10 Kesalahan Saat Memakai Skincare yang Membuat Kulit Berjerawat

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap diĀ ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!Ā 

Kadang, kamu seringkali dibuat bingung kenapa kulit masih terkena jerawat padahal kamu sudah sering sekali merawat dan menjaga kulit. Kemungkinan ada kesalahan saat kamu memakai skincare, dan bukan hanya satu, mungkin ada banyak kesalahan yang dilakukan. Kami akan memaparkan apa saja kesalahan saat memakai skincare yang mengakibatkan kulit menjadi berjerawat.

1. TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN SKINCARE DAN TIDAK SESUAI DENGAN JENIS KULIT

Semakin beragamnya produkĀ skincare, kamu pasti penasaran ingin mencoba semuanya, padahal belum tentu semuanya cocok dengan jenis kulit karena tidak semua produkĀ skincareĀ cocok dengan kulitmu.

Kebiasaan seperti ini yang akhirnya jadi menimbulkan masalah lain di kulit, seperti jerawat yang membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengatasinya. Jadi kalau kamu ingin mencoba berbagai produkĀ skincare, pastikan terlebih dahulu jenis kulitmu. Jika sudah ditentukan, coba pakai produk tersebut selama seminggu hingga dua minggu.

Baca juga : Manfaat Retinol untuk Wajah dan Cara Penggunaan yang Benar

2. GANTI-GANTI SKINCARE

Kesalahan ini hampir sama seperti di atas. Karena hari pertama kamu merasa tidak cocok dan terdapat efek yang tidak bagus, akhirnya kamu menoba produk lain dengan formula yang berbeda. Tentu saja kebiasaan ini membuat kulit rentan terhadap jerawat.

3. MEMAKAI SUNSCREEN HANYA SAAT PANAS

Karena di luar cuacanya mendung kita jadi malas untuk mengaplikasikan sunscreen saat mau keluar rumah. Hal seperti seharusnya dihindari, karena bagaimana pun cuacanya menggunakan sunscreen sifatnya adalah wajib. Bahkan di negara-negara dengan empat musim, para dokter kecantikan juga menyarankan untuk tetap menggunakan sunscreen saat sedang musim dingin.

4. TERLALU SERING CUCI MUKA

Terlalu sering mencuci muka sebenarnya tidak bagus sama sekali. Karena, semakin sering kamu cuci muka justru membuat kulit menjadi iritasi dan bisa merangsang produksi minyak berlebih. Adanya sebum yang berlebih bisa membuat kulit berjerawat. Jadi, cukup dengan cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam hari. Jika kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan, tidak menggunakan makeup, dan tidak terlalu banyak berkeringat, cukup bilas wajah dengan air hangat di malam hari.

5. MELUPAKAN PROSES EKSFOLIASI

Eksfoliasi adalah perawatan kulit yang punya fungsi mengangkat sel-sel kulit mati. Proses eksfoliasi yang rutin dapat memberikan efek berbeda ke wajah, karena sel-sel kulit mati yang terangkat akan digantikan dengan sel kulit yang baru. Jadi kamu melewatkan proses yang satu ini, bekas-bekas jerawat akan tinggal lebih lama di kulit.

6. SALAH MENGGUNAKAN SKINCARE REMEDY

Natural maskĀ lagi jadi trenĀ skincare, bahkan banyakĀ beauty vlogger yang memberikan tutorial tentangĀ natural mask. Mungkin, di awal penggunaanĀ natural maskĀ akan ada yang berhasil. Namun, tidak jarang juga di tengah-tengah pemakaian, kulit justru menjadi rusak. Mungin ada yang salah saat memakaiĀ natural maskĀ tersebut, seperti kurang bersih saat mencuci wajah. Jadi, sebelum kamu menggunakan masker yang alami jangan lupa untuk melakukanĀ double cleansing.

Baca juga : Rahasia Wangi Tahan Lama: Rekomendasi Parfum dan Tips Penggunaannya yang Benar

7. TIDUR MASIH MENGGUNAKAN SHEET MASK

Tidak ada yang salah dengan menggunakan sheet mask setiap hari, yang salah adalah jika kamu memakai sheet mask dan dibawa tidur. Jika dipakai terlalu lama, sheet mask bukan lagi menjadi skincare yang melembapkan wajah, tapi malah membuat kulitmu kering.

8. MENGGUNAKAN BABY WIPES SEBAGAI MAKEUP REMOVER

Baby wipes, atau tisu bayi, tidak dirancang sebagai makeup remover ataupun makeup cleanser. Memang setelah menggunakan baby wipes, kulit menjadi lebih bersih, namun kenyataannya tisu bayi tidak membersihkan pori-pori. Gerakan saat membersihkan wajah menggunakan baby wipes ini juga terlalu harsh untuk kulit wajah.

9. CARA MEMAKAI SERUM YANG SALAH

Biasanya serum punya fungsi untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun bagaimana jika setelah memakai serum, jerawat malah semakin banyak? Jadi, sebelum kamu memakai serum, pastikan bahwa kamu sedang tidak berjerawat. Karena jika kamu memakai serum saat breakout, kondisi jerawatmu akan semakin parah

10. LUPA MENGAPLIKASIKAN MOISTURIZER

Sama halnya kayakĀ sunscreen, pelembap atauĀ moisturizerĀ harus tetap jadiĀ skincareĀ yang harus dipakai setiap hari. Biasanya, setelah membersihkan wajah, kelembapan alami kulit akan terkikis. Jadi pastikan untuk menjaga kelembapan kulit agar terus seimbang. Jangan lupa untuk memilih pelembap yang memiliki tekstur ringan sepertiĀ lotionĀ danĀ gel.

Penulis : Gogirl!