Inilah 7 Ciri Ciri Kosmetik Berbahaya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Kosmetik adalah produk yang digunakan untuk mempercantik penampilan. Kosmetik yang aman dan berkualitas akan memberikan manfaat bagi kulit. Namun, tidak semua kosmetik aman digunakan. Beberapa produk kosmetik mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri kosmetik berbahaya yang perlu diwaspadai. Simak yuk!

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya

Berikut adalah ciri-ciri kosmetik berbahaya

1. Tidak Memiliki Lisensi BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk melindungi masyarakat dari bahaya obat, makanan, suplemen kesehatan, dan kosmetik. 

Memiliki Lisensi BPOM satu bukti bahwa produk tersebut sudah teruji dan memiliki kandungan yang aman untuk digunakan dan dikonsumsi. Dengan begitu masyarakat atau calon konsumen akan semakin yakin dengan produk tersebut. 

Kosmetik yang dijual secara ilegal biasanya tidak memiliki izin edar BPOM dan tidak terjamin keamanannya.

Baca juga : 5 Manfaat Pedicure Bagi Kesehatan

2. Tidak Memiliki Label Bahan

Kosmetik yang berbahaya seringkali tidak mencantumkan daftar bahan yang digunakan. Ini membuat konsumen sulit untuk mengetahui apa yang mereka aplikasikan pada kulit mereka. Kosmetik yang aman biasanya mencantumkan bahan-bahan yang digunakan dengan jelas.

3. Memiliki harga yang sangat murah. 

Kosmetik yang aman biasanya memiliki harga yang wajar. Jika kosmetik memiliki harga yang sangat murah, kemungkinan besar kosmetik tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya.

4. Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Beberapa kosmetik mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben, ftalat, merkuri, dan timbal. Bahan-bahan ini telah terbukti dapat merusak organ tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti kanker, gangguan hormonal, dan masalah kulit.

5. Reaksi Alergi dan Iritasi Kulit

Ciri utama kosmetik berbahaya adalah kemampuannya untuk menyebabkan reaksi alergi atau iritasi kulit. Ini termasuk ruam, gatal, kemerahan, dan pembengkakan. Bahan-bahan seperti pewarna sintetis dan pewangi kuat adalah pemicu umum reaksi kulit.

6. Perhatikan Hasil Pengujian

Sebelum menggunakan kosmetik, pastikan untuk mencari hasil pengujian produk tersebut. Kosmetik berbahaya seringkali memiliki hasil pengujian yang tidak memuaskan, termasuk adanya kandungan bakteri, kuman, atau zat berbahaya lainnya.

Baca juga : PRP Treatment, Treatment Kecantikan Dengan Darah!

7. Wangi yang Terlalu Kuat

Parfum atau pewangi yang terlalu kuat dapat menemukan adanya bahan kimia berbahaya. Keharuman yang terlalu kuat juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan alergi. Orang dengan kulit sensitif dan alergi parfum sebaiknya menghindari penggunaan kosmetik dengan keharuman yang terlalu kuat.

Selain ciri-ciri di atas, kamu juga perlu berhati-hati dengan kosmetik yang dijual secara ilegal, seperti kosmetik yang dijual di pinggir jalan atau melalui media sosial. Ingat hanya membeli kosmetik dari sumber yang terpercaya. kamu dapat membeli kosmetik dari toko-toko kosmetik yang terpercaya atau dari apotek dan Perhatikan izin edar BPOM. Pastikan kosmetik yang kamu beli memiliki izin edar BPOM.

Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang keamanan kosmetik yang kamu gunakan, konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit. Keamanan kulit dan kesehatan adalah hal yang sangat penting, dan pemilihan kosmetik yang aman adalah langkah pertama untuk memastikannya.

Baca juga : 5 Manfaat Parfum Rambut Dan Rekomendasinya

Nah, itu semua adalah 7 ciri ciri kosmetik berbahaya. Semoga bermanfaat Ya! 

Dapatkan berbagai macam kosmetik original dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika