Cara Tau Undertone Skin Kamu dengan Mudah!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah kamu pernah mengalami kesulitan dalam menentukan warna baju? Contohnya, warna baju A membuat kulit kamu terlihat mencolok, sedangkan warna baju B justru membuat kulit kamu terlihat lebih gelap. 

Atau mungkin, kamu pernah kesulitan dalam menentukan warna foundation? Contohnya, foundation warna A terlalu terang di kulit wajah kamu, sedangkan foundation warna B justru membuat kulit wajah terlihat kusam?

Sulitnya dalam menentukan warna foundation hingga produk fesyen disebabkan karena kamu belum mengetahui jenis undertone skin kamu yang sebenarnya. 

Khusus buat ZALORAns yang penasaran dengan skin undertones, artikel ini akan membahas definisi skin undertones, apa saja warna skin undertones yang ada, hingga warna apa yang cocok untuk masing-masing skin undertones.

Dengan kamu memahami skin undertones, kamu akan dengan mudah menentukan warna produk, seperti foundation, pakaian, hingga aksesoris untuk menunjang penampilan kamu.

Skintone Vs Undertone

Perlu kamu garis bawahi, skintone dan undertone adalah dua hal yang sangat berbeda.

Skintone adalah warna kulit yang bisa dilihat langsung dibawah sinar matahari. Umumnya, skintone akan mengalami hiperpigmentasi— kondisi kulit yang warnanya berbeda dari warna sekitarnya— jika tidak dirawat secara rutin.

Di Indonesia sendiri, setidaknya ada tiga jenis skintone, yaitu putih gading, sawo matang, dan kuning langsat. 

Kuning langsat dan sawo matang adalah dua skintone yang paling umum yang dimiliki oleh masyarakat di Indonesia.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, skintone ini akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Dilansir Be Young Holic warna kulit seseorang didasarkan pada sel yang bernama melanocytes.

Sel melanocytes adalah sel yang memproduksi melanin, dimana melanin adalah pigmen yang melindungi kulit dari sinar matahari serta yang memberikan warna pada kulit. Semakin aktif melanocytes, semakin banyak melanin yang diproduksi, dan semakin gelap warna kulit.

Lalu, bagaimana dengan undertone?

Undertone adalah warna dasar kulit yang tidak akan berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini disebabkan karena genetik atau keturunan. Jenis skin undertones yang paling umum ada tiga, yaitu cool, neutral, dan warm. Lalu, bagaimana cara mengidentifikasi undertone skin kamu?

Baca juga : Primer yang Bagus, Dijamin Makeup Nempel dan Awet

Cara Mengetahui Undertone Skin 

Ada banyak metode yang bisa kamu lakukan dalam menentukan undertone kulit kamu. Metode yang ZALORA berikan adalah metode sederhana yang bisa kamu lakukan dari rumah.

Tapi, jika kamu mengalami kendala dan masih ragu dengan jenis undertone skin, kamu bisa mengunjungi klinik kecantikan dan meminta para ahli untuk memeriksa warna dasar kulit kamu.

1. Periksa Urat Nadi Pergelangan Tangan

Metode pertama yang bisa kamu coba sekarang adalah dengan memeriksa warna urat nadi pada pergelangan tangan di bawah sinar matahari.

Perhatikan warna urat nadi kamu. Apakah warnanya kehijauan, atau biru keunguan, atau bahkan sedikit pigmen warna? Masing-masing warna urat nadi memiliki maknanya tersendiri.

  • Warna urat nadi kehijauan: ini berarti kamu memiliki skin undertones hangat atau warm.
  • Warna urat nadi biru atau keunguan: ini berarti kamu memiliki skin undertones dingin atau cool.
  • Warna urat nadi sedikit pigmen: ini berarti kamu memiliki skin undertones netral.

2. Perhatikan Aksesoris Yang Digunakan

Keuntungan lainnya dengan kamu mengetahui skin undertones adalah kamu dapat dengan mudah menentukan warna perhiasan atau aksesoris yang akan kamu kenakan.

Untuk kamu yang memiliki skin undertones hangat, kamu bisa menggunakan aksesoris atau perhiasan dengan warna kuning keemasan.

Lalu, untuk kamu yang memiliki skin undertones dingin, kamu bisa menggunakan aksesoris dengan warna perak, platinum, dan rose gold.

Sedangkan, untuk kamu yang memiliki skin undertones netral, kamu bisa menggunakan hampir seluruh warna aksesoris yang ada, seperti gold dan silver.

Baca juga : Cushion untuk Kulit Berminyak Terbaik, Anti Kilap Seharian!

3. Gunakan Pakaian Berwarna Netral

Source: Healthline

Metode selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan memakai pakaian berwarna netral. Cobalah untuk berdiri tepat di depan cermin dengan ruangan yang cukup terang. Kemudian, pakai pakaian berwarna netral seperti hitam dan putih. 

Umumnya, jika kamu memiliki skin undertones dingin, warna putih akan memberikan kesan bersih dan cerah pada warna kulit. 

Sebaliknya, jika kamu memiliki undertones skin hangat, warna putih justru akan membuat penampilan kamu kurang maksimal, dan membuat warna kulit menjadi terlihat kusam.

Jika kamu memiliki jenis undertone hangat, kamu bisa mencoba pakaian dengan warna yang cenderung hangat, seperti coklat, beige, putih tulang, bahkan warna hitam.

Sama seperti aksesoris, jenis skin undertones netral dapat mengenakan hampir semua warna tanpa mempengaruhi penampilan secara keseluruhan.

Produk Makeup dan Undertone Skin

Sekarang, ZALORAns akan belajar bagaimana cara memilih makeup yang sesuai dengan jenis skin undertones kamu. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kesalahan dalam membeli warna foundation.

1. Foundation

Source: Healthline

Perlu kamu ingat, setiap brand foundation memiliki shade yang berbeda-beda. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk meluangkan beberapa menit untuk memilih shade yang sesuai dengan jenis skin undertone kamu. 

  • Undertones hangat: Jika kamu memiliki skin undertones hangat, kamu mungkin perlu mempertibangkan untuk membeli shade foundation berwarna hangat.
  • Undertones dingin: Buat kamu yang memiliki skin undertones dingin, foundation dengan warna yang sedikit terang bisa menjadi pilihan yang tepat. 
  • Undertones netral: Memiliki skin undertones natural adalah keuntungan tersendiri, karena kamu bisa memilih hampir seluruh warna foundation yang tersedia. Pastikan untuk tidak terlalu gelap atau terang dengan warna skintone kamu, ya!

Baca juga : Brand Skincare Korea Terampuh, Bikin Kulit Glowing!

2. Lipstik 

Tidak hanya foundation saja, kamu juga bisa memilih warna lipstik berdasarkan jenis skin undertones yang kamu miliki.

  • Skin undertones hangat: jika kamu memiliki skin undertones hangat, sebaiknya gunakan lipstik dengan warna oranye atau merah yang memberikan kesan tegas dan energik.
  • Skin undertones dingin: jika kamu memiliki skin undertones dingin sebaiknya gunakan warna dasar merah muda atau ungu yang memberikan kesan memukau.
  • Skin undertones netral: jika kamu memiliki skin undertones netral, maka kamu dapat memakai hampir semua warna lipstik yang ada yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Undertone skin merupakan warna dasar kulit yang dimiliki oleh setiap orang. Fungsi utamanya dengan mengetahui jenis skin undertone adalah untuk membantu kamu dalam menentukan warna yang tepat dan sesuai, sehingga menciptakan karakter pada penampilan kamu.

Kamu sudah tahu jenis skin undertone yang kamu miliki, warna pakaian dan makeup apa saja yang sesuai. Kini, saatnya kamu untuk mencoba membeli kebutuhan makeup dan pakaian berdasarkan jenis undertone skin kamu di ZALORA