Kenali Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak, Kunci Kulit Sehat dan Mulus!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Skin barrier yang rusak itu bisa jadi masalah banget buat kulit ZALORAns! Lapisan pelindung ini berfungsi buat menjaga kelembaban dan melindungi kulit dari iritasi. Jadi kalau rusak, kulit bisa jadi sensitif, kering, dan gampang berjerawat. Banyak faktor yang bisa bikin skin barrier kamu jadi rusak. Seperti pakai produk perawatan yang terlalu keras, terlalu sering mencuci wajah atau terlalu lama di bawah sinar matahari.

Nah, biar skin barrier ZALORAns bisa pulih, penting banget buat merawat kulit dengan produk yang lembut dan tetap melembabkan. Hindari bahan-bahan yang bisa bikin iritasi ya! Coba deh gunakan serum atau krim yang ada kandungan Ceramides, Hyaluronic Acid, atau Niacinamide. Kandungan ini bisa bantu memperbaiki kembali skin barrier ZALORAns dan bikin kulit kamu lebih sehat.

Lalu, seperti apa sih ciri-ciri skin barrier yang rusak itu? Yuk, intip beberapa ciri-cirinya dan skincare yang tepat untuk membantu memperbaiki skin barrier yang rusak berikut ini!

Baca juga : Review Skintific Moisturizer, Lembabkan Kulit dan Meperbaiki Skin Barrier

Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak

1. Kulit Kemerahan

Ketika skin barrier terganggu, kulit jadi lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi yang bisa menyebabkan munculnya kemerahan di area wajah atau bagian lain dari kulit. Kemerahan ini biasanya disertai dengan rasa gatal, kering, atau bahkan perih, dan bisa muncul di mana saja. Terutama di area yang sering terpapar produk perawatan atau sinar matahari.

2. Kulit Terasa Gatal

Biasanya ketika terjadi iritasi kulit, rasa gatal akan muncul, terutama setelah ZALORAns mencuci wajah atau pakai produk skincare. Rasa gatal ini bisa bikin ZALORAns pengen menggaruk kulit, tapi sebisa mungkin hindari ya! Karena menggaruk malah bisa bikin kondisi kulit semakin parah.

3. Kulit Kering

Ketika skin barrier tidak berfungsi dengan baik, kelembapan dalam kulit jadi gampang hilang, sehingga kulit terasa kering dan kasar. Kulit kering ini bisa disertai dengan rasa tertarik, gatal, atau bahkan mengelupas. Selain itu, kulit yang kering juga rentan terhadap iritasi dan kemerahan, membuatnya terlihat kusam dan tidak sehat. 

4. Hiperpigmentasi

Area kulit tertentu bisa tampak lebih gelap atau bercak-bercak hitam muncul, membuat tampilan kulit jadi nggak merata. Jadi, kalau ZALORAns mulai notice hiperpigmentasi atau tanda-tanda lain, bisa jadi skin barrier kamu butuh perhatian lebih. 

5. Iritasi Kulit Parah

ZALORAns mungkin bakal merasakan rasa gatal, kemerahan, atau bahkan perih ketika mengalami skin barrier yang rusak. Kalau udah begini bisa bikin kulit terasa tidak nyaman dan tampak tidak sehat. Selain itu, iritasi ini bisa muncul di area tertentu atau menyebar ke seluruh wajah, tergantung seberapa parah kerusakannya. 

Baca juga : Skin Barrier: Definisi, Peran dan Cara Perawatannya

Rekomendasi Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

1. SOULYU Intensive Barrier Brightening Moisturizer

Source: ZALORA

Soulyu Intensive Barrier Brightening Moisturizer merupakan rangkaian produk skincare dari Soulyu yang ringan dan lembut dengan tekstur gel-cream. Mengandung bahan pelembab dan pencerah seperti Moist 24 PH, White Gen, Alpha Arbutin, dan Hyalo Oligo yang berfungsi sebagai perlindungan kulit alami. Sehingga, dapat meningkatkan hidrasi pada kulit secara langsung hingga 24 jam. 

Diperkaya dengan Peptide Complex yang dapat membuat kulit lebih kenyal dan terasa lebih sehat serta cerah merata. Pelembab ini mampu memperbaiki keseluruhan lapisan kulit (lapisan luar dan dalam). Selain itu, juga bisa mencerahkan dan memelihara kesehatan kulit.

