Tips Makeup Wisuda Flawless dan Tahan Lama

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Hari wisuda adalah momen spesial yang pasti ingin diabadikan dengan tampilan terbaik. Makeup yang tepat bisa membuat kamu tampil sempurna dan percaya diri. Untuk mendapatkan hasil yang flawless, ada beberapa trik yang bisa ZALORAns coba nih! Apakah ZALORAns ingin tampil cantik dan on point di hari wisuda?

Kalau iya, yuk simak beberapa tips makeup wisuda berikut ini yang bisa bikin wajahmu terlihat flawless dan fresh sepanjang hari!

Baca juga : Rekomendasi Warna Soflen yang Bagus Sesuai Warna Kulit

Tips Makeup Wisuda Awet Seharian

1. Pastikan Kulit Wajah Bersih dan Pakailah Skincare Andalanmu

Source: Cetaphil

Pastikan wajahmu bersih sebelum makeup. Mulai dengan membersihkan wajah pakai cleanser yang cocok buat kulitmu agar kotoran dan minyak hilang. Terus pakai toner buat menyeimbangkan pH dan menutup pori-pori. Jangan lupa pakai pelembab biar kulit tetap lembab dan makeup menempel sempurna. 

Source: Zalora

Jangan lupa gunakan sunscreen untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Dengan wajah yang bersih dan preparation kulit menggunakan skincare, maka makeup bakal lebih mudah diaplikasi dan tahan lama. Bikin kamu tampil flawless di hari spesialmu!

2. Gunakan Primer

Source: Zalora

Menggunakan primer bisa bikin makeup kita jadi flawless banget! Primer ini sebagai dasar yang bikin kulit jadi halus, menutup pori-pori, dan mengurangi garis halus pada wajah. Dengan primer, foundation atau complexion makeup kita akan nempel lebih baik dan tahan lama. Primer juga bantu untuk mengontrol minyak berlebih, jadi kulit kita terlihat matte dan fresh seharian. 

Pilih primer yang cocok dengan jenis kulitmu, entah itu kulit kering, berminyak, atau kombinasi, agar hasilnya maksimal. Cukup oleskan primer di seluruh wajah setelah pakai pelembab dan sebelum foundation dan voila! Makeupmu akan jadi super smooth!

3. Pakai Color Corrector

Source: Zalora

Pakai color corrector sebelum foundation bisa bikin makeup kamu jauh lebih oke lho! Color corrector itu kayak penyelamat buat menyamarkan kemerahan, noda hitam, atau lingkaran hitam di bawah mata. Jadi, warna kulit kamu bisa lebih rata dan foundation yang kamu pakai bakal kelihatan lebih mulus.

Pilih aja sesuai kebutuhan, misalnya color corrector hijau buat nutupin kemerahan, oranye buat noda hitam, atau kuning buat lingkaran hitam. Setelah itu, tinggal pakai foundation kesayangan kamu deh! 

4. Pilih Foundation Tahan Lama Sesuai Warna Kulit

Source: Zalora

Untuk mendapatkan tampilan makeup yang sempurna, penting banget untuk pilih foundation yang cocok dengan jenis dan undertone kulitmu. Apakah ZALORAns sudah mengetahui undertone dan jenis kulitmu? 

Untuk mengetahui undertone kulitmu, coba lihat warna nadimu. Jika, warna nadi terlihat biru-kehijauan berarti warm undertone. Apabila berwarna ungu-kebiruan berarti cool undertone dan apabila kehijauan berarti neutral. Setelah itu, baru pilih shade sesuai warna kulitmu. Pilih shade foundation yang 1-2 tingkat lebih terang dari kulitmu biar wajahmu kelihatan lebih cerah. Pastikan juga apa jenis kulitmu, apakah normal, kering, atau oily. 

Buat ZALORAns yang kulitnya berminyak, pilih foundation matte biar agar bebas kilap seharian. Kalau kulitmu kering, foundation yang dewy bakal bikin wajahmu kelihatan glowing dan sehat. Sesuaikan juga dengan undertone kulitmu, undertone warm cocok pakai foundation bernuansa keemasan atau kuning. Sedangkan, undertone cool lebih pas dengan nuansa pink atau merah. 

Pakai brush foundation atau beauty blender untuk mengaplikasikan foundation secara merata, mulai dari tengah wajah dan baurkan ke arah luar. Hasilnya pasti bakal lebih natural dan flawless!

Baca juga : Inspirasi Makeup Bold untuk Tampilan Menawan

5. Sempurnakan dengan Concealer dan Bedak

Source: Zalora

Setelah menggunakan foundation, bila perlu gunakan concealer untuk menutupi beberapa spot yang perlu disamarkan. Concealer nggak cuma buat nutupin lingkaran hitam di bawah mata setelah begadang, tapi juga bisa nyamarin jerawat dan kemerahan. Pilih concealer yang warnanya satu atau dua tingkat lebih terang dari kulitmu, lalu tap-tap lembut pake jari atau beauty blender.

Jangan lupa diblend agar menyatu dengan kulit dan nggak terlihat menor. Plus, kamu juga bisa pake concealer buat highlight di beberapa area, seperti tulang alis, tulang pipi, dan tulang hidung agar wajah kamu kelihatan lebih berdimensi dan fresh!

Source: Zalora

Setelah base makeup selesai, aplikasikan bedak tabur pada wajah dan tunggu beberapa saat agar makeup lebih tahan lama. Jangan lupa, sebelumnya pastikan tidak ada bagian yang crack atau cakey dengan meratakan foundation kembali menggunakan beauty blender.

Setelah itu, sapukan bedak tabur tadi menggunakan brush. Tambahkan bedak padat agar makeup semakin awet.

6. Gunakan Highlighter dan Contour

Source: Zalora

Contour dipakai untuk bikin wajah kamu kelihatan lebih berbentuk dengan warna sedikit lebih gelap di bagian tulang pipi, rahang, dan sisi hidung. Sedangkan, highlighter bikin bagian-bagian wajah, seperti tulang pipi, hidung, dan bagian tengah dahi jadi menonjol. 

7. Bingkai Alis dengan Natural 

Source: Zalora

Biar make up kamu terlihat flawless dan natural, coba deh pilih warna seperti dark brown, natural brown, atau dark grey untuk alis. Gunakan teknik gradasi dalam pengaplikasian alis dengan cara mengarsir bagian yang dekat dengan tulang hidung lebih tipis.

Untuk hasil yang lebih rapi, pakai sikat alis supaya aplikasinya lebih mudah dan warna bisa merata.

8. Riasan Mata dan Pipi

Source: Zalora

Kalau ZALORAns mau tampilan makeup yang bold, pilih eyeshadow dengan warna gelap, seperti maroon, burgundy atau ungu tua untuk bikin mata kamu standout. Tapi kalau lebih suka look yang natural, pilih aja warna netral, seperti coklat, nude, pink atau peach.

Jangan lupa tambahkan bulu mata palsu biar tampilan matamu makin maksimal. Mau yang panjang dan tebal buat kesan glamour atau yang lebih natural. Untuk blush on, pilih warna pink muda atau peach biar wajah kamu terlihat fresh dan cerah!

Baca juga : Kulitmu Cool Undertone? Simak Rekomendasi Shade Makeup Cool Undertone

9. Pilih Shade Lipstik Sesuai Warna Kulit

Source: Goban

Kalau kulit kamu cerah, coba deh pilih warna-warna lipstik, seperti soft pink, nude peach, atau merah terang. Buat yang kulitnya medium, warna berry, rosewood, atau maroon bisa jadi pilihan cantik untukmu! Kalau kulit kamu gelap, warna lipstik seperti plum, burgundy, atau cokelat tua bakal bikin bibir kamu makin merona. 

ZALORAns bisa mengaplikasikan lipstik ke seluruh bibirmu. Selain itu, teknik ombre lips juga keren banget! ZALORAns bisa pakai warna yang lebih gelap di dalam bibir dan yang lebih terang di luar bibir buat tampilan yang lebih natural.

10. Kunci Makeup dengan Setting Spray

Source: Zalora

Setelah semua makeup sudah diaplikasikan dengan baik, jangan lupakan setting spray di akhir makeup kamu! Ini adalah trik jitu buat bikin makeup tahan lama dan tetap on point sepanjang hari! 

Cukup semprotkan sedikit setelah kamu selesai makeup dan tadaaa! makeup kamu bakal stay in place dan nggak luntur! Selain itu, setting spray juga bisa bikin tampilan makeup lebih menyatu dan nggak terlihat cakey. Pilih yang sesuai dengan tipe kulit kamu, seperti yang matte kalau kulitmu cenderung berminyak atau yang dapat menghidrasi kalau kulitmu kering. 

Baca juga : Merk Lipstik yang Tahan Lama dan Tidak Luntur Saat Makan

Itulah beberapa tips untuk memperoleh hasil makeup wisuda yang flawless dan tahan lama seharian. Jadikan momen wisuda kamu sebagai momen terbaik dengan tampilan yang cantik sepanjang hari!

Mau cari berbagai produk make up terlengkap yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama