Seharusnya Keramas Berapa Kali Seminggu Sih?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Keramas memang penting untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, tapi jangan terlalu sering ya! Keramas terlalu sering bisa membuat rambut kehilangan minyak alami yang berfungsi untuk melembabkan dan melindungi rambut. Akibatnya, rambut bisa jadi kering, rapuh, dan lebih mudah rusak. 

Lalu, idealnya keramas seharusnya berapa kali seminggu sih? Frekuensi keramas tergantung pada jenis rambut dan aktivitas harianmu. Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan berikut ini mengenai seharusnya ZALORAns keramas berapa kali seminggu sih?

Baca juga : Rekomendasi Shampo Lidah Buaya, Ampuh Melebatkan Rambut!

Keramas Berapa Kali Seminggu? Ini Rekomendasi Ahli

1. Keramas 5-7 Kali Seminggu

Kalau ZALORAns punya rambut halus dan tipis serta kulit kepala yang berminyak, keramas 5-7 kali seminggu bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan rambutmu. Rambut halus dan tipis cenderung lebih cepat tampak berminyak, sehingga sering keramas dapat membantu menjaga kebersihan dan kesegaran kulit kepala. 

Dengan rutin mencuci rambut, ZALORAns juga bisa mencegah penumpukan minyak dan kotoran yang bisa menyebabkan masalah seperti ketombe atau kulit kepala gatal. Pastikan untuk menggunakan shampo yang ringan dan sesuai dengan jenis rambutmu agar tetap terjaga kelembaban dan kelembutannya. 

2. Keramas 3-4 Kali Seminggu

Berikutnya, buat ZALORAns yang punya kulit kepala dan rambut normal atau medium, keramas 3-4 kali seminggu adalah rutinitas yang ideal! Dengan frekuensi ini, rambut tetap bersih tanpa menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. 

Keramas terlalu jarang bisa bikin rambut tampak kusam dan berminyak, sementara terlalu sering justru bisa membuatnya kering dan rapuh. Dengan keramas 3-4 kali seminggu, ZALORAns bisa merasakan rambut yang segar dan bersih. Sekaligus mempertahankan kelembaban alami yang bikin rambut tampak berkilau. 

3. Keramas 1-2 Kali Seminggu

Keramas 1-2 kali seminggu adalah cara yang tepat untuk pemilik kulit kepala kering, rambut rapuh, porositas rendah, serta tipe rambut ikal dan keriting. Rambut jenis ini cenderung lebih kering karena minyak alami dari kulit kepala sulit menjangkau ujung rambut. 

Dengan membatasi frekuensi keramas, ZALORAns dapat menjaga kelembaban alami rambut dan mencegahnya dari kerusakan lebih lanjut. Selain itu, penggunaan produk perawatan yang tepat, seperti conditioner dan minyak rambut juga sangat dianjurkan untuk menambah kelembaban dan nutrisi pada rambut.

Baca juga : Rekomendasi Pelembab Rambut Pria, Sehat Anti Kering

Rekomendasi Shampo Terbaik

1. Sachajuan Silver Treatment Shampo

Source: ZALORA

Silver Shampoo yang menambahkan pigmen pada rambut yang melawan dan menetralkan warna kuning atau emas pada rambut pirang dan abu-abu. Pigmen menambah volume dan kilau baru pada rambut. Shampo ini juga mengandung perlindungan UV.

Dengan Ocean Silk Technology menghidrasi, meningkatkan kilau, dan memberikan stabilitas. Pijat sedikit ke rambut basah. Lalu, diamkan 1-2 menit. Bilas secara menyeluruh.

2. Green Angelica Hair Shampo – Perawatan Rambut Rontok

Source: ZALORA

Green Angelica Hair Regrowth Shampoo merupakan produk yang tepat untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok. Termasuk penipisan rambut ringan bisa diatasi dengan menggunakan shampoo ini. 

Shampoo Green Angelica ini terbuat dari bahan-bahan alami yang sudah terbukti mampu mengatasi dan menghentikan rambut rontok. Serta merangsang folikel rambut menjadi sehat, sehingga rambut yang rusak atau tidak sehat bisa kembali tumbuh, tebal dan subur.

Green angelica shampo juga sangat bagus untuk menghilangkan ketombe dan minyak berlebih. Seringkali rambut rontok juga terjadi karena ketombe dan minyak berlebih di kepala yang menutup pori dan jalur nutrisi rambut. Sehingga rambut jadi tidak sehat yang akhirnya menjadi rambut rontok.

Tuangkan shampo pada telapak tangan maksimal 3-4 push. Biarkan rambut dan kulit kepala dalam kondisi kering. Lalu, usapkan shampo sedikit demi sedikit pada kulit kepala dan pijat perlahan. Berikan air secukupnya pada kulit kepala lalu pijat agar shampo dapat meresap pada kulit kepala dan ratakan dari dasar rambut sampai ke ujung rambut. Setelah merata, basuh kulit kepala dengan air sampai bersih. Pastikan kulit kepala hingga ujung rambut benar-benar bersih.

3. Plantur21 #Longhair Nutri-Caffeine Shampo

Source: ZALORA

Impianmu untuk rambut lebih panjang tidak hanya dalam mimpi! Plantur 21 edisi #LongHair sekarang hadir untuk wanita yang tidak sabar menunggu rambut untuk panjang. Plantur 21 meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga rambutmu tetap aktif.

Menyediakan rambutmu dengan kafein dan mikronutrien esensial setiap hari, membawa lebih dekat dengan hair goals ZALORAns. Inilah kesempatanmu untuk mendapatkan rambut yang lebih panjang dan sehat!

4. Alpecin Hybrid Shampo Kulit Kepala Gatal, Kering, Sensitif, Ketombe

Source: ZALORA

Alpecin Hybrid Caffeine Shampoo diformulasikan untuk kulit kepala sensitif, gatal, dan kering. Shampo ini mampu menguatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan pada pria.

Dengan Hybrid Technology, shampo ini begitu lembut namun sangat manjur. Alpecin Hybrid Caffeine Shampoo sangat efektif untuk kulit kepala sensitif, gatal, dan kering. Formula yang terkandung dalam Alpecin Hybrid Caffeine Shampoo dapat melembabkan, menyejukkan, dan melindungi kulit kepala.

Tanda-tanda umum dari kulit kepala yang kering termasuk sensitif, rasa gatal, kemerahan, atau rasa kesesakan. Ketombe kering juga dapat terlihat, dalam bentuk serpihan putih kecil, kering, dan seperti bubuk. Alpecin Hybrid Caffeine Shampoo dapat membantu meringankan rasa sakit dan gejala, serta mengembalikan kelembaban dan perlindungan ke kulit kepala.

Formula caffeine yang unik, bila dipakai setiap hari selama dua menit, dapat melindungi akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, shampo ini juga mampu memperkuat pertumbuhan rambut dan melembabkan rambut, menjadikan rambut tampak lebih bervolume.

Setelah penggunaan rutin setiap hari selama 2 menit, formula unik kafein akan meresap ke akar rambut dan melindungi selama 24 jam. Dimana setelah itu diperlukan asupan kafein kembali untuk rambut. Itulah mengapa produk dengan kafein ini harus digunakan setiap hari.

Gunakan sebagaimana layaknya shampoo biasa. Biarkan menyerap kedalam kulit kepala minimal 2 menit sebelum dibilas.

5. Terra Diverde Shampoo Keratin Treatment

Source: ZALORA

Shampo ini dapat menciptakan lapisan yang melindungi dan membantu rambut yang tertekan akibat terpapar perawatan kimia dan mekanis. Produk ini memiliki aktivitas antioksidan dengan tindakan pengondisian dan pelembutan yang sangat baik. Sehingga, dapat meningkatkan volume dan kecerahan rambut, memberikan stabilitas warna yang lebih baik.

Berasal dari protein yang sama dengan rambut, Keratin adalah protein berserat yang terdiri dari berbagai asam amino. Hasilnya pada rambut adalah efek pengondisian yang sangat baik. Produk ini memberikan kelembutan, kilau, dan volume pada rambut.

Kini, ZALORAns sudah tahu kan harus keramas berapa kali dalam seminggu dengan jenis rambut yang sesuai denganmu? Lengkapi dengan perawatan rambut menggunakan produk hair care dari ZALORA!

Baca juga : Ketahui Penyebab Ketombe Berkerak dan Cara Menghilangkannya

Mau cari berbagai produk hair care terbaik dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama