Cara Memutihkan Ketiak, Tampil Lebih Percaya Diri

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah kamu merasa kurang PD dengan warna ketiak yang gelap? Ketiak yang gelap terkadang membuat seseorang merasa kurang percaya diri dengan penampilannya, sehingga akan menghindari memakai baju sleeveless seperti tanktop. 

Semakin meningkatnya kesadaran akan penampilan dan kepercayaan diri, banyak orang kini mencari solusi untuk mengatasi masalah ketiak gelap. Kondisi ketiak gelap seringkali disebabkan oleh faktor genetik, gesekan, atau penggunaan deodoran tertentu yang dapat memengaruhi warna kulit di area tersebut.

Oleh karena itu, terdapat berbagai metode yang bisa dicoba, mulai dari penggunaan bahan alami hingga teknologi perawatan kecantikan terkini.

Yuk, simak beberapa tips cara memutihkan ketiak berikut ini! 

Baca juga : 5 Rekomendasi Lip Serum Terbaik Tahun 2023, Catat!

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami

1. Lemon

Source: Pinterest

Selain sebagai sumber vitamin C, lemon juga memiliki banyak manfaat lain. Kandungan asam sitrat pada lemon memiliki sifat pemutih alami. Untuk menggunakannya, potonglah lemon dan gosokkan air lemon tersebut pada ketiakmu. Biarkan air lemon bekerja selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi cara ini 2-3 kali seminggu.

Namun, penting untuk berhati-hati ketika menggunakan lemon, karena kandungan asamnya dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit sensitif.

Selalu hindari paparan sinar matahari langsung setelah mengoleskan lemon, karena kulit yang terkena lemon menjadi lebih sensitif terhadap sinar UV.

2. Kunyit

Source: Pinterest

Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki sifat sebagai pemutih alami. Kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit air atau perasan lemon untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada ketiak dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

Pemakaian menggunakan kunyit ini, bisa meninggalkan bekas warna kuning pada kulit jika digunakan terlalu sering atau dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, gunakanlah cara ini sekali atau dua kali seminggu. 

Baca juga : Handbody Pemutih Terampuh, Bikin Cerah Merata

3. Kentang

Source: Pinterest

Selain enak untuk dijadikan olahan sayur, kentang juga bisa digunakan untuk memutihkan ketiak dengan kandungan enzim pemutih alami di dalamnya, seperti katekolase yang dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit pada ketiak.

Caranya sama dengan pengaplikasian lemon sebelumnya, yaitu dengan cara memotong kentang menjadi irisan tipis dan gosokkan irisan kentang tersebut pada ketiak yang bersih. Biarkan kentang bekerja selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. 

Berbeda dengan lemon, kentang lebih lembut sehingga tidak beresiko menyebabkan iritasi. Selain itu, kamu juga bisa membuat pasta dari kentang dengan menghancurkannya dan mengoleskannya pada ketiak, lalu biarkan selama beberapa waktu sebelum membilasnya. 

4. Mentimun

Source: Pinterest

Mentimun mengandung enzim dan asam yang membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Bagaimana cara menggunakan mentimun sebagai pemutih ketiak alami? Caranya cukup mudah, kamu dapat mengiris mentimun tipis-tipis dan mengoleskan irisan mentimun pada ketiak yang bersih. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Alternatif cara lain adalah dengan membuat jus mentimun dan mengaplikasikannya pada ketiak. Kamu juga bisa mencampurkan jus mentimun dengan sedikit air mawar untuk hasil yang lebih baik. 

5. Minyak Zaitun

Source: Pinterest

Minyak zaitun memang mujarab untuk mengatasi segala permasalahan kulit, termasuk ketiak yang hitam. Minyak zaitun mengandung banyak senyawa yang bermanfaat untuk kulit, termasuk vitamin E dan Asam Lemak sehat, yang dapat membantu mencerahkan dan merawat kulit. 

Cara pengaplikasiannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada ketiak secara merata dan memijatnya dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan minyak zaitun meresap ke dalam kulit selama beberapa waktu, lalu bilas dengan air bersih. 

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Bye Bau Badan!

Nah, itulah beberapa tips cara memutihkan ketiak dengan bahan alami yang aman untuk kulit. Apapun warna ketiakmu, yang terpenting adalah tetaplah percaya diri dengan penampilanmu apapun warna kulit ketiakmu.

Mau cari produk perawatan tubuh dengan harga terjangkau? Cek selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan potongan harga istimewa dan promo menarik khusus untukmu

Penulis: Fitrian Nurentama