Tips Bikin Make up Wisuda Natural dan Tahan Lama

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Wisuda adalah momen spesial yang pastinya ingin kamu kenang dengan penuh kebahagiaan. Salah satu cara untuk tampil sempurna di hari istimewa ini adalah dengan makeup wisuda yang tampak natural. Makeup yang natural nggak cuma bikin kamu terlihat cantik alami, tapi juga fresh dan effortless lho! Gimana sih cara bikin makeup untuk wisuda yang natural dan pastinya tahan lama? 

ZALORA bakal bahas tips dan trik biar ZALORAns bisa dapetin tampilan makeup wisuda natural yang oke banget! mulai dari produk yang pas sampai cara aplikasinya. Jadi, siap-siap tampil menawan tanpa kesan berlebihan! 

Yuk, intip tips makeup wisuda natural yang bisa kamu coba berikut ini!

Baca juga : Inspirasi Model Sanggul Modern untuk Wisuda 

Tips untuk Makeup Wisuda Natural

1. Jangan Skip Preparation Kulit

Kulit yang bersih bakal bikin makeup mu lebih nempel dan tahan lama nantinya. Pastikan bahwa wajahmu sudah bersih dengan membersihkan wajah dari debu dan sisa makeup yang menempel. ZALORAns bisa menggunakan cleansing balm, micellar water, atau facial wash andalanmu.

Dalam makeup, wajah bagaikan kanvas kosong. Jika wajah sudah bersih, maka kanvas siap untuk diaplikasikan berbagai makeup!

2. Gunakanlah Skincare dan Sunscreen

Setelah wajah sudah bersih, saatnya lanjut ke skincare dan sunscreen sebelum makeup. Tapi ingat, jangan gunakan terlalu banyak layer skincare ya! Yang terpenting wajah sudah cukup lembab. ZALORAns bisa pakai serum yang cocok, misalnya serum hydrating atau brightening. 

Setelah itu, jangan lupa pakai pelembab biar kulit tetap lembab sepanjang hari. Terakhir, aplikasikan sunscreen dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulit dari sinar UV, terutama kalau acara wisudanya di luar ruangan. Dengan begitu, kulit terlindungi dan makeup bakal tahan lama dan tetap fresh!

3. Gunakan Primer

Tahukah ZALORAns apa fungsi penggunaan primer dalam makeup? Primer bisa bikin pori-pori dan garis halus jadi nggak kelihatan. Selain itu, bikin permukaan kulit jadi lebih halus dan membuat wajah siap diaplikasikan complexion, seperti cushion atau foundation. 

Primer juga bisa bantu kontrol minyak biar makeup nggak gampang luntur. Kalau pakai primer yang cocok sama jenis kulit, makeup wisuda bakal kelihatan lebih fresh, natural, dan flawless seharian!

4. Pilih Foundation dengan Jenis Kulit dan Shade atau Undertone Kulit

Hal yang perlu ZALORAns perhatian dalam makeup lainnya adalah kamu harus tau jenis kulit dan undertone kulitmu. Apakah ZALORAns sudah mengetahui apa jenis dan undertone kulitmu? Apa sih gunanya? Agar makeup yang kamu pakai match dengan warna kulit dan tidak membuat wajah terlihat kusam.

Bagaimana cara mengetahui undertone kulit? Coba cek warna pembuluh darah di pergelangan tangan. Kalau warnanya biru atau ungu, berarti undertone kamu cool. Naj, jika bewarna hijau, berarti undertone kamu warm. Kalau perpaduan keduanya, berarti undertone kulitmu netral. Setelah itu, kamu bisa melihat apakah warna kulitmu termasuk terang, medium, atau gelap.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jenis kulitmu?

Baca Juga: Inilah Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Apa Jenis Kulitmu?

Kalau kulitmu cenderung berminyak, pilih foundation yang matte, supaya makeup tetap tahan sepanjang hari. Untuk kulit kering, lebih baik pakai foundation dewy finish agar kulit terlihat lembab dan glowing. Kalau kulitmu kombinasi, foundation dengan formula semi-matte bisa jadi pilihan yang pas. 

5. Pilih Warna Soft untuk Eye Shadow, Blush On, dan Lipstik 

Untuk makeup wisuda yang terlihat natural, pilih lipstik, eye shadow, dan blush on dengan warna-warna soft. ZALORAns bisa pilih warna seperti coklat atau peach. Hindari warna smokey yang bisa bikin makeup terlihat terlalu bold.

6. Semprotkan Setting Spray 

Untuk langkah terakhir, semprotkan setting spray pada wajah. Penggunaan setting spray ini bikin makeup kamu tahan lama dan nggak luntur selama wisuda. Setting spray juga bikin wajah kamu terlihat lebih fresh dan tidak membuat makeup terkesan dempul.

Sehingga, makeup terlihat lebih menyatu dengan kulit, jadi hasil akhirnya lebih natural dan glowing. ZALORAns bisa tenang deh karena makeupmu tetap on point sepanjang acara!

Rekomendasi Makeup untuk Bikin Makeup Natural Terbaik

1. BLP Face Base Foundation

Source: Zalora

Foundation dari BLP ini adalah alas bedak cair yang bisa juga dipakai untuk sehari-hari. Dengan formula ringan yang terasa seperti tidak memakai apapun di kulitmu. Memberikan hasil akhir yang natural dengan medium coverage, serta membuat wajah tampak flawless dan sempurna. 

Lebih dari sekadar tampilan di kulit, foundation ini juga mengubah tampilan kulit karena mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit. Seperti, ekstrak Chamomile, Allantoin, dan Kafein. Cukup dengan satu pump saja sudah cukup untuk menutupi seluruh wajahmu. Alas bedak terbaik ini bisa bertahan selama berjam-jam dengan perlindungan UV ekstra.

Baca Juga: Tutorial Makeup Ala Korean Look : Flawless dan Natural

2. Somethinc Checkmatte Transferproof Lipstick

Source: Somethinc

Lipstik ini dibuat dengan formulasi transferproof dengan ColorGrip Technology. Dimana, lipstik ini dapat menghasilkan pigmentasi tinggi dan anti-geser, namun tetap nyaman hingga 16 jam. Pilihan warnanya didesain untuk kulit Indonesia dengan 12 pilihan warna yang wearable setiap hari. Somethinc Checkmatte Transferproof Lipstick mampu mengeblur garis dan kerutan bibir, serta super ringan dan tidak lengket di bibir. 

Aplikasikan Checkmatte Transferproof Lipstick langsung pada bibir dan biarkan kering selama 2 menit untuk mengatur warna secara optimal.

3. Inez Color Contour Plus Palette Eyeshadow

Source: Zalora

Rangkaian koleksi tata rias mata dari Inez ini sangat lengkap dengan pilihan warna natural yang cocok untuk makeup sehari-hari. Sehingga, penampilanmu menjadi lebih menarik. Aplikasikan pada kelopak mata dengan menggunakan aplikator dan kuas eyeshadow.

4. Rare Beauty Soft Pinch Luminous Powder Blush

Source: Zalora

Perona pipi bercahaya dari Rare Beauty ini menerangi semua warna kulit dengan warna yang lembut, mulus, dan halus. Membuatmu tetap berseri-seri sepanjang hari.

Perona pipi bubuk ini memberikan rona sempurna yang tampak terpancar dari dalam. Basisnya yang berpigmen tinggi dikemas dengan mutiara berkilauan untuk dimensi alami. Blush on ini mudah untuk dibaurkan, dibuat, atau disebarkan untuk efek yang lebih lembut tanpa terlihat pucat.

5. MAC Powder Blush

Source: Zalora

M·A·C Powder Blush dirancang untuk para profesional. Diperkaya dengan vitamin E dan diformulasikan untuk memberikan warna yang fantastis pada pipi dengan mudah dan konsisten. Aplikasikan secara merata, melekat ringan pada kulit untuk mendapatkan aplikasi warna yang tampak alami.

Baca juga : Review Tirtir Cushion Produk Viral Asal Korea

Itulah beberapa tips untuk menciptakan makeup wisuda natural yang bisa ZALORAns coba. Tips ini juga bisa kamu pakai untuk makeup sehari-hari.

Mau cari berbagai produk make up terlengkap yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama