Tips Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Dalam Semalam

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Bruntusan yang muncul di wajah emang sering banget bikin rasa percaya diri turun ya! Bintik-bintik kecil ini biasanya nongol gara-gara pori-pori tersumbat atau iritasi kulit dan bisa bikin kulit wajah jadi nggak mulus. Apalagi kalau lagi makeup-an, bruntusan bikin hasil makeup nggak rata dan jadi keliatan lebih jelas. 

Tapi tenang, dengan perawatan yang tepat, ZALORAns bisa mengurangi bruntusan dan bikin kulit wajah lebih halus lagi. Jadi, biar bruntusan nggak ganggu, jangan lupa rawat kulitmu secara rutin ya!

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah? Yuk, intip beberapa tips cara menghilangkan bruntusan di wajah hanya dalam waktu semalam saja berikut ini!

Baca juga : Metode Skin Cycling, Manfaat dan Cara Menerapkan

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Dalam Semalam

1. Menggunakan Es Batu

Es batu membantu mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit, termasuk bruntusan yang bikin nggak nyaman. Meskipun hanya sementara, setidaknya es batu bisa membantu mengurangi rasa gatal pada area bruntusan. Caranya gampang, cukup bungkus es batu dengan kain bersih (jangan langsung ditempel ke kulit ya biar nggak iritasi). Lalu, tempelkan ke area yang bruntusan selama beberapa menit.

Kompres dingin ini bisa membantu mengecilkan pori-pori, meredakan bengkak, dan bikin kulit jadi lebih tenang. Lakukan sebelum tidur, dan rasakan kulit yang lebih calming keesokan paginya. Meskipun nggak langsung hilang total, es batu bisa jadi solusi cepat buat meredakan bruntusan!

2. Mengoleskan Green Tea

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi di green tea bisa meredakan peradangan akibat bruntusan. Selain itu, green tea juga bisa membantu mengontrol produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab utama pori-pori tersumbat.

Caranya gampang banget, ZALORAns bisa menyeduh kantong teh hijau, biarkan dingin, lalu oleskan cairan teh tersebut ke area yang bruntusan pakai kapas. Bisa juga langsung dari kantong teh. Diamkan semalaman dan biarkan green tea bekerja merawat kulitmu. 

Source: ZALORA

Mild Green Tea Cream dari Nature Republic bisa ZALORAns masukkan ke dalam rangkaian skincaremu! Cream ini dapat membentuk lapisan pelindung untuk mengunci kelembaban kulit dan menyegarkan tanpa rasa lengket. Teksturnya gel dengan hasil akhir yang menyegarkan.

Kandungan Green Tea di dalamnya berfokus pada kelembaban dan menenangkan kulit. Ada pula kandungan Tocopherol dan Amino acid yang memberikan sensasi menyegarkan. Selain itu, kandungan Vitamin dan mineral mampu menenangkan dan menyeimbangkan kadar air dan minyak. Serta, kandungan Tanin yang mencegah bakteri.

3. Pakai Tea Tree Oil

Minyak ini efektif banget buat meredakan kemerahan dan bengkak pada bruntusan. Oleskan tea tree oil langsung ke area yang ada bruntusannya pakai cotton bud atau jari yang bersih. Setelah itu, biarkan semalaman tanpa dibilas. Lalu, keesokan harinya cuci wajahmu dengan sabun lembut dan bilas hingga bersih.

ZALORAns akan merasakan bruntusan mulai berkurang. Jangan lupa, pastikan kulitmu dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikan tea tree oil ya!

Source: The Body Shop

ZALORAns juga bisa menggunakan Tea Tree Skin Clearing Face Wash secara rutin untuk membersihkan wajahmu. Pembersih wajah bertekstur gel-to-foam yang membersihkan dan menyegarkan secara menyeluruh untuk wajah bebas minyak berlebih tanpa terasa kering. Efektif mengurangi tampilan jerawat dalam 7 hari.

Dengan 91% bahan alami, formula baru ini jauh lebih efektif berkat kandungan salicylic acid yang membantu mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Sehingga kulitmu bersih, halus, dan bebas minyak. Kandungan Community Fair Trade tea tree oil dari Kenya yang terkenal sebagai antiseptik. Cocok untuk kulitmu yang mudah berjerawat.

Tuang produk sebesar kacang almond. Aplikasikan ke wajah yang sudah dibasahi dan pijat dengan lembut hingga berbusa, lalu bilas hingga bersih. Gunakan pagi dan malam hari. Untuk hasil optimal, gunakan Tea Tree Skin Clearing Toner menggunakan kapas. Lanjutkan dengan menggunakan Tea Tree Daily Solution. Aplikasikan Tea Tree Oil atau Blemish Gel untuk perawatan jerawat. 

4. Menggunakan Lidah Buaya

Mau coba cara alami buat ngilangin bruntusan di wajah dalam semalam? Lidah buaya bisa jadi solusinya! Lidah buaya dikenal punya sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang ampuh banget buat mengurangi kemerahan dan iritasi akibat bruntusan. Gel dari lidah buaya juga bisa bikin kulit jadi lebih tenang dan lembab, pas banget buat kulit yang lagi bermasalah.

Ambil gel lidah buaya, lalu oleskan tipis-tipis ke area wajah yang bruntusan sebelum tidur. Diamkan semalaman biar kandungan lidah buaya bekerja memperbaiki kulit ZALORAns. Besok paginya, bilas dengan air bersih dan ZALORAns bakal ngerasa kulit lebih kalem dan bruntusan mulai berkurang.

Source: ZALORA

Buat ZALORAns yang ingin lebih praktis, bisa langsung mengoleskan Sensatia Botanicals Aloe Vera Botanical Gel pada wajahmu. Dingin, ringan, dan menyegarkan, Aloe Vera Botanical Gel dapat digunakan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Gunakan pada wajah, tubuh, rambut atau bahkan kuku untuk memberikan kelembaban ekstra. 

Ekstrak lidah buaya dan gotu kola mampu melembabkan dan membantu merawat kulit yang iritasi. Sedangkan, kandungan Sodium Hyaluronate membantu menjaga kelembaban kulit. Lidah buaya dikenal dapat merawat dan melembabkan kulit. Sodium hyaluronate memberikan kelembaban instan yang tahan lama.

Gotu kola mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Aplikasikan pada wajah, tubuh, tangan dan kuku yang telah dibersihkan setelah terpapar matahari atau setiap kulit terasa kering.

5. Buat Masker Madu

Madu terkenal dapat membantu meredakan peradangan di kulit, termasuk bruntusan. Cukup ambil satu sendok makan madu murni, lalu oleskan secara merata ke area yang bruntusan.

Diamkan selama sekitar 20-30 menit hingga meresap ke kulit, lalu bilas dengan air hangat. Madu juga berfungsi sebagai pelembab alami, jadi setelah menggunakan masker ini, kulitmu bakal terasa lebih lembut.

Source: ZALORA

ZALORAns juga bisa menggunakan Skinfood Honey Sugar Food Mask yang praktis dan bisa langsung kamu aplikasikan pada wajahmu. Masker wajah bertekstur gel ini dilengkapi dengan kandungan utama Manuka honey, Acacia Honey, serta Black Sugar. Kandungan ini yang berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit wajah.

Selain itu, juga membantu melembabkan kulit dan sebagai anti Inflamasi yang berfungsi untuk melindungi kulit dari infeksi dan iritasi.

Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Aplikasikan masker secara lembut ke wajah secara merata. Tunggu hingga 5 – 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Nah, itulah beberapa tips cara menghilangkan bruntusan di wajah hanya dalam waktu semalam. Gunakan skincare yang tepat untuk mengatasi bruntusan dan jerawat di wajah!

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama