Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Medis

Jerawat batu, atau yang dikenal juga dengan istilah “acne cysts,” merupakan bentuk jerawat yang lebih dalam dan bisa menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Mengatasi jerawat batu memerlukan pendekatan yang hati-hati dan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat batu yang direkomendasikan

Kenali Apa itu Jerawat Batu?

Sebelum kita tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat batu. Sebaiknya, kita paham terlebih dahulu apa itu jerawat batu agar kamu tak salah penanganan. Jerawat batu atau yang juga dikenal sebagai “acne cysts” atau “nodulocystic acne,” merupakan salah satu bentuk jerawat yang lebih parah dan dalam. Jerawat ini terbentuk ketika pori-pori kulit terblokir oleh kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati. Blokade ini menyebabkan peradangan di bawah kulit dan membentuk benjolan meradang yang bisa terasa keras dan nyeri.

Ciri khas jerawat batu adalah ukurannya yang besar dan letaknya lebih dalam di bawah permukaan kulit. Benjolan yang terbentuk seringkali bisa terasa lunak, merah, dan bahkan bisa menjadi sangat sakit saat dipegang. Bila salah penanganan, jerawat batu bisa meninggalkan bekas atau bintik hitam pada kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Alami

Di bawah ini ada beberapa cara alami yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan pada jerawat batu yang bisa kamu coba.

Kompres Hangat

Mengompres jerawat batu dengan handuk bersih yang direndam dalam air hangat dapat membantu memperluas pori-pori dan membantu mengeluarkan kotoran serta minyak berlebih yang terperangkap di dalamnya. Kompres hangat juga bisa membantu meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan.

Kunyit

Source : Karolina Grabowska

Kunyit mengandung zat curcumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang bisa membersihkan bakteri pada jerawat. Untuk memanfaatkan sebagai obat jerawat, kamu bisa membuat pasta kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit air atau madu, lalu oleskan pasta ini pada jerawat batu dan biarkan selama beberapa waktu sebelum dibilas.

Tea Tree Oil

Minyak pohon teh (tea tree oil) memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan sedikit tea tree oil yang sudah diencerkan dengan minyak lain, seperti minyak kelapa, pada jerawat batu dengan bantuan kapas.

Pola Hidup Sehat

Mengadopsi pola hidup sehat seperti menjaga pola makan yang seimbang, minum cukup air, tidur yang cukup, dan menjaga kebersihan wajah juga dapat membantu mencegah munculnya jerawat batu.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Medis

Perawatan Topikal

Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, atau alpha hydroxy acids (AHA) sebab dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat. Biasanya bisa berbentuk serum wajah, toner atau ampule. Namun, penggunaannya harus sesuai petunjuk dan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya.

Retinoid dan Antibiotik

Jika jerawat batu kamu tidak kunjung membaik atau tampak semakin parah, sangat penting untuk berkonsultasi dengan seorang dermatolog. Para dermatologis ini dapat memberikan evaluasi profesional dan meresepkan pengobatan yang sesuai, seperti obat antibiotik atau retinoid topikal.

Injeksi Kortikosteroid

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan memberikan injeksi kortikosteroid langsung ke dalam jerawat batu. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan.

Itu dia berbagai cara menghilangkan jerawat batu baik secara alami maupun medis yang kami rangkum khusus untukmu. Tetap jaga pola makan dan pola tidur yang cukup untuk membantu penyembuhan jerawat dari dalam.

Beli produk skincare dan obat jerawat di Zalora. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untuk kamu!

Penulis : Alfianita Karismawati