Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah dengan Bahan Alami

Punya bekas jerawat kemerahan di wajah? Berbeda dengan bekas jerawat lainnya, bekas jerawat merah lebih susah dihilangkan dan membutuhkan waktu yang lama. Selain tetap menjaga kebersihan wajah agar jerawat tak timbul kembali. Kamu juga harus melakukan perawatan dari luar. Lalu apa aja sih perawatan dan cara menghilangkan bekas jerawat merah ini? 

Yuk, simak detail lengkapnya berikut ini!

Apa itu Bekas Jerawat Merah?

Permasalahan jerawat pada kulit memang sudah menjadi hal lumrah. Nah, bekas jerawat ini pun bisa berupa hiperpigmentasi, noda kehitaman hingga kemerahan. Namun, jika kamu memiliki bekas jerawat merah. Memang biasanya disebabkan oleh peradangan saat jerawat muncul. Hal ini pun bisa semakin parah terlihat jika kamu sedang berada di bawah sinar matahari langsung.

Beberapa Cara untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Tak perlu tindakan medis seperti sinar maupun laser untuk memberantas bekas jerawat merah kamu. Kamu bisa lho meminimalisir bekas jerawat merah ini dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kamu dapatkan di rumah. Akan tetapi memang butuh ketelatenan dan kesabaran ya saat menggunakannya. 

Baca juga : Ketahui Jenis Bentuk Matamu! Hooded, Monolid, Atau Double Lids?

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, lidah buaya juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat.

Putih Telur

Sejak dulu, putih telur memang diyakini sebagai salah satu bahan kecantikan. Putih telur mengandung enzim lysozyme yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Putih telur juga mengandung protein yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh bekas jerawat kemerahan.

Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Pepaya juga mengandung vitamin C yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan mencerahkan wajah. 

Untuk menggunakannya, kamu harus memilih pepaya matang dan menghaluskannya seperti masker. Kemudian oleskan dan diamkan pada wajah selama 15-20 menit. Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air bersih. 

Tomat

Selain nikmat dimakan, tomat juga kaya akan vitamin A dan vitamin C. Kedua kombinasi vitamin ini bisa menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kamu bisa mengiris tomat dengan irisan tipis. Kemudian meletakkannya pada seluruh muka dan diamkan seperti masker. Hasilnya, kulit akan tampak lebih kenyal, cerah dan lembab.

Lemon

Kandungan asam askorbat tinggi pada lemon mampu membasmi jerawat dan bekasnya. Untuk itu, kamu bisa mencoba lemon sebagai salah satu masker alami untuk membasmi jerawat.

Baca juga : Cara Mengatasi Jerawat Menurut Rekomendasi Medis

Cuka Apel

Sifat antibakteri dan antiseptik di dalam cuka apel mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Terlebih, kandungan asam asetat juga membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawatnya. Hati-hati saat menggunakan cuka apel sebagai obat bekas jerawat. 

Cobalah campurkan cuka apel dan air dengan proporsi 1 : 3. Kemudian ambil kapas dan celupkan pada cairan tersebut. Tempelkan kapas pada bekas jerawat merah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, jangan lupa bilas dengan air bersih ya.

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

  • Menjaga kebersihan kulit dengan mencuci muka dua kali sehari.
  • Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu.
  • Hindari terlalu sering menyentuh wajah.
  • Jangan memencet jerawat.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
  • Istirahat yang cukup.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat membantu mempercepat proses pemulihan bekas jerawat merah di wajah. Nah, itulah dia cara menghilangkan bekas jerawat merah yang kami rangkum khusus untuk kamu. Semoga membantu ya!

Mau beli obat bekas jerawat merah dan berbagai skincare yang cocok untuk jerawat? Cek Zalora sekarang dan dapatkan berbagai diskon menarik khusus untuk kamu!

Penulis : Alfianita Karismawati