Jenis Tindik Telinga dan Cara Merawatnya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Tindik telinga adalah salah satu bentuk tindik yang paling populer. Tindikan telinga dapat dilakukan di berbagai bagian telinga, seperti cuping telinga, daun telinga, dan tragus. Proses piercing atau tindik telinga dapat dilakukan oleh profesional piercer atau di rumah sendiri dengan menggunakan jarum steril. Berikut macam-macam jenis tindik telinga yang perlu kamu ketahui sebagai referensi kamu ya ZALORAns!

Baca juga : 5 Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Alami Dan Medis

Jenis-Jenis Tindik Telinga

Ada berbagai macam jenis tindik diantaranya :

Source: Musemond

1. Tindik Cuping Telinga / Lobe Piercing 

Source: Lisa Eleni

Lobe piercing adalah tindik yang paling umum dilakukan orang. Piercing ini dilakukan di bagian cuping telinga, yaitu di bagian yang lunak dan fleksibel. Bagian lobus telinga merupakan bagian yang paling lembut dan tidak mengandung tulang rawan.

2. Tindik Helix

Source: The Little

Piercing helix adalah jenis piercing yang dilakukan di bagian helix, yaitu bagian lipatan telinga yang berbentuk seperti spiral. Namun, karena tindik ini berada di bagian tulang, maka tindik di area ini menjadi lebih lama untuk sembuh. 

Baca juga : Model Rambut Bob Nungging Layer, Timeless dan Trendy

3. Tindik Tragus


Jenis piercing yang dilakukan di bagian depan telinga, tepat di depan tragus, yaitu tonjolan kecil di depan saluran telinga.

4. Daith piercing

Jenis piercing telinga yang dilakukan di bagian dalam telinga, tepat di depan saluran telinga.

5. Rook piercing 

Source : Sturdy South

Piercing yang dilakukan di bagian dalam telinga, tepat di atas concha, yaitu bagian cekung di telinga.

Perawatan Setelah Tindik Telinga

Proses tindik biasanya berlangsung sekitar 15 menit. Piercer akan membersihkan area kulit telinga kamu dengan alkohol atau antiseptik, lalu piercer akan menemui bagian telinga yang akan ditindik. Kemudian piercer akan menusuk telinga kamu dengan jarum steril. Terakhir, piercer akan memasang perhiasan di telinga kamu.

Setelah melakukan piercing, kamu perlu merawatnya dengan baik agar tidak mengalami infeksi. Jangan lupa untuk bersihkan telinga kamu dengan sabun dan air dua kali sehari dengan sabun dan air hangat. Hindari juga menyentuh telinga kamu dengan tangan yang kotor. 

Untuk kamu yang suka berenang, hindari dahulu berenang selama seminggu setelah tindik agar tidak infeksi. Hindari juga memakai anting yang berat selama beberapa minggu setelah tindik.

Baca juga : Review BASE Skincare, Brand Kecantikan Vegan dari Lokal

Komplikasi Tindik Telinga

Komplikasi tindik telinga yang paling umum adalah infeksi. Infeksi dapat terjadi jika telinga kamu tidak dibersihkan dengan benar. Komplikasi lain yang mungkin terjadi adalah alergi terhadap perhiasan.

Tindik telinga adalah prosedur yang relatif aman jika dilakukan oleh profesional piercer. Namun, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukannya, untuk memastikan kamu mendapatkan hasil yang terbaik.

Dapatkan berbagai produk aksesoris dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika