Cara Menghilangkan Komedo Membandel, Hidung Mulus!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Komedo yang muncul di wajah menjadi masalah kulit yang biasanya dialami oleh banyak orang dan membuat mereka kurang percaya diri dengan penampilannya. Tahukah kamu apa yang menyebabkan munculnya komedo? Komedo yang dikenal dengan blackheads atau whiteheads muncul akibat penyumbatan pori-pori oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran. 

Untungnya, ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengatasi dan menghilangkan komedo. Yuk, simak beberapa metode yang efektif untuk menghilangkan komedo dan menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat.

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo

1. Lemon dan Madu

Source: Pinterest

Lemon mengandung Asam Sitrat yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan menghilangkan minyak berlebih, sementara madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit. Kombinasi keduanya dapat menjadi perawatan kulit yang efektif untuk mengatasi komedo dan menjaga kulit wajah tetap bersih dan segar. 

Caranya cukup mudah, campurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan satu sendok teh gula. Lalu, oleskan pada komedo dan pijat perlahan dengan gerakan memutar selama 1-2 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga : Rekomendasi Pelembab untuk Kulit Kering, Hidrasi Kulit Seharian

2. Tea Tree Oil

Source: Zalora

Tea tree oil adalah minyak esensial yang berasal dari pohon tea tree (Melaleuca alternifolia) dan memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi. Karena sifat-sifat ini, tea tree oil sering digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit, termasuk komedo. Penggunaan tea tree oil dapat membantu membersihkan pori-pori, mengurangi peradangan, dan menghilangkan kuman penyebab jerawat. Oleskan tea tree oil secara teratur pada bagian wajah yang rentan berminyak, seperti dahi, hidung, dan dagu.

3. Kayu Manis dan Lemon

Source: Pinterest

Kayu manis dan lemon memiliki sifat-sifat yang bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dan mengatasi masalah kulit seperti komedo. Kayu manis mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah penyumbatan pori-pori, sementara lemon mengandung Asam Sitrat yang membantu eksfoliasi kulit dan mengurangi minyak berlebih. 

Kombinasi keduanya dapat menjadi solusi yang efektif untuk perawatan komedo dengan bahan alami tanpa perlu mengandalkan produk kimia. Cara membuatnya dengan mencampurkan 2 sendok teh bubuk kayu manis dan air perasan lemon. Lalu, oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga : Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Efektif

4. Tomat

Source: Pinterest

Tomat mengandung Asam Alpha-Hydroxy (AHA) alami dan Asam Salisilat yang membantu dalam eksfoliasi kulit dan membersihkan pori-pori. Selain itu, tomat juga mengandung Likopen, sejenis antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kulit tetap segar. Tomat juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan mengurangi minyak karena kandungan Vitamin A dan C di dalamnya. 

Kombinasi ini menjadikan tomat sebagai bahan alami yang menarik untuk mengatasi komedo dan menjaga kulit wajah mu tetap bersih dan sehat. Haluskan tomat dan usapkan ke seluruh bagian wajah. Biarkan sampai kering, setelah itu bilas dengan air.

5. Clay Mask

Source: Zalora

Clay mask atau masker lumpur bertekstur lembut, mengandung mineral dan zat yang dapat membantu menarik minyak berlebih, serta kotoran dari pori-pori kulit. Penggunaan clay mask secara teratur dapat membantu membersihkan pori-pori, mengurangi penyumbatan, dan mengatasi masalah komedo serta jerawat. 

Selain itu, clay mask juga dapat memberikan sensasi menyegarkan pada kulit dan membantu memperbaiki tekstur kulit. Salah satu clay mask yang bisa kamu coba adalah Some By Mi Super Matcha Pore Clean Clay Mask yang bisa kamu dapatkan di ZALORA.

Baca juga : 5 Tipe Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Itulah beberapa tips cara menghilangkan komedo yang bisa kamu coba. Jangan lupa yang terpenting adalah menjaga kebersihan kulit wajah, hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, dan lakukan perawatan kulit secara teratur.

Mau cari produk skincare yang bisa menghempaskan komedo dengan harga terjangkau? Cek selengkapnya, berbagai produk skincare dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Nikmati promo dan diskon spesial untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama