuk mengatasinya! Tawas efektif dalam mengendalikan bau tidak sedap.

Sifat astringen tawas membantu mengurangi produksi keringat serta membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan. Tawas tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk bentuk potongan batu, serbuk, atau dalam campuran dengan produk perawatan lainnya. 

2. Memutihkan Ketiak Gelap

Source: Freepik

Ketiak yang gelap dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri memakai baju sleeveless, seperti tank top atau one shoulder top. Kini, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan tawas sebagai bahan alami untuk memutihkan ketiakmu.

Tawas dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit, mengurangi produksi keringat, dan mengurangi iritasi. Sifat ini memungkinkannya memberikan tampilan kulit yang lebih cerah dan warna kulit yang merata. 

3. Menghaluskan Kulit Ketiak

Source: Freepik

Ketika kamu selesai mencukur bulu ketiak, biasanya permukaan ketiak terasa kasar bukan? Nah, tawas dapat berfungsi untuk melembutkan dan menghaluskan kulit ketiakmu. Banyak orang merasa bahwa penggunaan tawas secara teratur membantu menjaga kulit ketiak tetap halus dan bebas dari masalah kulit seperti jerawat kecil. 

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Bye Bau Badan!

4. Mencegah Terjadinya Iritasi Kulit

Source: Freepik

Iritasi pada kulit ketiak bisa disebabkan karena gesekan antara kulit dengan pakaian. Tawas dapat membantu mengendalikan produksi keringat berlebihan yang sering kali dapat memperburuk iritasi kulit.

Dengan mengurangi kelembaban dan gesekan, tawas dapat membantu mencegah masalah kulit seperti ruam, kemerahan, dan jerawat kecil yang sering terjadi di daerah ketiak. 

5. Mengurangi Keringat Berlebih

Source: Freepik

Kandungan mineral alami pada tawas dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit dan membatasi keluarnya keringat. Dengan demikian, tawas dapat membantu mengatasi masalah keringat berlebih yang seringkali mengganggu kenyamanan sehari-hari.

Inilah kenapa tawas biasanya dijadikan sebagai bahan pembuat deodoran. Karena tawas memiliki sifat hypoallergenic, sehingga aman menggunakan produk ini tanpa risiko reaksi alergi. 

6. Mencegah Pertumbuhan Bakteri

Bau ketiak yang tidak sedap sering kali disebabkan oleh pertumbuhan bakteri pada kulit di daerah ketiak. Ketika berkeringat bercampur dengan bakteri di kulit, terutama jika area itu lembab, menciptakan kondisi yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak, sehingga menyebabkan bau badan. 

Bau ketiak ini dapat sangat mengganggu dan memengaruhi rasa percaya diri. Inilah mengapa menjaga kebersihan dan menggunakan produk seperti tawas yang mampu mengendalikan pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau badan sangat penting untuk menjaga ketiak tetap segar dan harum sepanjang hari.

Baca juga : Cara Memutihkan Ketiak, Tampil Lebih Percaya Diri

Nah, itulah beberapa manfaat dari tawas yang baik untuk ketiak. Jagalah kebersihan tubuhmu untuk menghindari dari berbagai permasalahan bau badan dan kulit lainnya. 

Dapatkan berbagai produk body care yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau hanya di ZALORA! Nikmati ekstra diskon dan promo menarik lainnya khusus untukmu

Penulis: Fitrian Nurentama