Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Mudah dan Efektif!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Flek hitam merupakan salah satu tanda penuaan pada wajah. Munculnya flek hitam yang juga dikenal sebagai hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari berlebihan, penuaan kulit, bekas jerawat, atau ketidakseimbangan pigmentasi kulit. 

Flek hitam dapat mengganggu penampilan kulit wajah dan bisa menjadi sumber ketidaknyamanan. Namun, dengan perawatan yang tepat dan kesabaran, banyak orang berhasil mengurangi atau menghilangkan flek hitam. Yuk, intip beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa mengembalikan kilau dan kecerahan kulitmu yang sehat berikut ini.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

1. Lidah Buaya

Source: Pinterest

Lidah buaya atau Aloe Vera memiliki sifat anti inflamasi, untuk penyembuhan, dan pemutih alami yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan mengembalikan kecerahan kulit. Kandungan Aloin dan Asam Salisilat dalam lidah buaya dapat membantu menghambat produksi melanin yang merupakan penyebab utama flek hitam. 

Penggunaan rutin lidah buaya dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi flek hitam. Jadikan gel lidah buaya ini sebagai masker dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada wajah, kemudian bilas dengan air bersih pada pagi harinya.

Baca juga : Inilah Toner untuk Kulit Berminyak, Bye Kilang Minyak!

2. Minyak Kelapa

Source: Pinterest

Minyak kelapa memiliki sifat-sifat yang bermanfaat untuk kulit, termasuk kemampuannya untuk melembabkan dan merawat kulit, serta mampu mengurangi hiperpigmentasi dan flek hitam pada wajah. Kandungan asam lemak alami dalam minyak kelapa, seperti Asam Laurat, dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan meratakan warna kulit. 

Penggunaan minyak kelapa secara teratur dapat membantu dalam mengurangi flek hitam dan meningkatkan tampilan kulit wajah yang berseri. Cara pengaplikasiannyapun mudah, cukup oleskan sedikit secara merata pada wajah setelah wajah dibersihkan sebelumnya. 

3. Masker Kunyit 

Source: Pinterest

Apakah kamu punya bubuk kunyit di dapur? Bubuk kunyit biasanya dipakai sebagai bumbu masakan. Namun, tahukah kamu bahwa bahan ini bisa juga dipakai untuk menghilangkan flek hitam pada wajah lho! Kunyit mengandung Kurkumin, senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi dan sebagai pemutih alami. 

Kombinasi kunyit dengan bahan lain seperti yogurt, madu, atau susu dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan membantu kulit wajah tampak lebih cerah dan merata. Meskipun masker kunyit dapat efektif, perlu diingat bahwa kunyit dapat meninggalkan noda kuning pada kulit, jadi penggunaannya harus hati-hati. 

Kamu dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan yogurt plain, madu, atau susu menjadi masker yang bertekstur lembut. Oleskan masker kunyit tersebut pada kulit wajah dan diamkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah dengan Bahan Alami

4. Rutin Menggunakan Sunscreen 

Source: Zalora

Flek hitam seringkali disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan yang merangsang produksi melanin pada kulit. Oleh karena itu, perlindungan kulit dari sinar UV matahari sangat penting. Menggunakan sunscreen setiap hari dapat membantu mencegah kerusakan kulit lebih lanjut dan meminimalisir risiko flek hitam yang baru muncul. 

Sunscreen juga dapat membantu dalam mengurangi intensitas flek hitam yang ada, karena melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat memperburuk hiperpigmentasi. Salah satu produk sunscreen yang bisa kamu coba adalah YOU Triple UV Elixir Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++ yang memberikan perlindungan terhadap UVA, UVB, dan blue light, serta diperkaya dengan Allantoin, Vitamin E, Niacinamide, dan Centella Asiatica untuk menutrisi kulit.

5. Krim Pencerah Wajah

Source: Zalora

Krim pemutih wajah mengandung bahan aktif seperti Kojic Acid, Asam Glikolat, Asam Askorbat, Retinoid atau bahan aktif pemutih lainnya yang bertujuan untuk mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit. Penggunaan rutin krim pemutih wajah ini dapat membantu dalam menghilangkan flek hitam, bekas jerawat, atau hiperpigmentasi lainnya. 

Namun, penting untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kamu bisa menggunakan The Body Shop Drops Of Light Brightening Day Cream yang diperkaya dengan Red Algae & Vitamin C yang kaya akan nutrisi dan mineral, sehingga mampu membantu melembabkan dan mengurangi intensitas bintik-bintik gelap pada wajah.

Baca juga : Cara Mengatasi Jerawat Menurut Rekomendasi Medis

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa kamu coba. Rutinitas perawatan kulit yang tepat, perlindungan dari sinar matahari, dan penggunaan produk yang sesuai dengan jenis kulit akan sangat membantu mengatasi permasalahan flek hitam ini. 

Dapatkan berbagai produk skincare untuk mengatasi segala permasalahan kulit dengan harga terjangkau hanya di ZALORA. Nikmati diskon dan promo menarik spesial untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama