Tips Ampuh Cara Menghilangkan Bau Kaki

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Bau kaki sering jadi masalah yang bikin nggak nyaman, baik buat diri sendiri maupun orang sekitar. Bau kaki terjadi karena keringat berlebih di kaki yang bikin bakteri tumbuh subur dan akhirnya menimbulkan aroma nggak sedap. Apalagi kalau sering pakai sepatu yang nggak ada sirkulasi udaranya atau kaus kaki dari bahan sintetis, bau kaki bisa makin parah. Tapi tenang, masalah ini bisa diatasi kok! 

ZALORA sudah merangkum beberapa cara ampuh menghilangkan bau kaki yang bisa ZALORAns coba. Yuk, simak tips selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Bye Bau Badan!

Cara Menghilangkan Bau Kaki

1. Rendam dengan Air Garam

Garam memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau tak sedap. Untuk melakukannya, campurkan satu atau dua sendok makan garam ke dalam baskom berisi air hangat. Lalu rendam kaki selama 15-20 menit. Lakukan perendaman ini secara rutin selama dua minggu, terutama setelah aktivitas yang membuat kaki berkeringat.

2. Rendam dengan Air Cuka

Cuka memiliki sifat asam yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau, sekaligus menyeimbangkan pH kulit. Campurkan satu bagian cuka dengan dua bagian air hangat dalam wadah yang cukup besar untuk merendam kaki. Rendam kaki selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan baik.

Lakukan perawatan ini secara rutin beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal. Selain mengatasi bau, perendaman ini juga dapat membantu mengurangi keringat berlebih pada kaki.

3. Rendam dengan Air Teh Hangat

Teh mengandung tanin yang berfungsi untuk membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi keringat berlebih yang menjadi salah satu penyebab utama bau kaki. Untuk melakukan perawatan ini, cukup siapkan satu atau dua kantong teh hitam, seduh dalam air mendidih 1 liter. Tambahkan dengan air dingin di dalam baskom atau wadah besar untuk merendam kaki.

Setelah itu, rendam kaki dalam air teh hangat selama 15-20 menit. Lakukan perawatan ini secara rutin, minimal seminggu sekali dan kakimu akan terasa lebih segar serta bebas dari bau yang mengganggu.

4. Eksfoliasi Kaki

Menghilangkan bau kaki bisa dilakukan dengan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi kaki membantu mengangkat sel kulit mati yang bisa menjadi sarang bakteri penyebab bau. Caranya, gunakan scrub khusus kaki atau batu apung untuk membersihkan area telapak kaki dan sela-sela jari. Gosok secara lembut namun merata, kemudian bilas dengan air hangat.

Lakukan eksfoliasi ini dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil maksimal. Selain membuat kaki lebih halus, eksfoliasi juga membantu menjaga kebersihan kaki dan mengurangi risiko bau tak sedap.

5. Menggunakan Kaos Kaki Katun

Bahan katun adalah bahan yang menyerap keringat dengan baik. Sehingga, dapat menjaga kaki tetap kering dan mencegah kelembaban berlebih yang dapat memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau. Pilihlah kaos kaki katun berkualitas yang nyaman dan pas di kaki.

Gantilah kaos kaki secara rutin, terutama setelah aktivitas berat atau ketika kaki terasa lembab. Pastikan juga untuk mencuci kaos kaki dengan deterjen yang mampu menghilangkan bakteri agar kebersihannya tetap terjaga. 

6. Memilih Sepatu yang Tepat

Untuk menghilangkan bau kaki, salah satu cara yang efektif adalah dengan memilih sepatu yang tepat. Pastikan sepatu yang ZALORAns gunakan terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat, seperti kulit asli atau kanvas. Karena bahan-bahan ini memungkinkan sirkulasi udara yang baik di dalam sepatu. 

Hindari sepatu berbahan sintetis yang cenderung menahan kelembaban dan memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau. Selain itu, pilih sepatu dengan ukuran yang pas, tidak terlalu ketat, agar kakimu memiliki ruang bernapas dan mengurangi kemungkinan keringat berlebihan. Pergantian pemakaian sepatu juga dapat memberi waktu sepatu mengering sepenuhnya sebelum dipakai kembali, sehingga dapat mencegah akumulasi bakteri dan bau.

7. Gunakan Produk Penghilang Bau Kaki

Pilih produk yang mengandung bahan antijamur dan antibakteri untuk membantu mengatasi penyebab utama bau kaki yaitu keringat dan bakteri. Gunakan produk ini secara rutin, terutama setelah mencuci kaki. Pastikan untuk mengeringkan kaki dengan sempurna sebelum mengaplikasikannya.

Semprotan, krim atau bedak penghilang bau kaki bisa menjadi pilihan praktis yang memberikan perlindungan sepanjang hari.

Baca juga : 6 Rekomendasi Sabun Antibakteri Terbaik, Lindungi Diri dari Kuman

Rekomendasi Foot Cream, Wangi dan Melembabkan

1. Dr Teal’s Foot Cream/Pelembap Kulit Kaki Pure Epsom Salt – Shea Butter & Aloe Vera

Source: Ubuy Indonesia

Dr Teal’s Shea Enriched Foot Cream diformulasikan dengan Shea Butter, Aloe Vera, dan Vitamin E. Kandungan ini bermanfaat untuk memberikan kelembaban yang intens dan membantu mencegah kaki pecah-pecah dan kasar.

Shea Butter dapat melembabkan dan membuat kulit lebih lembut. Kandungan Aloe Vera dan Vitamin E mampu melembabkan dan menenangkan kulit. Pijat Dr Teal’s Shea Enriched Foot Cream dari ujung kaki hingga tumit untuk melembabkan dan melembutkan kulit kaki yang kering. Gunakan setiap hari untuk menjaga kaki tetap lembut dan halus.

Ideal digunakan setelah merendam kaki dengan Dr Teal’s Pure Epsom Salt Foot Soak with Cooling Peppermint.

2. Nature Republic Herbology Lavender Foot Cream

Source: Zalora

Krim kaki ini dapat memberikan kelembaban pada tumit dan kaki yang kering, menghaluskan kulit yang kasar dan mengatasi kapalan. Sehingga, kulit kaki terasa lembut dan halus. Produk ini mengandung Urea dan Shea Butter yang merawat kelembaban dan kehalusan kulit. Serta, ada pula kandungan Lavender Oil dan Peppermint yang membantu menenangkan dan merelaksasi kaki yang lelah.

Dengan kandungan Urea didalamnya dapat berfungsi memberikan kelembaban secara intens pada kulit, mengangkat sel kulit mati, dan bersifat anti-fungal. Kandungan urea dapat digunakan untuk mengatasi kulit kaki yang kering, kasar, serta mencegah jamur pada kuku dan area kulit lainnya.

Dilengkapi dengan kandungan Shea butter yang menutrisi kulit kering. Kandungan Lavender Oil dan Peppermint membantu menenangkan dan merelaksasi kaki yang lelah.

Bersihkan kaki terlebih dahulu menggunakan Skin Smoothing Foot Bubble Shower. Campurkan krim dengan oil untuk memberikan efek hidrasi yang maksimal dan membantu merelaksasi kaki yang lelah. Aplikasikan ke seluruh kaki dan pijat dengan lembut dengan perlahan. Bagus di mix dengan Herb To skin Chamomile Pure Oil.

Baca juga : Parfum Thailand yang Paling Wangi Wajib Dicoba

Kini, ZALORAns bisa terbebas dari bau kaki yang mengganggu! Lakukan beberapa tips cara menghilangkan bau kaki di atas dan gunakan rekomendasi produk foot cream terbaik diatas.

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama