Double Cleansing Kamu Masih Salah, Ini Yang Benar!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

Double cleansing adalah salah satu metode dalam perawatan kulit wajah yang cukup populer. Hal ini dikarenakan cara ini sangat efektif dalam membersihkan kulit secara menyeluruh dari debu, kotoran, dan makeup sampai ke dalam pori-pori wajah. 

Walau demikian, ternyata masih banyak orang yang salah mengerti tentang double cleansing dan bahkan tidak tahu bagaimana cara melakukannya dengan benar. 

Dalam artikel ini, ZALORA akan membahas secara mendalam tentang apa itu double cleansing, manfaat, serta cara melakukannya dengan baik dan benar, sehingga kulit wajah kamu lembut dan sehat.

Baca juga : Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Tak Hanya Mencerahkan!

Apa itu Double Cleansing

Kita mulai dari definisinya, Double cleansing adalah sebuah metode yang digunakan untuk membersihkan wajah dalam dua tahap. 

Tahapan pertama adalah menggunakan cleanser atau pembersih wajah yang berfungsi untuk membersihkan kulit wajah secara keseluruhan dari debu, kotoran, dan makeup. 

Adapun kamu bisa menggunakan cleansing oil atau balm untuk melarutkan makeup, minyak berlebih, debu dan kotoran yang menempel pada kulit. 

Cleansing oil umumnya lebih cair dan cukup efektif untuk menghilangkan makeup yang waterproof atau tahan terhadap air, sedangkan cleansing balm biasanya berbentuk padat dan dapat berubah menjadi minyak saat terkena suhu kulit. 

Kemudian, tahapan kedua adalah menggunakan sabun khusus pencuci wajah untuk membersihkan sisa kotoran dan menjaga keseimbangan kulit. 

Tipe Kulit yang Cocok untuk Double Cleansing

Metode ini lebih disarankan untuk para pemilik kulit wajah yang normal cenderung berminyak. Jika kamu memiliki masalah kulit wajah yang berjerawat, kamu bisa menggunakan obat jerawat setelah melakukan metode double cleansing.

Walau nyatanya metode ini cukup efektif untuk membersihkan pori-pori wajah, metode ini juga dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan iritasi, terutama jika produk yang digunakan mengandung bahan yang cukup keras. Sehingga metode ini kurang dianjurkan untuk pemilik kulit wajah sensitif dan kering.

Hal yang perlu kamu harus tahu, metode ini tidak perlu dilakukan setiap kali kamu mencuci wajah. 

Adapun waktu ideal untuk melakukan double cleansing adalah pada malam hari sebelum tidur. Jika terlalu sering melakukannya akan membuat lapisan minyak alami pada kulit akan menghilang yang menyebabkan kulit menjadi kering. 

Jika kamu sudah melakukannya namun ternyata menyebabkan beberapa permasalahan kulit wajah. Cobalah perhatikan produk yang digunakan. Kemungkinan besar ada beberapa kandungan di dalam produk yang tidak cocok dengan kulit wajah kamu. 

5 Manfaat Double Cleansing Untuk Kulit

Double cleansing bukan sekadar tren kosmetik, tetapi metode perawatan kulit yang memiliki sejumlah manfaat signifikan. 

Dengan melakukan proses membersihkan yang benar, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan bagi kesehatan dan penampilan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari double cleansing.

Membersihkan Secara Mendalam

Salah satu manfaat utama double cleansing adalah untuk membersihkan kulit secara keseluruhan. 

Tahap pertama menggunakan cleansing oil atau balm untuk melarutkan makeup, minyak berlebih, dan kotoran. Kemudian, tahap kedua dengan facial cleanser memastikan bahwa semua sisa-sisa ini benar-benar diangkat, menjadikan kulit benar-benar bersih.

Mencegah Komedo dan Jerawat

Membersihkan kulit secara menyeluruh adalah langkah penting dalam mencegah komedo dan jerawat. 

Metode ini juga dapat menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan bakteri penyebab peradangan kulit. Ini membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan mengurangi risiko jerawat.

Meningkatkan Penyerapan Produk Perawatan Kulit

Setelah membersihkan kulit dengan dua langkah, produk perawatan kulit selanjutnya, seperti serum dan pelembab dapat diserap lebih baik oleh kulit. 