Tekan satu hingga dua pump moisturizer. Oleskan secukupnya pada kulit. Ratakan pada seluruh permukaan wajah. Pijat hingga sepenuhnya terserap dalam kulit. Moisturizer ini dapat digunakan pada pagi dan malam hari.

Pelembab ini mengandung Moist 24 0.5% yang secara efektif menciptakan penyimpanan moisturizer yang dapat menghidrasi di dalam kulit. Serta, melembabkan kulit secara menyeluruh hingga 24 jam.

Kandungan White Gen 2% merupakan bentuk asam kojic yang disintesis yang ampuh mencerahkan kulit, menghambat proses produksi melanin. Sebagai anti inflamasi pada kulit yang rusak akibat sinar UV. Berfungsi untuk mengurangi ketidaksempurnaan kulit seperti hiperpigmentasi, melasma, liver spot, age spot, dan freckles. Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan sintesis kolagen agar kulit tetap sehat dan kenyal.

Ada juga kandungan Alpha Arbutin 2% yang bekerja secara efektif untuk mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, dan mengurangi munculnya area gelap. Dengan konsentrasi 2% lebih kuat, sehingga dapat memberikan hasil yang lebih cepat.

Kandungan Peptide Complex dapat menggabungkan enam jenis peptida, bermanfaat sebagai anti penuaan yang dapat mengurangi munculnya kerutan dan garis halus. Selain itu, ada kandungan Hyalo Oligo yang bermanfaat untuk menembus lapisan tanduk kulit secara mendalam. Sehingga, dapat mempertahankan tingkat kelembaban untuk waktu yang lama, serta berkontribusi untuk menghidrasi kulit dalam waktu lama.

2. SOMETHINC 5% Niacinamide Barrier Serum

Source: ZALORA

Serum Niacinamide dengan formulasi Vegan, 3 jenis Ceramide dan Rosa Damascena Water. Kandungan ini dapat memperkuat skin barrier, mencerahkan, menyamarkan noda hitam, mengurangi kemerahan, dan melembabkan kulit. Cocok untuk semua jenis kulit dan kulit bruntusan. Karena serum ini juga dapat membantu mengatasi jerawat dan mengurangi kemerahan. Selain itu, juga bisa melembabkan dan meminimalisir kulit kering pecah-pecah. 

Kandungan Rosa Damascena Flower Water di dalamnya bersifat anti-aging dan meminimalisir tampilan pori-pori besar. Serta, mengurangi produksi minyak berlebih dan membantu meratakan warna kulit.

Ada juga kandungan Niacinamide yang melembabkan kulit, mengatasi hiperpigmentasi, meredakan kemerahan, jerawat yang meradang, serta meratakan tekstur kulit. Kandungan Ceramide NP, Ceramide AP, dan Ceramide EOP mampu memperkuat lapisan pelindung kulit, melembabkan, dan menyamarkan kerutan. Sedangkan, kandungan Zinc PCA dapat mengontrol produksi minyak berlebih, mengatasi peradangan jerawat, dan melindungi kulit dari radikal bebas sinar UV.

Selain itu, terdapat kandungan Hydrolyzed Algae Extract yang menghidrasi dan mencerahkan kulit. Serta, kandungan Beta Vulgaris Root Extract sebagai sumber antioksidan yang sangat hebat untuk melawan paparan sinar UV dan polusi udara. Bisa juga mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit. 

Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Oleskan 5 – 10 tetes serum ke telapak tangan. Tekan perlahan telapak tangan ke wajah dan tepuk-tepuk serum dengan gerakan ke luar dan ke atas sampai merata ke wajah. Tunggu selama 1-3 menit hingga produk terserap sepenuhnya. Serum ini dapat digunakan setiap hari pada malam dan siang hari.

Baca juga : Toner Hyaluronic Acid Atasi Kulit Kering, Ekstra Lembab!

Itulah beberapa ciri-ciri skin barrier yang rusak yang perlu ZALORAns ketahui. Rawat kulitmu dengan menggunakan skincare yang tepat untuk jenis kulitmu!

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama