Ketahui Perbedaan Smoothing dan Rebonding

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

Rambut yang lurus dan lembut menjadi idaman bagi kebanyakan wanita. Rambut lurus memberikan kesan yang elegan dan memungkinkanmu untuk menciptakan berbagai style, mulai dari tampilan casual hingga tampilan formal yang anggun.

Bagi kamu yang memiliki rambut wavy atau curly tidak perlu khawatir! Kamu bisa meluruskan rambut menggunakan catok sebelum beraktivitas. 

Namun, jika kamu merasa mencatok rambut setiap saat itu merepotkan, kamu bisa meluruskan rambut dengan smoothing atau rebonding. Kedua treatment ini mampu mempertahankan rambut lurus dalam waktu yang lebih lama.

Lalu, apa sih perbedaan antara smoothing dan rebonding? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Minyak Rambut Pria, Rahasia Hair Styling Tahan Lama

Perbedaan Smoothing dan Rebonding

1. Metode Pelurusan

Smoothing merupakan teknik meluruskan dan melemaskan rambut  tanpa mengubah strukturnya. Proses pelurusannya menggunakan bahan kimia dengan level soft/mild. Metode smoothing juga menutup kutikula atau bagian terluar rambut untuk mengurangi kusut, sehingga didapatkan hasil rambut yang lurus.

Sedangkan rebonding merupakan metode pelurusan rambut dengan mengubah struktur dari rambut keriting. Oleh karena itu, obat pelurus yang digunakan cukup kuat. Obat tersebut yang akan mengubah struktur alami rambut keriting menjadi lurus.

Setelah rambut diberikan obat pelurus, rambut didiamkan beberapa menit, lalu rambut dibilas, dikeringkan, dicatok, dan diberi obat penetral. Setelah itu, rambut dibilas lagi, dikeringkan, dan dicatok lagi.

2. Obat yang Digunakan

Smoothing rambut sering melibatkan penggunaan produk kimia khusus yang mengandung protein, seperti keratin yang tidak mengubah struktur rambut, karena hanya diperuntukkan guna meluruskan dan menghaluskan rambut. Pemberian obat ini pada saat sebelum dilakukan proses pencatokan

Proses rebonding rambut melibatkan penggunaan produk kimia yang lebih kuat, yaitu relaxer untuk mengubah struktur rambut dan neutralizer sebagai penetral obat pertama. Obat ini mengandung Tioglikolat yang berfungsi untuk merombak struktur rambut secara permanen untuk membuatnya menjadi lurus.

3. Lama Waktu Pengerjaan

Waktu pengerjaan smoothing dan rebonding rambut dapat bervariasi tergantung pada panjang dan ketebalan rambutmu. Umumnya, proses smoothing lebih lama dibandingkan dengan rebonding. Smoothing rambut biasanya memerlukan waktu minimal 3 jam, meskipun hasilnya tidak permanen. Produk smoothing rambut bekerja dengan meratakan ikatan keratin dalam rambut, sehingga rambut terlihat lebih lurus dan halus.

Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk rebonding berkisar antara 2 hingga 3 jam. Selama proses ini, ikatan rambut diubah secara permanen untuk menghasilkan rambut yang benar-benar lurus. Rebonding adalah pilihan yang lebih tahan lama daripada smoothing.

Baca juga : Jenis Style Perm Rambut untuk Hasil Gelombang yang Menawan

4. Hasil Akhir

Hasil smoothing lebih terlihat lurus alami dibandingkan dengan rebonding. Smoothing membuat rambut lebih lemas seperti habis dicatok. Sedangkan rebonding lebih terasa kaku. Namun, rebonding lebih tahan lama dibanding smoothing. Biasanya, rebonding bisa bertahan hingga 1 tahun, sedangkan smoothing sekitar 6 bulan. Rebonding menghasilkan rambut yang lebih lurus.

5. Efek Perawatan

Karena proses rebonding menggunakan obat yang lebih kuat, pastinya bisa membuat rambut rawan rusak atau kering, sehingga rambut lebih mudah patah dan bercabang. Sedangkan smoothing, meskipun tidak banyak menggunakan bahan kimia, namun bisa saja kerusakan rambut terjadi setelah beberapa lama. Namun, karena smoothing menggunakan keratin, sehingga lebih ternutrisi.

Untuk mencegah kerusakan rambut, kamu harus melakukan perawatan rambut yang tepat, tidak perlu pergi ke salon, kamu bisa melakukannya sendiri dirumah. Kamu bisa gunakan Moist Diane Extra Smooth & Straight Hair Mask yang membantu merawat rambutmu.

Moist Diane Extra Smooth Straight Hair Mask

Moist Diane Extra Smooth Straight Hair Mask

Source: Zalora

Moist Diane Extra Smooth & Straight Hair Mask merupakan produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan-bahan natural, diformulasikan khusus sebagai solusi untuk permasalahan rambut kasar dan sulit diatur. Formula Anti-Frizz Protection, membuat rambut lebih mudah diatur dengan mengurangi kelembaban di udara dan menjaga keseimbangan kelembaban pada rambut lurus tanpa alat styling. 

Kandungan Cuticle Keratinnya mampu memperbaiki kerusakan kutikula pada rambut bergelombang dan kasar agar lebih mudah diatur, serta Organic Quinoa & Baobab Oil menutrisi dan mengembalikan kelembaban rambut untuk rambut lebih lurus dan lembut.

Baca juga : Shampoo untuk Rambut Kering, Menutrisi dan Melembabkan!

Itulah beberapa perbedaan smoothing dan rebonding dan rekomendasi hair mask yang bisa kamu pakai dalam merawat rambutmu agar tetap sehat dan tetap lurus. 

Mau cari produk hair care dengan harga terjangkau? Cek selengkapnya hanya di ZALORA dan dapatkan ekstra diskon menarik khusus untukmu!

Penulis : Fitrian Nurentama