Kulit yang bersih akan lebih responsif terhadap produk perawatan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

Meningkatkan Tekstur Kulit

Dengan menghilangkan lapisan makeup dan minyak yang menumpuk di kulit, double cleansing dapat meningkatkan tekstur kulit. Kulit terasa lebih halus dan tampak lebih cerah setelah menjalankan rutinitas ini secara teratur.

Menjaga Keseimbangan Kulit

Double cleansing juga menjaga keseimbangan kulit. Dengan melakukannya secara konsisten, kulit wajah akan terbebas dari permasalahan kulit, seperti berjerawat, kusam, dan komedo.

Baca juga : Inilah Produk Eksfoliasi Wajah, Bikin Ekstra Glowing!

5 Produk Double Cleansing Terbaik 

Memilih produk cleanser yang tepat sangatlah penting. Walaupun sudah banyak berbagai merek yang mengeluarkan produk cleansing, kamu juga harus memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut. 

Untuk memudahkan kamu dalam mencari produk cleanser apa saja, berikut ZALORA sudah merangkum 5 produk double cleansing terbaik yang bisa kamu coba. 

Heimish All Clean Balm

Heimish All Clean Balm adalah cleansing balm yang populer dengan tekstur yang lembut dan ringan. Produk ini mampu menghilangkan makeup dan kotoran dengan mudah tanpa menyebabkan iritasi. 

Banila Co Clean It Zero Cleansing Balm

Banila Co Clean It Zero Cleansing Balm merupakan salah satu produk pionir. Cleansing balm ini sangat efektif dalam menghilangkan makeup yang waterproof dan membuat kulit menjadi lebih segar dan bersih.

DHC Deep Cleansing Oil

DHC Deep Cleansing Oil adalah salah satu cleansing oil terbaik di tahun 2023. Formulanya ringan dan mudah untuk diaplikasikan. Cleansing oil ini dapat melarutkan makeup, minyak, dan kotoran tanpa meninggalkan residu di kulit.

Hada Labo Gokujyun Cleansing Oil

Hada Labo Gokujyun Cleansing Oil adalah produk yang cocok digunakan untuk kulit sensitif. Produk ini mengandung hyaluronic acid yang membantu melembabkan kulit sekaligus membersihkannya secara efektif.

CeraVe Hydrating Cleanser

CeraVe Hydrating Cleanser adalah facial cleanser yang lembut dan cocok untuk berbagai jenis kulit, tanpa menghilangkan kelembaban alami kulit wajah. 

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Double Cleansing

Meskipun metode double cleansing memiliki sejumlah manfaat besar seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mencobanya, berikut informasinya.

Pemilihan Produk yang Tepat

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda sehingga sangat penting untuk menemukan produk double cleansing yang tepat. 

Jika produk clenaser yang kamu punya justru membuat kulit mengalami sejumlah permasalahan seperti komedo, kemerahan, atau jerawat, sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut dan beralihlah ke produk dari merek lain.

Kulit Sensitif

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu harus sedikit berhati-hati dalam melakukan metode double cleansing. Ada beberapa kasus dimana setelah melakukannya, kulit akan mengalami kemerahan dan iritasi. 

Jika ini terjadi pada kamu, cobalah untuk kembali membaca label kemasan dengan cermat dan melakukan patch test sebelum menggunakannya secara menyeluruh.

Penyumbatan Pori-Pori

Meskipun double cleansing dapat membantu mencegah komedo dan jerawat. Beberapa orang mungkin akan mengalami penyumbatan pori-pori jika produk cleansernya tidak dibilas dengan benar. Jadi, pastikan untuk membilas wajah secara menyeluruh setelah tahap kedua.

Baca juga : 5 Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Metode double cleansing adalah metode yang sangat efektif untuk membersihkan pori-pori wajah secara keseluruhan. Walau demikian, kamu juga harus memperhatikan kondisi dan jenis kulit sebelum mencoba produk dan metode ini.

Kamu bisa membeli seluruh produk double cleansing dari berbagai merek hanya di ZALORA Indonesia dengan harga yang kompetitif dan produk dijamin original.