Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Tanpa Perlu Ke Salon!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Rambut lurus dan indah menjadi impian para wanita, karena dengan rambut cantik yang dimiliki dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dalam berpenampilan. Apakah kamu juga ingin rambut lurus memesona? Cara meluruskan rambut secara alami menjadi alternatif yang lebih sehat dan aman daripada menggunakan produk kimia atau alat hair styling yang dapat merusak rambut. 

Meskipun tidak memberikan hasil sehalus atau setahan lama seperti metode lainnya, perawatan alami dapat membantumu mencapai rambut yang lebih lurus dengan lebih sedikit resiko kerusakan.

Terdapat beberapa cara meluruskan rambut secara alami yang dapat ZALORAns coba, yuk simak tips selengkapnya berikut ini! 

Tips Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

1. Telur dan Minyak Zaitun

Source: Pinterest

Salah satu cara alami yang efektif untuk meluruskan rambut adalah dengan menggunakan telur dan minyak zaitun. Kombinasi dua bahan alami ini dapat memberikan hasil yang memuaskan tanpa merusak struktur rambutmu. Telur mengandung protein, mineral, asam lemak, dan vitamin yang dapat membantu menguatkan rambut, sementara minyak zaitun mengandung Hidroksitirosol dan vitamin E yang dapat membantu melembutkan dan menghaluskan serat-serat rambut. 

Kamu dapat mencampurkan dua butir telur dengan minyak zaitun, kocok sempurna. Lalu, oleskan pada rambut secara merata dan biarkan saja selama 20 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan bersih menggunakan shampo agar bau amis dari telur hilang.

Baca juga : Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Dalam 1 Bulan

2. Pepaya dan Madu

Source: Pinterest

Cara alami untuk meluruskan rambut selanjutnya adalah dengan menggabungkan pepaya dan madu sebagai masker rambut. Pepaya mengandung Enzim Papain yang dapat membantu melonggarkan ikatan keratin pada rambut, sehingga memudahkan untuk meratakan struktur rambut.

Di sisi lain, madu memiliki sifat pelembab alami dan dapat memberikan kilau yang sehat pada rambut. 

Caranya blender kurang lebih satu buah pepaya atau sesuaikan saja dengan panjang rambutmu, lalu campurkan dengan dua sendok teh madu. Oleskan pada seluruh bagian rambut secara merata. Tunggu selama 1,5 jam, kemudian lanjut keramaslah hingga bersih menggunakan shampo. Lakukan perawatan ini seminggu sekali secara teratur agar mendapatkan hasil yang lebih cepat

3. Ekstrak Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Source: Pinterest

Siapa yang tidak tahu tentang khasiat lidah buaya yang baik untuk kesehatan rambut? Lidah buaya atau Aloe Vera dikenal karena sifat pelembab alaminya yang luar biasa. Ekstrak lidah buaya dapat membantu merawat dan memperbaiki struktur rambut, meluruskan rambut, dan memberikan kilau alami yang sehat. 

Cara menggunakannya pun mudah, campurkan setengah cangkir masing-masing gel lidah buaya dan minyak zaitun hangat. Oleskan secara merata pada kulit kepala dan helai rambut, pijat perlahan hingga meresap ke helai rambut.

Diamkan selama 1-2 jam. Selanjutnya, keramaslah menggunakan shampo dan gunakan juga kondisioner untuk hasil rambut yang lebih lembut dan mudah diatur.

Baca juga : Rekomendasi Catokan Rambut yang Bagus dan Tahan Lama

4. Campuran Pisang, Madu, Yoghurt, dan Minyak Zaitun

Source: Pinterest

Campuran yang bisa kamu gunakan untuk meluruskan rambut berikutnya adalah dengan menggunakan campuran pisang, madu, yoghurt, dan minyak zaitun. Kombinasi bahan-bahan alami ini menggabungkan nutrisi dan sifat pelembab yang dapat membantu meratakan tekstur rambut, menghilangkan keriting, dan menutrisi rambut secara mendalam pada rambut, sehingga rambut akan sehat dan berkilau. 

Campurkan dua buah pisang matang dengan madu, yoghurt, dan minyak zaitun masing-masing sebanyak dua sendok makan. Blender semua bahan hingga berbentuk pasta, lalu oleskan secara merata pada rambut. Tunggu hingga 30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih atau bisa juga keramas dengan shampo.

5. Susu dan Madu

Source: Pinterest

Selain enak untuk dikonsumsi, campuran susu dan madu juga bagus lho digunakan untuk rambut! Kedua bahan tersebut menggabungkan sifat pelembab alami susu dengan manfaat nutrisi madu, menciptakan perawatan rambut yang lembut dan berkilau. Protein dari susu bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan rambut, serta kandungan lemaknya dapat membantu menghaluskan dan melembutkan rambut. 

Untuk membuat racikannya, kamu bisa mencampurkan satu sendok makan madu dengan susu, lalu masukkan ke dalam botol semprot agar lebih mudah pengaplikasiannya dan bisa dipakai berulang. Kamu dapat menyemprotkan campuran tersebut pada rambut setelah keramas. Biarkan selama 2 menit dan bilaslah menggunakan air biasa.

Baca juga : 7 Rekomendasi Warna Cat Rambut untuk Kulit Sawo Matang

Nah, itulah beberapa tips cara meluruskan rambut secara alami tanpa bahan kimia yang bisa kamu coba. Mudah bukan? Namun, selain melakukan tips diatas, kebiasaan baik dalam perawatan rambut, seperti menjaga pola makan seimbang, cukup istirahat, dan menjauhi alat hair styling berlebihan, juga akan memberikan hasil yang lebih baik. Dengan perawatan yang tepat, kamu dapat mencapai rambut yang lebih indah dan sehat secara alami.

Dapatkan berbagai produk hair care untuk rambut indahmu dengan harga terjangkau hanya di ZALORA. Jangan lewatkan berbagai promo dan diskon menarik lainnya spesial untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama